Hong Kong baru saja meresmikan stasiun terbarunya di Kowloon pada 23 September 2018. West Kowloon Railway Station, stasiun dengan rel berkecepatan tinggi pertama satu-satunya yang menghubungkan Hongkong dengan beberapa kota besar di China, seperti Shenzen, Guangzhou, dan Beijing.






Kota Kowloon sendiri merupakan salah satu kota dengan penduduk terpadat di Hong Kong. Dengan populasi sebanyak 2.019.533 jiwa, diharapkan dengan hadirnya West Kowloon Railway Station dapat menunjang mobilitas masyarakat setempat.






West Kowloon Railway Station dilengkapi dengan fasilitas terminal keberangkatan, terminal kedatangan, ruang tunggu fasilitas imigrasi dan lainnya. Dengan 15 trek yang dimilikinya, diharapkan dapat membawa lebih dari 100.000 penumpang ke 44 stasiun tujuan.


Baca juga, Satu-Satunya! Desain Bangunan Terinspirasi dari Tebu






Berfungsi seperti bandara internasional, Andrew Bromberg dari Aedas merancang West Kowloon Railway Station dengan desain memukau. Berada berdekatan dengan West Kowloon Cultural District dan Victoria Harbor, membutuhkan desain yang dipengaruhi permintaaan masyarakat. Hal itu memberikan tantangan tersendiri dalam perancangannya.






Kerangka ceiling yang terbuat dari 4.000 panel kaca ditopang lebih dari 8.000 ton baja. Dengan panel kaca yang menyelimuti secara merata, stasiun ini mendapatkan pencahayaan alami yang baik, sehingga hemat energi. Para pengunjung pun dapat melihat lansekap kota Hong Kong yang megah tanpa terbatasi.


Baca juga, Intip Desain Steve Jobs Theater di Apple Park Campus






Desain dari stasiun Kowloon ini mengusung konsep modern dan futuristik. Garis-garis panel kaca yang disusun secara simetris dan terstruktur ini mengibaratkan kedisiplinan transportasi di Hong Kong; presisi dan tepat waktu. Fasad dari stasiun ini terlihat padu dengan bangunan sekitar, namun tetap memberikan aksen yang berkarakter. Berkat gaya arsitektur yang unik, West Kowloon Railway Station menjadi spot foto terbaru di Hong Kong. Demi mengimbangi nuansa bangunan yang putih dan terkesan dingin, area luar stasiun dikelilingi oleh ruang hijau terbuka.


Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: West Kowloon Railway Station / Kris Provoost

Sumber foto: Kris Provoost