Semakin sempitnya lahan yang tersedia membuat harga tanah terus meningkat. Rumah dengan luasan terbatas atau apartemen menjadi pilihan bagi masyarakat saat ini, terutama bagi keluarga-keluarga baru. Sebagian besar kendala bagi hunian dengan lahan sempit, yaitu ruang terkesan penuh dan sempit.

Terdapat beberapa trik agar ruang yang sempit dapat terlihat lebih luas dan menjadi lebih nyaman digunakan. Penasaran? Yuk simak pembahasan berikut ini!





1. Furnitur Multifungsi


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

chinahow.com


Menggunakan furnitur multifungsi menjadi cara terbaik untuk memaksimalkan ruang yang sempit. Kita dapat menempatkan satu furniture untuk beberapa kebutuhan, sehingga lebih memaksimalkan penggunaan ruang. Dengan begitu dalam satu ruang dapat melakukan lebih dari satu aktivitas (makan, tidur, dan bekerja).

Salah satu contoh furnitur multifungsi seperti sofa bed, tempat tidur dengan rak penyimpanan di bagian bawahnya, meja tamu yang dapat diubah menjadi meja makan, kursi dengan tempat penyimpanan tersembunyi, dan lain sebagainya.


2. Cermin


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

hgtvhome.sndimg.com


Penempatan cermin dalam ruang sempit dapat memberikan efek luas pada ruang. Cermin tidak hanya memantulkan interior ruang, sehingga memberi ilusi ruang yang lebih luas, tapi juga memantulkan cahaya disekitar ruang. Pilihlah cermin tinggi dan penuh untuk efek yang maksimal.


3. Pintu Geser atau Dinding Kaca


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

archello.com


Dibandingkan dengan pintu engsel yang memakan tempat saat dibuka, lebih baik gunakan pintu geser untuk lebih memperluas sirkulasi. Desainnya yang beragam juga dapat mempercantik ruang.

Penggunaan material kaca pada pintu juga direkomendasikan untuk membuat ruang terasa lebih luas.


Baca juga, 6 Ide Desain Interior Home Living yang Ramah Lingkungan


4. Area Penyimpanan (Storage)


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

qanvast.com


Tempat penyimpanan juga elemen terpenting pada ruang terbatas. Jangan sampai barang menumpuk dan membuat ruang menjadi sempit.

Beberapa alternatif penyimpanan adalah hidden storage (area penyimpanan tersembunyi), storage vertikal pada dinding, atau memanfaatkan bawah tangga sebagai tempat penyimpanan.

Selain itu dapat juga menggunakan lemari/rak sebagai partisi ruang untuk menambah area penyimpanan kalian.


5. Hindari Banyak Ornamen


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

comelite-arch


Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk mendesain ruang sempit adalah menghindari penggunaan banyak ornamen.

Tidak meletakkan banyak corak pada dinding, karena akan membuat ruang terasa semakin sempit. Sebaiknya menggunakan material yang tidak terlalu bertekstur dengan satu warna dominan.



Misalnya, gunakan keramik dengan warna netral seperti abu-abu, putih, atau warna polos agar ruang lebih terasa luas.


6. Gunakan Warna Cerah


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

interiordesign.id


Pemilihan warna cerah pada ruang dapat membantu ruang lebih terkesan lapang, segar, dan terang. Warna gelap membuat ruang terlihat lebih nyaman, tetapi jika ruang berukuran kecil akan terlihat lebih sempit. Warna gelap tidak memantulkan cahaya, tetapi cenderung menyerap sumber pencahayaan dan membuat ruang terlihat suram.

Warna cerah yang dapat digunakan tidak harus berwarna putih, dapat juga warna-warna pastel seperti warna biru muda, merah muda, atau krem muda, warna netral yang cerah seperti coklat muda juga dapat digunakan. Permainan warna direkomendasikan menggunakan satu warna dominan, seperti pada gambar diatas interior dominan menggunakan warna krem.


Baca juga, Hospital Playlist: Intip Apartemen Jung Won & Gyeoul di US


7. Hindari Furnitur dan Barang yang Tidak Perlu


Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini CASA Indonesia

tarkett.com


Tempatkan furnitur yang benar-benar penting dalam ruang. Penempatan terlalu banyak yang tidak perlu akan membuat ruang terasa penuh dan berantakan.

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk menghindarinya adalah dengan mempunyai tempat penyimpanan tersembunyi (hidden storage). Barang-barang anda akan tetap aman tanpa harus membuat ruang terasa sempit dan penuh.

Itulah beberapa trik untuk membuat ruangan tampak lebih luas, selamat mencoba!


Teks oleh: Michelle Rosaline Hartanto (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)