Warna earth tone diminati oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, warna earth tone memiliki kesan hangat dan netral yang cocok diaplikasikan untuk semua konsep rumah, mulai dari minimalis, modern, hingga klasik. 


Sesuai dengan namanya, earth tone, adalah warna-warna yang terinspirasi dari unsur-unsur bumi, seperti warna coklat, warna terracotta, warna kuning tua (yellow ochre), warna gray-blue, warna forest green, warna dark moss green, warna sage green, dan warna taupe. Dengan warna-warna earth tone, interior rumah akan semakin terasa hangat, lebih homey, dan menenangkan. 





Suka warna-warna bernuansa earth tone? Yuk, Intip inspirasi ruangan bernuansa earth tone di bawah ini!


Dapur bernuansa earth tone


(Photo: PION Studio (@pionfotografia) Desainer: KW Studio (@kwstudiokwstudio))


Dinding dan rak dapur gantung model terbuka berwarna putih yang dipadukan dengan warna terracota pada kabinet dapur, bisa menghadirkan konsep interior rumah bernuansa earthy tone yang cukup kuat. Ini juga akan membuat dapur terkesan lebih unik dan berkarakter. Jika Anda memilih untuk menggunakan rak dapur gantung model terbuka seperti ini, pastikan untuk selalu memerhatikan kebersihan dan kerapian peralatan makan dan dapur, ya!



(Photo: Prue Ruscoe (@prueruscoe))


Perpaduan warna putih pada dinding dan rak dapur serta warna forest green pada kabinet dapur juga bisa menjadi inspirasi dapur bernuansa earth tone lainnya. Kombinasi warna ini akan menjadikan dapur Anda menjadi segar. 


Dengan mengaplikasikan warna-warna earth tone pada dapur, aktivitas memasak bisa semakin menyenangkan!


Kamar mandi bernuansa earth tone



(Photo: PS Home (@dirumah.ps))


Menghadirkan nuansa earth tone di dalam kamar mandi? Tentu saja bisa! Bahkan, belakangan ini banyak pemilik rumah yang menghadirkan konsep interior rumah bernuansa earthy tone ke dalam kamar mandi. Tembok keramik berwarna putih yang dan dipadukan dengan warna sage green, dapat menonjolkan konsep interior kamar mandi bernuansa earth tone. Kombinasi warna putih dan sage green bisa menimbulkan kesan ruangan yang terlihat lebih luas, bersih, dan segar. Tambahkan material kayu sebagai aksen dan hiasan pot tanaman hias yang bisa mempermanis kamar mandi. Kalau seperti ini, kamar mandi bisa saja menjadi spot instagramable di rumah, nih!


Ruang tamu bernuansa earth tone


(Photo: Karola Smyk (@smyk_w_kuchni_blog))


Bagi Anda yang masih WFH (work from home) dan tidak memiliki ruang kerja khusus di rumah, biasanya memakai ruang tamu sebagai area kerja, Anda bisa menyulap area ruang tamu menjadi lebih nyaman dan menarik dengan memasukan warna-warna earthy tone. Coba ganti warna cat dinding ruang tamu dengan warna yellow ochre. Warna kuning tua yang eye catching bisa memberikan kesan hangat, fun, dan bahkan bisa digunakan sebagai background foto atau virtual meeting di rumah. Atau, Anda juga bisa menambahkan furniture berwarna earthy tone ke dalam ruang tamu. Ini bisa menonjolkan konsep rumah earth tone sekaligus menjadi focal point di ruangan. 




Ruang makan bernuansa earth tone


(Rachel Claire on Pexels.com)


Interior rumah bernuansa earth tone juga bisa diaplikasikan pada ruang makan. Berbicara mengenai warna earth tone, warna coklat menjadi salah satu warna yang identik dengan nuansa earth tone. Memadukan warna coklat pada kursi makan dan warna putih pada meja makan berwarna putih, serta dinding ruangan yang juga berwarna putih akan menciptakan kesan ruang makan yang lebih luas, bersih, dan hangat. Ini juga bisa membuat suasana makan bersama keluarga semakin terasa hangat dan bermakna. Tambahkan vas bunga di atas meja makan dan lampu gantung, yang akan membuat nuansa ruang makan semakin berkesan. 



(Photo: André Mortatti / Arsitek: MPA Pedreira de Freitas Arquitetos)


Anda juga bisa menghadirkan nuansa earthy tone di ruang makan dengan menggunakan kursi makan dari kayu dengan aksen anyaman. Ini juga akan memberikan kesan hangat, natural, dan unik pada area ruang makan di rumah Anda. 


Kamar tidur bernuansa earth tone


(Photo: Sarah S. Reed (@sarahshireed))


Beralih ke kamar tidur yang tidak penting dari ruangan lainnya. Kamar tidur adalah salah satu ruangan di rumah yang sangat penting untuk dibuat senyaman mungkin, sehingga pemilihan konsep interior rumah yang cocok pun perlu diperhatikan. Misalnya, memasukan warna-warna earthy tone ke dalam kamar tidur. Coba aplikasikan warna-warna coklat dari furniture kayu di dalamnya agar menimbulkan kesan natural. Padukan dengan karpet berwarna nude untuk menghadirkan nuansa kamar tidur yang lebih cozy. Gunakan sprei atau blanket berwarna terracotta untuk semakin menguatkan nuansa earthy tone di kamar tidur. 



(pompomathome.com)


Itulah beberapa inspirasi ruangan di rumah bernuansa earth tone. Semoga inspirasi ini bisa membantu, ya!




(Teaser: Photo: André Mortatti / Arsitek: MPA Pedreira de Freitas Arquitetos)