Setuju bukan bahwa kulkas itu salah satu home appliances yang wajib ada di dapur? Tapi umumnya, kulkas hanya berwarna monokrom, bosankah Anda? Kini waktunya mengubah area dapur di rumah menjadi lebih menarik dan estetik.

Dirilis sejak awal tahun 2021, Samsung menghadirkan Bespoke Home yang hadir dengan membawa solusi berupa kulkas yang fungsional sekaligus estetik.





Grafiti Pada Kulkas Fungsional Sekaligus Estetik Casa Indonesia


Terdiri dari produk 4-Door Flex, Flex Column, dan Bottom Mount Freezer, kulkas ini memiliki pintu yang dapat Anda kustomisasi menggunakan pilihan warna pastel (seperti merah muda, putih, biru, abu-abu) dengan finishing classic steel metal atau glamorous glass.

Kulkas menjadi unik, estetik dan berbeda dari yang lain, dapur Anda pun akan menjadi lebih menarik.


Grafiti Pada Kulkas Fungsional Sekaligus Estetik Casa Indonesia


Tidak hanya dikustomisasi menggunakan pilihan warna pastel, kulkas ini juga ternyata bisa di-grafiti.

CASA Indonesia dan Samsung menggandeng seniman lokal untuk berkolaborasi pada pameran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) yang ke-11 tahun ini.


Baca juga, Dapur Estetik ala Selebgram Korea Pakai Samsung Bespoke


Pada kolaborasi ini, seniman lokal bernama Adi Dharma yang lebih sering dikenal dengan nama Stereoflow, menciptakan desain grafiti yang penuh warna pada kulkas Samsung Bespoke. Pada karyanya kali ini, Stereoflow mengangkat konsep continuous artwork yang menggabungkan 5 panel yang berbeda menjadi 1 karya besar yang utuh.

Namun uniknya, 5 panel ini tetap memiliki karakternya masing-masing saat terpisah antara satu dengan yang lain.


Grafiti Pada Kulkas Fungsional Sekaligus Estetik Casa Indonesia


Kesinambungan visi antara Adi dan Samsung Bespoke berhasil melahirkan karya yang unik dengan gaya grafiti yang khas dari Stereoflow.

Penggabungan warna yang berani, penggunaan teknik spray paint yang presisi serta pemanfaatan bentuk-bentuk yang variatif membuat karya ini menjadi penuh karakter dan lebih hidup.


Grafiti Pada Kulkas Fungsional Sekaligus Estetik Casa Indonesia


Adi Dharma a.k.a Stereoflow sendiri adalah seorang seniman yang berbasis di Jakarta. Bagi Adi, warna dapat diartikan sebagai sebuah karakter yang unik dan berbeda-beda.



Sering memanfaatkan warna-warna yang vibrant dengan gaya yang cenderung abstrak, Stereoflow merupakan seniman yang fasih menciptakan berbagai macam mural, lukisan, patung hingga instalasi.


Grafiti Pada Kulkas Fungsional Sekaligus Estetik Casa Indonesia


Baca juga, Bertema “Publik”, ICAD XI Hadir dengan #KEMANG12730


Hasil kolaborasi berupa kulkas One Door dan Bottom Mount Freezer ini dapat dilihat secara langsung di pameran Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) XI yang berlangsung dari 21 Oktober hingga 28 November 2021 di venue utama grandkemang Hotel Jakarta.


Teks oleh: Shabrina Nisakara
Sumber teaser dan foto: Samsung & Stereoflow