Untuk Anda yang sedang mendesain, membangun atau merenovasi rumah, sudahkah Anda memahami pentingnya lampu dan pencahayaan dalam sebuah ruangan?

Pencahayaan yang didapat dari lampu merupakan sesuatu yang kita nikmati setiap hari di area rumah. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami pentingnya lampu dan pencahayaan dalam sebuah hunian.

Tidak hanya sebagai penerangan ruangan, namun jika pencahayaan didesain dan diatur dengan tepat, lampu dapat membuat rumah menjadi jauh lebih nyaman dan indah.





Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman CASA Indonesia

Insignio Studio (@insigniostudio)


in-Lite bersama CASA Indonesia menghadirkan webinar dengan tajuk Your Cozy Sanctuary. Webinar yang dipandu oleh Putra Tjokro (Head of Content CASA Indonesia) ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan lampu sebagai dekorasi penting yang dapat membuat rumah menjadi semakin nyaman.

Diramaikan oleh Komunitas Tetangga Online, webinar ini juga menghadirkan Adianto Salim (Designer / Insignio Studio) serta Fransiska Darmawan (General Manager Marketing in-Lite).


Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman CASA Indonesia

Insignio Studio (@insigniostudio)


Pada kesempatan kali ini, Adianto Salim yang kerap disapa Adi membagikan tip dan trik merancang interior rumah agar menjadi nyaman dengan adanya personal touch.

Di dalam pemaparannya, Adi menjelaskan mengenai beberapa core elements yang perlu diperhatikan saat sedang merancang interior rumah.


Baca juga, Dekor Rumah Jadi Hemat! Lampu dengan Tiga Wujud Cantik


Mulai dari mix and match material, pemanfaatan warna dan tekstur yang digunakan, pemilihan bentuk, ukuran dan gaya furnitur hingga penempatan dekorasi sebagai pelengkap.


Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman CASA Indonesia

in-Lite


Tidak lupa, Adi juga menjelaskan pentingnya penerapan pencahayaan yang tepat dalam sebuah hunian. Dalam hal ini, penempatan lampu memiliki aturan yang harus diikuti.

Jarak penempatan antara satu lampu dengan lampu yang lain perlu untuk diperhatikan, seperti jarak tembak antara lampu ke dinding yang disarankan minimal ada di ukuran 30 cm.

Untuk jarak lampu gantung di atas meja disarankan ada di ukuran 80 cm dari permukaan meja. Hal ini perlu dilakukan agar mata penghuni ruangan tidak terlalu lelah saat menerima cahaya.


Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman CASA Indonesia

in-Lite


Pemanfaatan lampu yang salah dapat saja merusak keseluruhan dari desain yang ada, maka dari itu lampu merupakan elemen yang penting untuk diperhatikan saat sedang merancang sebuah rumah.

Menyambung pembahasan dari Adi, Fransiska Darmawan yang sering disapa Siska, hadir dengan memperkenalkan in-Lite sebagai one stop lighting solution. in-Lite menyediakan jenis-jenis lampu yang lengkap untuk seluruh ruangan dengan harga yang kompetitif, berkualitas tinggi dan bersertifikasi SNI.


Baca juga, Ga Nyangka! 5 Kesalahan Lighting Ini Sering Muncul di Rumah


Beberapa rekomendasi pemilihan jenis lampu untuk keperluan area rumah juga diberikan oleh Siska.


Tips Atur & Pilih Lampu Biar Rumah Jadi Lebih Nyaman CASA Indonesia

Double B House (@doublebhouse)


Untuk di area fasad, Siska menyarankan pemanfaatan lampu dengan jenis Tube Light serta Flood Light yang dapat memberikan pencahayaan dramatis sekaligus memberi highlight pada tekstur yang ada pada permukaan eksterior.

Selanjutnya di area ruang tengah atau ruang keluarga, rekomendasi jenis lampu yang diberikan berupa Panel Inbow serta Bulb Light. Kedua jenis lampu ini dapat menciptakan kesan layering yang sederhana namun tetap estetik dan fungsional untuk menerangi.





Dalam webinar ini, hadir juga Raisa Ranti (Managing Content CASA Indonesia) serta salah satu Tetangga Online CASA Indonesia yaitu Pisa Valensia dari Double B House. Pisa berbagi cerita mengenai pengalamannya merenovasi rumah dengan memanfaatkan teknik layering pencahayaan untuk membuat rumahnya menjadi lebih hidup dan nyaman.

Setelah sesi Q&A antara para hadirin dan Adianto serta Fransiska, webinar ditutup dengan sesi giveaway yang telah ditunggu-tunggu.


Teks oleh: Shabrina P. Nisakara
Sumber teaser: Insignio Studio (@insigniostudio)