Tumbuhan adalah sahabat alam terdekat yang ada di sekeliling manusia. Beruntung, Indonesia sebagai negara kepulauan tropis memiliki begitu banyak varian spesies tumbuhan dengan bentuk beraneka ragam. Saatnya melihat sekeliling dan ciptakan ruang hijau menyejukkan bersama kreasi taman dan tanaman bergaya ‘kekinian’.

Kehadiran tanaman di ruang hidup manusia terkadang menjadi hal yang luput dari perhatian. Alih-alih tertata, tanaman hanya menjadi pajangan di sudut ruang atau penutup bagian ruang yang dirasa kurang elok bila dibiarkan terbuka. Begitu pula dengan taman, area hijau pada hunian, perkantoran, sampai ruang publik kini telah menjadi ‘barang langka’ yang sulit ditemui apalagi dinikmati.

Tren desain lansekap sendiri kini telah mengalami banyak pembaruan. Pola pemetaan tumbuhan pada taman tidak lagi terpaku pada garis-garis simetris sama rata. Tidak jarang, keinginan untuk mengobati rasa rindu pada alam menghadirkan ide untuk ‘menyulap’ hutan di dalam rumah. Begitu pula dengan trik untuk memberikan sentuhan hijau pada ruang yang lebih terbatas maupun vertikal. Minimnya tanah tidak lagi menjadi halangan dengan menggunakan pot berbagai ukuran serta teknik bercocok tanam yang lebih fleksibel seperti hidroponik.




Menyoal jenis tanamannya, ada beberapa jenis tanaman yang sedang menjadi tren penghijauan untuk hunian maupun ruang publik. Sebut saja Monstera Variegata, Philodendron, Kadaka, Sansevieria, kaktus, dan pisang hias merupakan jenis tanaman yang sedang menjadi tren ‘hijau’ saat ini. Dalam ukuran besar hingga kecil, jenis tanaman tesebut dapat dikreasikan dalam penempatan yang lebih artistik atau dipelihara menggunakan teknik terarium. Kini menciptakan area hijau di sekitar bukan lagi hal yang membosankan seiring tren dan inspirasi yang banyak ditemui. Dare to try?

Terrarium dapat menjadi alternatif menumbuhkan tanaman dengan bentuk yang artistik. Tanaman jenis kaktus atau berdaun jarum umumnya lazim digunakan sebagai tanaman terrarium karena tidak memerlukan banyak air dan membutuhkan lingkungan yang kering. Aneka tanaman seperti silver hair, kaktus, sansevieria, dan monstera variegata adalah jenis tanaman berukuran sedang yang dapat digunakan sebagai dekorasi ruang. Tampilkan nuansa tropis menyegarkan dengan menghadirkan tanaman pada table setting untuk bersantai bersama orang-orang terdekat.



Menciptakan ‘ekshibisi mini’ pada hunian dengan aneka tanaman hias yang ditata apik akan memberikan paras ruang berbeda. Tanaman seperti pisang hias, jenis pakis, dan monstera variegata adalah beberapa tanaman yang sedang menjadi tren urban greenery bergaya tropis saat ini.

Foto: dok. CASA Indonesia