Seni instalasi, sekarang ini mulai diminati masyarakat. Beberapa orang juga diberikan talenta berlebih dalam menghasilkan sebuah karya. Berikut merupakan contoh seni instalasi di ruang publik yang CASA sajikan untuk Anda:


1. Bridging Home, London


5 Seni Instalasi Publik Memukau, Ada dari Indonesia!

Bridging Home di London / Victoria Miro


Sebuah instalasi publik yang terletak di salah satu jalan tersibuk di London, tepatnya berada di atas jembatan Wormwood Street. Karya ini adalah replika dari rumah tradisional Korea, Hanok, karya Do Ho Suh. Tujuannya untuk mengingatkan tentang sejarah migran di London, serta mencerminkan pengalamannya dalam berpindah dari satu negara ke negara lain.


2. Aventura Mall Slide Tower, Miami


5 Seni Instalasi Publik Memukau, Ada dari Indonesia!

Slide Tower di Aventura Mall / Miami Herald


Seniman asal Belgia, Carsten Höller, membuat sebuah karya seni berupa slide raksasa di Aventura Mall, Miami. Memiliki tinggi 28 meter, pengunjung dapat berlomba menyusuri slide dengan kecepatan 15 mil per jam. Material dari slide ini adalah logam, sehingga cukup kuat untuk menahan beban, dan bagian atas yang tertutup untuk keamanan.


3. The Constellation, Abu Dhabi


5 Seni Instalasi Publik Memukau, Ada dari Indonesia!

The Contellation karya Ralph Helmick / Helmick Sculpture


The Constellation merupakan karya seni publik sebagai penghormatan terhadap Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, seorang pemimpin dan pendiri Uni Emirat Arab yang memperjuangkan perdamaian, toleransi, hak-hak perempuan, dan lingkungan. Dirancang oleh seniman Ralph Helmick, karya seni ini terdiri dari 1.327 bentuk geometris yang melekat pada 1.110 kabel. Karya seni setinggi 100 meter ini bersinar layaknya bintang di malam hari yang diharapkan dapat membangkitkan keabadian visi abadi Sheikh Zayed yang terus mengilhami orang-orang di UAE dan sekitarnya. The Constellation bertempat di Pavilion bersejarah.


4. Forever Bicycle, Sao Paulo


5 Seni Instalasi Publik Memukau, Ada dari Indonesia!

Karya ikonik Ai Weiwei di Ibirapuera Park / @itokish

Forever Bicycles adalah karya seni ikonik dari Ai Weiwei, seniman asal China yang terkenal dengan karya-karyanya yang kritis terhadap pemerintahan di negaranya. Menurut Ai, Forever Bicycles yang terbuat dari 1.200 sepeda ini melambangkan kebebasan untuk bergerak. Forever Bicycles melebur dalam karya-karya Ai lainnya dalam Raiz Exhibition yang digelar di Ibirapuera Park, Sao Paulo, Brasil.


5. Getih Getah, Jakarta


5 Seni Instalasi Publik Memukau, Ada dari Indonesia!

Karya seni instalasi bambu karya Joko Avianto di Bundaran Hotel Indonesia / Joko Avianto

Sebuah instalasi seni publik ini terbuat dari 1.500 bambu dan 73 bambu penyangga yang melambangkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73. Joko Avianto, sang pembuat karya, menuturkan, karya ini terinspirasi dari bentuk penunjuk arah mata angin, ujungnya dibuat seperti ikatan tambang yang melambangkan persatuan. Getih Getah dibangun dalam rangka memeriahkan pesta olahraga Asian Games 2018 pada Agustus lalu.


Teks oleh Edwin Hartanto

Foto teaser: The Contellation karya Ralph Helmick / Helmick Sculpture