Delution kembali berkarya memperkenalkan solusi untuk pembangunan rumah pada lahan yang sempit. Terletak di Tebet, Jakarta Selatan, proyek Delution kali ini memiliki konsep pembangunan rumah dengan orientasi yang vertikal untuk menghemat lahan dan memaksimalisir luas hunian. Proyek ini dinamakan STER House, berasal dari kata Stairs Tower yang mencerminkan rancangan hunian.  


Dengan desain yang juga mencakup banyak elemen alam, tangga pada hunian ini dilengkapi green wall berupa tanaman rambat yang menyediakan suasana sejuk, terbuka, dan asri. Tangga pada hunian terletak di area semi outdoor yang terpisah dari area umum lain pada rumah.




STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 1


Meski begitu, area tangga dan area utama hunian hanya diberikan partisi berupa kaca untuk menyediakan pemandangan menyegarkan green wall bagi pengguna yang sedang berada di dalam rumah. 


STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 2


Desain rumah yang memiliki tangga di area semi outdoor ini menciptakan tampilan unik sehingga hunian menyerupai sebuah menara tangga, inilah daya tarik utama yang paling ikonik pada STER House!


STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 3




Konsepnya yang natural terpancar dari pilihan material hunian yang didominasi kayu beserta corak aslinya. Pemakaian material kayu ini membuat rumah tampak lebih menyatu dengan tanaman-tanaman hijau yang dihadirkan sebagai hiasan. 


STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 4


Dibangun pada lahan seluas 103 m², luas hunian vertikal ini adalah 210 m². Sebagai cara pembagian zona yang efisien, rumah ini juga memiliki konsep upper house yaitu konsep dimana area-area utama hunian terletak di lantai atas. Lantai dasar pada STER House ini berfungsi sebagai area servis dan carport yang dapat menampung dua mobil. Lantai paling atas, yaitu lantai tiga, digunakan untuk kamar anak dan juga gym.


STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 5


Sementara itu, area komunal utama rumah serta kamar tidur utama berada di lantai dua. Peletakkan ini merupakan solusi efektif agar area komunal yang juga merupakan jantung rumah akan mudah dijangkau dari segala area. Kamar tidur utama diberikan hiasan taman gantung untuk menghasilkan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Taman gantung ini juga terpajang menjadi fokus utama yang cantik pada fasad bangunan!


STER House Solusi Lahan Sempit dari Delution CASA Indonesia 6


Lengkap dengan kehadiran tanaman hijau, STER House merupakan contoh solusi indah dan efektif untuk menghasilkan hunian nyaman pada lahan yang sempit! 


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Sumber foto : dok. Delution