Memiliki rumah dengan ukuran kecil atau tinggal di apartemen sering kali menjadi tantangan. Perlu desain yang baik agar setiap area bisa dioptimalkan, termasuk menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan sehari-hari. Menempati hunian 33 meter persegi, desain hunian 1,5 lantai (lantai dasar dan mezzanine) ini mungkin dapat menjadi inspirasi desain Anda.


Elii, desainer asal Spanyol merancang sebuah kamar studio yang terdiri dari ruang tidur, living room, dapur, kamar mandi, dan lengkap dengan segala tempat penyimpanan. 










Untuk menciptakan kesan yang luas, Anda dapat mengaplikasikan cermin sebagai pelapis dinding. Seperti terlihat pada foyer (area pintu masuk), terdapat dinding cermin yang secara langsung memberikan kesan luas saat memasuki ruangan. Tak hanya berada di satu sisi, sang desainer meletakkan di dua dinding yang berseberangan. Berkat desain seperti ini, kesan infinity tampil menarik bagi para tamu.


Baca juga, Unik! Inspirasi Desain Rumah 80 m2 di Korea Selatan






Keberadaan area penyimpanan atau gudang sering kali terlupakan. Dianggap tak penting saat perancangan, namun ternyata Anda sangat membutuhkannya saat memulai menempatinya berbulan-bulan; atau bahkan bertahun-tahun. Pemilihan custom atau built-in furniture adalah solusi untuk memaksimalkan ruang sehingga tidak ada area yang terbuang, Seperti yang terlihat pada apartment ini, di ruang utama terlihat luas berkat furnitur yang melekat pada dinding.


Area bawah tangga yang biasanya terabaikan dimanfaatkan sebagai rak dan laci penyimpanan. Untuk menghemat ruang, area tangga juga difungsikan sebagai tempat duduk bagi tamu yang berkunjung. Selain itu, lantai pada kamar tidur juga dijadikan kabinet. Dengan cerdas, sang desainer menggunakan sistem seperti laci dengan rel atau meja beroda untuk setiap rak penyimpanannya. Jadi ruangan terlihat luas, saat semua rak tersimpan rapi.










Penghematan ruang juga meliputi area kamar mandi, seperti pada area shower yang juga dapat berfungsi sebagai bathtub.


Baca juga, Desain Rumah Minimalis Ala Jepang yang Sangat Homey







Untuk menambahkan kesan yang luas, Anda dapat menggunakan warna terang yang memiliki sifat memantulkan cahaya. Selain itu, hindari ruangan dari sekat-sekat yang masif karena membuat ruangan terasa penuh. Sang desainer hanya menggunakan tirai untuk menutupi kamar tidur.






Teks oleh: Edwin Hartanto
Foto teaser: Desain interior untuk rumah ukuran 33 meter persegi / Elli
Sumber foto: Dok. Elli