Dalam kehidupannya, manusia selalu membutuhkan makanan untuk melalukan kegiatannya. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi manusia dalam memilih makanan, di antaranya komposisi makanan, kondisi mood, manfaat makanan itu sendiri, dan harga. Sebagian orang mungkin memilih makanan yang sesuai dengan kantong mereka. Namun dalam artikel berikut, terdapat 10 makanan yang bernilai puluhan juta, bahkan ratusan juta.


1. Densuke Black Watermelon 




Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Densuke Black Watermelon / Nerodicognaro


Buah semangka langka yang hanya tumbuh di daerah Hokkaido, Jepang, kulitnya tampak lebih gelap, dagingnya juga dikenal lebih manis dibandingkan semangka pada umumnya. Harga untuk satu buah semangka Densuke ini mencapai tiga jutaan, sedangkan untuk yang berkualitas tinggi memiliki rentang Rp 14.000.000 hingga Rp 65.000.000, Fantastis!


2. European White Truffle


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

European White Truffle / Premium Truffles


Harga mahal makanan rata-rata disebabkan oleh kelangkaannya, tak terkecuali jamur yang satu ini. European White Truffle, tumbuh di beberapa wilayah Eropa, jamur putih ini dihargai seharga Rp 800 jutaan untuk 4.16 pon. Bahkan pada 2010, dalam sebuah lelang, harga European White Truffle ini berhasil mencapai Rp 4.8 Milyar per dua pon.


3. Kinmemai Premium Rice


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Kinmemai Premium Rice / Luxury Insider


Dengan metode pengolahan khusus, Kinmemai Premium Rice memiliki 1,8 kali lebih banyak serat, tujuh kali lebih banyak vitamin B1, serta lebih banyak lipopolisakarida yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beras Kinmemai menghasilkan nasi yang lembab dan lembut. Selain itu, beras premium ini langsung dapat Anda masak tanpa dicuci terlebih dahulu. Berkat kualitas yang dimilikinya, beras yang diolah Toyo Rice Corporation di Jepang ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.500.000 per kilogram.


Baca juga, Wow, Ini 10 Alat Makan Termahal di Dunia. Ingin Tahu?


4. Almas Caviar


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Kaviar Almas / Almas Caviar


Telur ikan dipercaya sebagai makanan pencegah berbagai macam penyakit. Namun apa jadinya, bila Anda menemukan telur ikan seharga tiga ratus jutaan? Almas Caviar, Telur ikan ini menjadi mahal dikarenakan bahan utamanya yang langka. Berasal dari ikan sturgeon albino yang berusia 60 hingga 100 tahun, menghasilkan telur-telur yang elegan, aromatik dan lebih manis. Kaviar Almas memiliki keistimewaan tersendiri, dengan rasa khas Iran, telur-telur diproduksi secara tradisional hingga melahirkan sebuah makanan mewah yang unik.


Baca juga, Wow, Ini 10 Alat Makan Termahal di Dunia. Ingin Tahu?


5. Fleur Burger by Hubert Keller


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Herbert Keller dan burger mahalnya / Vegas Seven




Anda mungkin sudah terbiasa menikmati burger di beberapa restoran cepat saji. Namun tahukah Anda, bila terdapat burger seharga 5000US$ atau setara Rp 72.700.000? Ya, Fleur Burger by Hubert Keller di Las Vegas, Nevada. Burger ini terdiri dari daging sapi wagyu, foie gras, black truffles dan sebotol anggur 1995 Chateu Petrus. Tak heran, komposisi bahan baku pilihan menjadikannya sebuah suguhan yang prestisius.


6. Kopi Luwak


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Kopi dari kotoran luwak / Discountcoffee.co.uk


Proses produksi yang terbilang unik sekaligus alami menjadikan kopi luwak menjadi salah satu kopi termahal di dunia. Kopi luwak dihasilkan dari kotoran hewan luwak, melalui pencernaan luwak biji-biji kopi difermentasi dan dikeluarkan menjadi berbentuk feses, kemudian biji kopi dibersihkan dan diolah hingga menjadi bubuk kopi. Untuk satu gelasnya, kopi luwak memiliki harga sekitar Rp 200.000.


7. The Buddha Jumps Over The Wall Soup


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

The Buddha Jumps Over The Wall Soup / The Drink Business


Merupakan salah satu soup termahal di dunia, The Buddha Jumps Over The Wall Soup terdiri dari sirip ikan hiu, abalone, japanese flower mushroom, teripang, scallop kering, ginseng, ayam, babi, dan berbagai bahan khusus lainnya. Namanya ternspirasi dari para biksu vegetarian yang melarikan diri untuk dapat menikmati hidangan unik ini. The Buddha Jumps Over The Wall Soup memiliki harga yang hampir menyentuh tiga jutaan rupiah.


8. Lobster Frittata


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Hidangan Lobster Frittata dengan setumpuk American Sturgeon Caviar di atasnya / CNBC


Sebuah hidangan telur yang disajikan dengan lobster dan kaviar melimpah di atasnya. Namun tidak ada yang menyangka hidangan telur ini memiliki harga sekitar Rp 14.500.000. Tingginya angka tersebut disebabkan penggunaan 10 Ons American Sturgeon Caviar dan juga beberapa bahan baku lainnya. Anda dapat menemukan makanan mahal ini di Norma’s, New York.


Baca juga, Seram dan Seru! Ayo Coba 8 Makanan Bertemakan Halloween


9. Fugu


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Hidangan Fugu / Oyakata


Ikan buntal atau ikan fugu menjadi salah satu makanan yang cukup berbahaya untuk dikonsumsi, racun yang berada di tubuhnya cukup untuk membunuh manusia dalam hitungan menit. Karena beresiko tinggi, koki harus menjalani dua sampai tiga tahun pelatihan untuk mendapatkan lisensi pembuatan fugu. Berkat keahlian khusus dalam pengolahannya, ikan fugu berhasil mencapai harga dua hingga tiga jutaan rupiah.


10. Sup Sarang Burung


Wow! Ini Burger Rp 72 Juta dan 9 Makanan Mahal Lainnya

Sop sarang burung / New Scientist


Selama 400 tahun terakhir, masakan China telah menjadi salah satu makanan termahal di dunia, salah satunya sup sarang burung. Makanan ini menjadi mahal karena proses pengambilan sarang yang berbahaya, serta kebersihan yang terjaga hingga aman untuk dikonsumsi. Harga untuk satu mangkuk sup burung walet berada di kisaran Rp 400.000 hingga Rp 1.400.000. 



Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Fleur Burger / Elite Readers