Ruang makan atau dining room merupakan salah satu esensi yang paling di dalam rumah. Tidak saja karena fungsinya sebagai tempat makan, ruang makan juga digunakan sebagai tempat bagi penghuni untuk saling bercengkerama antar anggota keluarga atau menjamu tamu spesial yang datang berkunjung.

Untuk menghadirkan suasana ruang makan yang membuat setiap orang terkesima, ada tiga langkah penting yang harus diperhatikan. Tiga langkah tersebut dimulai dari nuansa ruang makan itu sendiri, pemilihan warna dan elemen interior, hingga pemilihan lampu yang tidak kalah pentingnya.

Tentukan nuansa yang ingin dihadirkan

Desain ruang makan yang ideal adalah nuansanya sesuai dengan keseluruhan desain rumah. Bila Anda ingin memiliki ruang makan bergaya klasik layaknya kastil-kastil kerajaan, tentu desain rumah secara keseluruhan harus serupa. Namun, tren yang ada saat ini lebih pada gaya modern dan aksen minimalis yang ditampilkan untuk desain ruang makan. Tanpa banyak detail dan profil mencolok pada interiornya, ruang makan dengan tampilan modern dapat ditampilkan melalui palet warna ruangan yang hangat atau warna-warna alami, hingga pemilihan furnitur yang bisa serba kayu, beton ekspos, hingga marmer.






Pilihlah warna dan elemen interior yang sedang menjadi tren

Bila Anda telah memutuskan nuansa apa yang ingin ditampilkan pada ruang makan, mulailah dengan pemilihan palet warna yang mendominasi hingga elemen interior di dalamnya. Desainer interior dapat memberikan solusi bila Anda tidak dapat mengungkapkan keinginan secara gamblang. Warna-warna natural yang menyelimuti ruang makan mulai dari dinding hingga lantai dapat diselaraskan, seperti penggunaan wallpaper tanpa corak yang mencolok, atau pemakaian material khusus untuk lantai seperti parket atau marmer bercorak halus.





Berikan sentuhan khusus pada lampu di ruang makan

Lampu gantung atau pendant lamp dapat menjadi salah satu elemen yang akan memberikan identitas ruang makan Anda. Tak masalah bila Anda menyukai chandelier kristal yang gemerlap atau lampu gantung berdesain sederhana namun elegan. Sekali lagi, desainer interior dapat membantu Anda untuk memilih lampu yang sesuai dengan keinginan tanpa takut menjadi 'kabur' dari konsep awal. Esensi mengenai pemilihan lampu tersebut juga disesuaikan dengan denah ruang makan Anda, misalkan, apabila ruang makan berada di area semi terbuka, hindari pemakaian lampu kristal karena akan mempersulit dalam perawatannya. Ukuran dan luas ruang makan juga turut menjadi perhatian saat memilih lampu di ruang makan agar tampilannya sesuai dan proporsional.


Tertarik untuk mendekor ruang makan Anda saat Tahun Baru tiba?

Foto: dok. Tom Dixon, Louis Poulsen, archadily, estliving