Pantone, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan sistem perpaduan warna yang akurat. Produknya sudah digunakan dalam berbagai industri, terutama yang berkaitan dengan desain.


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Pantone Color of The Year / Pantone


Pantone mencatat, sekiranya terdapat 10 juta desainer dan produsen di seluruh dunia bergantung pada produk dan layanan Pantone. Dengan adanya Pantone, mereka lebih mudah untuk mendefinisikan, berkomunikasi, dan mengendalikan warna melalui angka-angka yang menjadi kode warna Pantone, sehingga mencapai akurasi warna yang diharapkan.


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Warna living coral dalam berbagai produk / Pantone


Setiap tahunnya, Pantone juga mengumumkan Pantone Color of The Year. Setiap warna baru dihasilkan berdasarkan situasi tren mode, teknologi baru, tren gaya hidup baru, kondisi sosial ekonomi, serta media sosial.


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Living coral sebagai Color of The Year 2019 / Pantone


Pada tahun 2019 mendatang, Pantone telah mengumumkan Pantone Color of The Year, yaitu “Living Coral”. Terinspirasi dari terumbu karang yang menjadi sumber makanan dan tempat berlindung bagi para biota laut, Pantone 16-1546 Living Coral mencerminkan kehangatan, kegembiraan, energi, dan kerinduan untuk bersatu dengan alam.


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Industri fashion banyak menggunakan warna-warna untuk mengekspresikan design mode mereka / The Lincoln Journal Star


Tren warna menjadi begitu penting karena warna merupakan salah satu unsur penting pada produk dalam berbagai industri. Selain sebagai identitas, masing-masing warna memiliki makna tersendiri. Sehingga dalam pengaplikasiannya diperlukan tujuan dan manfaat dari produk tersebut.


Baca juga, Sulap Rumah dengan Paduan Warna Cat Rumah Minimalis Ini


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Perpaduan warna living coral di ruang bermain anak / HGTV.com


Dalam bidang desain interior misalnya, desain interior akan selalu hidup berdampingan dengan warna. Setiap warna yang memiliki karakter dapat memancarkan energi yang mempengaruhi mood dan aktivitas manusia, misalkan warna cat dinding yang diaplikasikan di rumah ataupun busana yang dipakai dapat mengubah suasana hati.


Baca juga, Inilah 4 Warna Untuk Rumah Minimalis Yang Sedang Tren!


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Aksen warna living coral di ruang tamu / Gypsycheese.com


Setiap individu tentu memiliki keinginan akan tampilan sebuah rumah yang berbeda-beda, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, pemilihan warna yang sesuai menjadi tanggung jawab para desainer interior.


Baca juga, 8 Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik


Living Coral: Tren Warna 2019 dari Pantone

Lemari TV dengan warna living coral / Classyclutter.net

Warna Living Coral yang memiliki warna dasar jingga, cocok diaplikasikan pada ruang tidur anak atau ruang tamu. Warna jingga secara psikologis memiliki sifat yang menyenangkan, memberikan rasa nyaman dan merangsang kreativitas.

Karena warna Living Coral ini cukup mencolok, disarankan dijadikan aksen saja. Penggunaan warna Living Coral dapat diaplikasikan sebagai warna aksen di dinding, warna pelapis furnitur, atau motif pada aksesori interior. 



Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Pantone Color of The Year 2019 / Pantone