Salah satu tradisi merayakan Natal adalah memasang pohon Natal. Untuk di rumah Anda yang tidak terlalu luas, desain pohon Natal minimalis adalah pilihan yang paling tepat. 





Pohon natal berbentuk segitiga hijau yang dihias elemen dekoratif dan lampu-lampu mungil merupakan gambaran standar yang paling sering muncul di benak kita. Namun sebenarnya, banyak sekali variasi pohon Natal yang dapat Anda coba untuk diletakkan di rumah atau tempat bekerja. 


Pilihannya begitu rupa hingga dapat disesuaikan dengan gaya rumah atau tempat bekerja Anda. Warna Natal tradisional hijau dan merah masih bisa tetap dipertahankan, namun gunakan pohon Natal yang tidak berwarna hijau daun untuk efek yang lebih modern. 


Berikut ini 15+ pilihan pohon natal minimalis dengan berbagai bentuk dan mudah Anda aplikasikan.


Untuk membuat pohon Natal yang modern, kreativitas menjadi modal utama. Karena itu bebaskan imajinasi Anda dan tuangkan dalam desain yang penuh kesan personal. 


Baca juga: Inspirasi Modern Dekorasi Natal Di Rumah


1. Serba putih dan perak


Gunakan pohon Natal yang seluruhnya berwarna putih bersih. Gunakan elemen penghias berwarna emas dan hitam. Tambahkan lampu-lampu kecil yang warnanya kuning.





2. Batang kayu dan lampu natal yang cantik


Variasi lain, bentuk pohon yang terbuat dari cabang-cabang kayu atau ranting besar. Bisa disemprot cat emas ataupun warna metalik lainnya.





3. Kawat tebal berbentuk kerucut


Material kawat tebal juga bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Bentuk seperti cone atau corong yang bagian lancipnya ditempatkan di atas.

Gantungkan penghias pada kawat-kawat pengikat cone dari atas hingga ke bawah. 





4. Pohon 2 dimensi di dinding


Gunakan lakban hitam untuk membuat garis outline, kemudian tambahkan pernak pernik gantung untuk mengisi sisi dalamnya.




5. Merangkai batang pohon menjadi segitiga



6. Rak pajangan berbentuk pohon natal


Berikan ambalan kayu dan titik-titik paku untuk meletakan pajangan Natal Anda. Tidak harus tersusun simetris, karena peletakkan yang abstrak justru membuat tampilan ini menjadi indah.




7. Pohon Natal minimalis yang tipis dan sederhana



8. Dua warna namun meriah


Pohon Natal tidak berarti harus selalu berwarna-warni. Identik dengan konsep desain minimalis, pilih dua warna yang natural pada pohon Natal Anda, seperti cokelat dan putih.






9. Lampu natal itu penting!


Keindahan pohon Natal banyak bisa dinikmati saat malam hari. Di saat hari menjelang gelap, kemilau lampu Natal menjadi pusat perhatian yang terang di tengah-tengah rumah. Tidak wajib menggunakan lampu natal, namun penting.




10. Warna cerah dari bungkus kado Natal 



11. Lingkaran kertas melayang



12. Potongan karton berwarna emas dan berbentuk zig zag



13. Rangka kerucut dengan artificial garland



14. Pohon cemara asli, jika Anda beruntung!


Begitu langka di Indonesia menggunakan pohon cemara asli, namun begitu beruntung jika Anda bisa menggunakannya.


Tahukah Anda mengapa Natal menggunakan pohon cemara? Karena cemara adalah satu-satunya pohon yang tetap berwarna hijau di saat musim salju dan diandaikan sebagai pohon yang kekal. Hal itu dianggap selaras dengan konsep Natal bagi umat Kristiani; kasih yang kekal.




15. Black is the new black!


Warna hitam tak selalu berarti sendu. Jadikan warna hitam sebagai aksen pohon Natal untuk kesan yang berbeda, namun tetap menyenangkan.




16. Rumah burung yang menggemaskan



17. Pohon Natal yang selaras dengan warna furnitur rumah



18. Alas pohon dengan warna mencolok, agar stand out



19. Kawat spiral dengan sentuhan warna biru dan turquoise



20. Dalam vas bunga untuk pajangan meja



Foto: Pinterest, Dok. CASA Indonesia.