Perkembangan desain rumah minimalis di Indonesia selalu berkembang dari tahun ke tahun dan dalam kurun waktu terakhir makin banyak aspek modern yang coba disematkan di dalam rancangan rumah.






Shannon McGrath / Coy Yiontis Architects


Rumah minimalis modern kini terus menjadi pilihan desain idaman dan akan terus bertahan hingga waktu yang tak dapat ditentukan.


1. Fasad nuansa natural atau industrial



Kemudahan tersaji dalam membangun rumah minimalis modern. Gaya ini memberi kebebasan untuk para calon penghuni untuk menghadirkan nuansa natural atau industrial pada fasad bangunan.




Baca juga: 25 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Untuk Keluarga Muda


2. Desain ruang keluarga sesuai keinginan


Andhika Nugraha Siregar / Studio Entitas


Dengan banyaknya ruang luas yang tersedia pada rumah minimalis modern, hal tersebut dapat membuat ruang keluarga terasa sepi. Aplikasi lukisan atau aksesori rumah lainnya berwarna kuning dan emas bisa hadirkan nuansa hangat. 




3. Beton ekspos hadirkan suasana sejuk



Bagian dapur yang biasanya tidak terlalu diperhatikan, untuk rumah minimalis modern penggunaan beton ekspos sebagai dinding (unfinished concrete) mampu hadirkan nuansa raw yang sejuk.


4. Balutan warna hitam hadirkan kesan elegan


Felix Forest / Porebski Architects

Aplikasi warna hitam di dapur melalui panel kayu, kabinet, serta electrical induction stove berpadu apik dengan elemen metal pada kitchen appliances yang menghadirkan kesan elegan.


Baca juga: 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


5. Selaraskan ruang makan dengan area dapur


Felix Forest / Porebski Architects




Untuk memudahkan dalam menata ruang makan pada rumah minimalis modern, hadirkan kemiripan yang tidak terlalu identik agar dapat memberikan karakter yang berbeda pada tiap ruangan.




6. Maksimalkan ruang untuk kamar tidur



Memaksimalkan ruang merupakan hal penting bagi rancangan rumah minimalis modern. Untuk memberi kenyamanan lebih pada master bedroom, atur posisi furnitur agar tidak memberikan ruang sirkulasi yang terlalu besar. 


Insada


Selain itu, pastikan kamar memiliki jendela yang besar agar cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa serta hadirkan pemandangan yang menyegarkan.


Baca juga: 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


7. Unfinished concrete hadirkan kesegaran alami pada kamar mandi


Felix Forest / Porebski Architects


Dengan warna yang netral, membuat beton ekspos (unfinished concrete) memiliki sifat aneka guna yang cocok diaplikasikan pada kamar mandi yang manis berona monokromatik.



8. Kamar anak terlihat lebih up to date




Dinding rumah minimalis modern yang polos memudahkan para orang tua untuk menghias kamar anak melalui furnitur atau fabrics tanpa harus mengubah gaya keseluruhan rumah untuk ruang tertentu.


9. Hadirkan sirkulasi udara sejuk nan segar dengan kolam renang




Kehadiran kolam renang di area halaman memberikan suasana yang sejuk dan luwes di tengah bangunan rumah minimalis modern yang kaku.



Foto teaser: Saota