Di penghujung tahun, Natal dan Tahun Baru sudah menunggu. Banyak orang yang sudah mempersiapkan liburan akhir tahun bersama orang-orang terkasih. Beberapa tempat di dunia memang dianugerahi keindahan yang membuat suasana Natal dan Tahun Baru menjadi lebih meriah. 

Bagi Anda yang belum menentukan destinasi liburan, CASA akan menyajikan tempat-tempat spektakuler untuk merayakan Natal dan Tahun Baru

1. New York, Amerika Serikat


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Rockefeller Center / TimeOut

Sebuah kota yang tak pernah tidur, dengan aktifitas orang-orang yang begitu padat. Natal membuat New York menjadi semakin hidup, Anda akan menemukan pohon beserta hiasan-hiasan natal di setiap sudut kota. Di Rockefeller Center, terdapat pohon natal setinggi 78 kaki yang dihias dengan ribuan lampu LED, serta dengan bintang berhias kristal Swarovski di puncak pohon. Selain dekorasi Natal, Anda dapat menikmati sensasi bermain ice skating di Central Park dan berbelanja pernak-pernik Natal yang dibuat oleh pengrajin lokal di Union Square Holiday Market.


2. Lapland, Finlandia


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Santa Claus Village / Viator

Santa Claus dengan kereta rusa, mungkin dapat Anda temukan hanya di film-film. Santa Claus Village, salah satu destinasi wisata favorit di Finlandia, menawarkan Anda pengalaman perayaan Natal yang berbeda.
Anda dapat berpetualang di Santa Claus Village sambil mempelajari tradisi Natal di Finlandia, bertemu Santa Claus dan para Elf, mengirim postcard ke Santa Claus, hingga menaiki kereta rusa. Selain itu, Anda berkesempatan untuk melihat pemandangan Aurora Borealis yang menakjubkan.

3. Vienna, Austria


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Vienna, Austria / Austria.info

Tak hanya kota yang penuh dengan dekorasi Natal, Vienna juga dikenal dengan pasar Natal yang berlangsung meriah, yaitu Christkindlmerkt di Rathausplatz. Di sana terdapat makanan-makanan tradisional khas Natal seperti roast chesnut stalls, pretzel, hingga donat raksasa. Ada juga banyak kios untuk minum segelas Christmas punch. Selain makanan, terdapat kios-kios yang menjual seni dan kerajinan lokal, serta dekorasi khas Natal



4. London, Inggris


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Winter Wonderland Hyde Park / Evening Standard

Menikmati perayaan Natal di sebuah kota besar selalu menjadi hal yang menyenangkan. Berkunjung ke London, Anda dapat menikmati berbagai wahana permainan di Winter Wonderland Hyde Park, bermain ice skating di Somerset House, dan berkunjung ke pasar Natal. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan beberapa pertunjukan, mulai dari Christmas pantomimes, Christmas ballet, hingga produksi teater Natal.

5. Betlehem, Israel


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Grotto of Navity / Crosswalk

Bethlehem sebagai kota kelahiran Yesus, menawarkan sensasi tersendiri dalam merayakan hari Natal. Suasana Natal di kota ini terasa sangat sakral. Anda dapat berkunjung ke Church of Navity, di dalamnya terdapat Grotto of Navity atau gua kelahiran, yang dipercaya sebagai tempat lahirnya Yesus. Selain itu, Anda dapat berkeliling menikmati lansekap kota kuno di Bethlehem.

6. Valkenburg, Belanda


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri

Valkenburg Velvet Cave / Kerststad Valkenburg


Menikmati perayaan Natal dengan menelusuri goa? Mungkin sebagian dari Anda merasa heran. Valkenburg Velvet Cave menawarkan pengalaman Natal yang menarik, di dalamnya terdapat pasar natal untuk Anda berbelanja hadiah dan pernak-pernik. Anda juga dapat menjumpai beberapa lukisan mural, patung dan kapel dari abad ke-18 dan beberapa makanan lokal.

7. Seoul, Korea


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri
Perayaan Natal di Seoul / Takethatvacation.com

Merayakan perayaan Natal, Seoul mungkin dapat menjadi salah satu destinasi liburan Anda. Terdapat Lotte World Christmas Miracle untuk dapat menikmati beberapa pertunjukan Natal, Everland Christmas Fantasy dan Myeongdong Lights Festival untuk menikmati festival cahaya Natal.


8.  Sidney, Australia


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri
Suasana Natal di Pitt Street Mall / Travischau.com

Sebagian dari Anda mungkin berpikir, Natal di luar negeri identik dengan salju. Namun Natal di Australia berada di musim panas. Tidak perlu khawatir, Anda akan tetap dapat menikmati meriahnya perayaan Natal di Australia. Silahkan berkunjung ke Pitt Street Mall di Sidney, di mana terdapat 90.000 lampu LED berkelap-kelip sepanjang malam. Selain itu, Anda dapat berkunjung ke Royal Botanic Garden, di mana terdapat konser Natal terbesar yang di gelar setiap tahunnya.

9. Paris, Perancis



Pasar Natal di Paris / BVJ Paris Hostel

Merayakan Natal di Kota Paris yang romantis, sekaligus tentu menjadi liburan akhir tahun yang menyenangkan. Anda dapat mengunjungi pasar Natal terbesar Champs-Elysées di Jardin des Tuileries, merasakan natal yanng khusyuk di Katedral Notre Dame, hingga bermain ice skating dengan latar belakang Menara Eiffel. Anda juga dapat mengajak anak Anda bermain ke Paris Disneyland.


Tertarik ke 9 negara di atas? Tapi jangan lupa juga mencoba merayakan Natal di negara sendiri, salah satunya Manado.

Manado, Indonesia


9 Destinasi Liburan Natal di Luar Negeri
Parade Santa di Manado / Pedomanwisata.com


Bukit Doa Tomohon / wisatanasional.net

Tak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan suasana Natal yang meriah. Anda dapat berkunjung ke Manado, Sulawesi Tenggara. Di sana Anda dapat menyaksikan parade Santa Claus, mengunjungi bazar Natal, lomba memasak, hingga pagelaran seni dan budaya. Tak jauh dari Kota Manado, Anda juga dapat berkunjung ke Bukit Doa Tomohon untuk wisata religi, pengunjung dapat melakukan ibadah jalan salib, sehingga dapat ikut menghayati kisah sengsara Yesus.


Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Natal di New York / Sky Scanner