Ada banyak cara untuk mempercantik dan membuat rumah terasa lebih nyaman, salah satunya dengan membuat mini bar. Ini bisa menjadi tempat Anda bersantai, mengobrol, makan, dan menikmati segelas minuman bersama anggota keluarga atau teman. 


Anda bisa menggabungkan mini bar dengan dapur untuk mengoptimalkan lahan terbatas. ??Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun mini bar, berikut ini beberapa desain mini bar di dapur yang bisa menjadi inspirasi di rumah Anda. 





1. Mini bar bernuansa kayu


(Photo: Rory Gardiner (@arorygardiner) / Arsitektur: Studio Bright (@studio__bright))


Sebagaimana diketahui, kayu merupakan salah satu bahan furniture yang memiliki karakterik kuat dan unik, sehingga menciptakan kesan natural dan hangat. Sesuai dengan namanya, desain mini bar bernuansa kayu banyak menggunakan material kayu sebagai bahan dasarnya, seperti pada kursi bar dan meja bar. Ini akan menguatkan nuansa natural dan hangat kayu untuk mini bar Anda. Untuk mempercantik tampilan mini bar, Anda bisa memasang penerangan yang baik.

 

2. Mini bar bernuansa kayu dan warna legam


(Photo: Michael Kai Arsitektur: Mitsuori Architects)


Memiliki lahan terbatas bukan menjadi hambatan untuk membangun mini bar di rumah. Anda bisa membuat mini bar multifungsi yang bisa digunakan sebagai meja makan atau kitchen island. Padukan nuansa kayu dan kitchen set berwarna legam, serta tambahkan pencahayaan yang tepat seperti lampu gantung dengan warna warm kekuningan. Ini bisa membuat suasana mini bar Anda semakin hangat dan lebih santai. 


3. Mini bar semi outdoor


(Tamara Uribe (@tamarauribeph) Arsitektur: Taller Estilo Arquitectura (@tallerestiloarquitectura))


Jika Anda memiliki lahan kosong di dekat teras belakang rumah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai area mini bar semi outdoor. Di sini Anda bisa menikmati santapan atau minuman sambil menatap suasana luar ruangan. Tambahkan hiasan berupa pot tanaman maupun lampu gantung yang membuat mini bar semakin hidup.


4. Mini bar dengan batu marmer


(Design by: Gilberto L. Rodriguez / www.design-milk.com)


Desain mini bar dengan batu marmer dari perancang Gilberto L. Rodriguez, dari GLR Arquitectos, mungkin bisa menjadi inspirasi mini bar di rumah Anda. Penggunaan marmer sebagai meja mini bar di dapur Anda dapat membuat mini bar terlihat semakin elegan dan mewah. Gunakan kursi bar modern, Eames style, berwarna senada yang membuat mini bar Anda semakin gaya. Gunakan kabinet terbuka untuk menyimpan koleksi wine dan gelas. 


5. Mini bar bergaya industrial


(www.interiorsonline.com.au)




Desain mini bar mengusung gaya industrial bisa sangat eye catching dan menciptakan kesan unik tersendiri. Gunakan dinding bata ekspos putih dan rak dinding untuk botol wine yang terbuat dari material besi -- khas interior gaya industrial. Letakkan tanaman hijau di rak gantung tersebut untuk menciptakan kesan hidup dan segar. 


6. Mini bar bernuansa hitam 


(Photo: @wrcontracting / Instagram)


Tidak ada salahnya menerapkan warna hitam untuk mini bar di rumah Anda. Penggunaan warna hitam tidak selalu membuat ruangan menjadi terasa sesak. Semua tergantung dengan kombinasi desain yang dipilih. Untuk mengimbangi pekatnya warna hitam dari mini bar set, tambahkan beberapa hiasan berupa pot tanaman hijau sebagai dekorasi dan memberikan kesan segar dan hidup pada mini bar. Perhatikan pula penerangan pada mini bar agar tidak menimbulkan kesan dingin. 


7. Mini bar bergaya skandinavia


(Photo: Indri (@enoughomey))


Interior gaya skandinavia identik dengan penggunaan warna putih sebagai warna dasar, dan seringkali disertai dengan penggunaan material kayu, yang menciptakan kesan natural dan netral yang sangat kental pada gaya desain ini. 


Untuk mini bar bergaya skandinavia, Anda bisa mengaplikasikan warna putih untuk keseluruhan dapur dan sentuhan material kayu untuk meja bar dan bar stool. Tambahkan beberapa tanaman hias untuk memberikan efek segar pada area mini bar di dapur. Meskipun memiliki ukuran dapur yang terbatas, menerapkan desain skandinavian -- sebagian besar menggunakan warna putih -- ini mampu membuat area dapur sekaligus mini bar Anda seolah-olah lebih luas. 


8. Mini bar yang menyatu dengan kitchen island


(Photo: @behrandeo, @caitlinmillsphotography Arsitek: Valcucine @valcucine_kitchens)


Meja mini bar dapat Anda sambungkan dengan kitchen island yang berada di tengah dapur. Dengan demikian meja bar ini juga dapat digunakan sebagai meja makan seluruh anggota keluarga. Selain itu, dengan cara ini Anda tetap dapat memisahkan area persiapan makanan dengan meja makan.




(Teaser: Photo: @behrandeo, @caitlinmillsphotography / Arsitek: Valcucine @valcucine_kitchens)