Meski ditujukan sebagai ruang singgah para tamu yang datang ke rumah, ruang tamu juga harus tampil menawan. Apalagi dengan keberadaannya yang sering ditempatkan di bagian depan rumah, ruang tamu tak jarang menjadi image dari sebuah hunian.

Dengan desain minimalis yang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia, deretan kursi dan sofa ini membawa kesan elegan sekaligus sophisticated.

Bentuk-bentuk geometris, simetris, garis-garis sederhana, dan warna-warna bold menjadi ciri khasnya. Tak heran jika furnitur satu ini akan menjadi pusat perhatian baik di sudut maupun di tengah ruang tamu Anda.



Selain desain yang menawan, karya desainer dunia, serta koleksi label furnitur kenamaan, kursi-kursi tamu dan sofa ini dapat Anda peroleh di Jakarta. Inilah sepuluh kursi tamu dan sofa pilihan CASA Indonesia.


1. Foster 501, Walter Knoll

Foster 501 Walter Knoll

Kursi karya Norman Foster ini secara eksplisit menampilkan modul kotak atau persegi yang khas dari gaya minimalis. Aksen kaki dari material logam menambah kuat kesan minimalis dari balutan material kulit.

Anda dapat bersandar ke samping maupun ke belakang berkat arm rest yang menyatu dengan back rest-nya. Kursi dari Walter Knoll ini dapat Anda peroleh di Newport Furniture Jakarta.


2. Metropolitan '14, B&B Italia

Metropolitan '14 B&B Italia

Warna bold dan cerah juga salah satu signature gaya desain minimalis. Di antara nuansa ruangan yang monokrom dan netral, Metropolitan '14 pasti akan menarik perhatian.

Paduan warna yang mencolok dan kaki logamnya sangat pas untuk Anda yang berkarakter fun dan modern. Sofa dua dudukan karya Jeffrey Bernett dari B&B Italia ini dapat ditemukan di Magran Living, Kemang.


3. Dansk, Cellini

Dansk, Cellini

Koleksi Cellini ini terdiri dari sofa tiga dudukan, dua dudukan, dan single arm chair. Dominasi warna gelap sangat menampilkan karakter maskulin.

Kesan playful dihadirkan dari perpaduan material fabrics pada dudukan dan sandarannya, leather body, serta kaki logam yang dipulas hitam.


4. Ady, Forme

Ady Forme

Single chair satu ini memadukan stainless steel dan fabrics sekaligus. Warna monokrom tak ketinggalan menjadi ciri khasnya di samping permainan garis pada rangka badannya.

Empat rangka bujur sangkar ini menjadi fondasi dudukan, sandaan, dan kedua sisi samping kursi koleksi label asal kota Semarang ini.


5. S1 Mika Lounge Chair, Vivere

S1 Mika Lounge Chair Vivere

Label furnitur lokal satu ini memadukan elemen kayu pada bentuk geometris dengan manis. Warna terang dan lengkungan garis-garis yang tersirat menjadi daya tariknya.

Untuk Anda yang bekepribadian santai dan bersahaja, S1 Mika Lounge Chair akan menghadrikan kesan fresh di manapun ia ditempatkan.




6. Slim, Calia Italia

Slim Calia Italia

Lagi-lagi perpaduan material kulit dan logam; sofa Slim adalah pilihan lain bagi Anda yang ingin menghadirkan karakter maskulin.

Sofa ini juga membuat ruangan seakan lebih luas karena bentuknya yang memanjang. Daya tarik lain juga hadir dari arm rest-nya yang menyerupai sayap di kedua sisi.


7. Alcove Sofa, Vitra

Alcove Sofa Vitra

Deretan produk Vitra dapat dijumpai di Decorous, Kemang, termasuk sofa Alcove ini. Sofa ini memang diperuntukan untuk area kerja sebagai alternatif area meeting.

Elemen akustik didesain melalui sandaran yang menyatu dari samping hingga belakang dudukan sehingga dapat meredam suara.

Namun dengan sandaran yang lebih pendek, sofa ini juga bisa Anda tempatkan di ruang tamu. Terlebih jika Anda melakukan perbincangan yang membutuhkan ketenangan lebih.

Menghadirkan karya duo desainer kenamaan, Ronan & Erwan Bouroullec, di area depan rumah Anda pasti menjadi gengsi tersendiri, bukan?


8. Liu Armchair, Natuzzi

Liu Armchair Natuzzi

Bosan dengan sofa empat kaki atau bentuk persegi? Mungkin dasar penopang berbentuk lingkaran seperti Liu ini bisa menjadi pilihan.

Bentuk kakinya yang dinamis juga berpadu dengan lengkungan sandaran yang menyatu hingga ke arm rest. Satu atau dua kursi Liu, suasana ruang akan terasa lebih fleksibel.


9. Glove Armchair, Molteni & C

Glove Armchair Molteni & C

Keluaran label yang memiliki showroom di Jalan Bangka, Kemang, ini menyuguhkan cita rasa Italia di ruang tamu Anda. Sebuah kursi yang terlihat sebagai satu kesatuan bidang ini adalah aksen di tengah ruang persegi.

Anda juga dapat memilih material fabrics atau kulit untuk membalut kursi dengan struktur logam karya Patricia Urquiola ini.


10. Sofa With Arms, Cappellini

Sofa With Arms Cappellini

Dari samping, yang terlihat hanyalah sebuah bidang lingkaran dan persegi panjang yang terhubung dengan tiga garis tipis. Sofa karya desainer Jepang, Shiro Kuramata ini terhubung oleh rangka pipa logam.

Sebuah dudukan dan sandaran silinder menjadi ciri khas keluaran label Cappellini, yang dapat dijumpai di showroom Ambiente, Senopati, Jakarta ini.


(Foto: Dok. Walter Knoll, B&B Italia, Cellini, Forme, Vivere, Calia Italia, Vitra, Natuzzi, Molteni & C, Cappellini)