Tren masyarakat Indonesia, terutama para gen millennial adalah hunting spot fotogenik atau sekarang kerap disebut instagrammable spot. 


Merespon tren dan gaya hidup tersebut, terdapat sebuah instalasi seni bernama Haluu di Mall Plaza Indonesia, Jakarta, yang baru saja dibuka. Haluu cocok bagi Anda yang senang foto dan aktif di sosial media. Terdapat 13 spot selfie yang sangat menggemaskan dan meriah yang akan dilampirkan di bawah ini.




13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Gajah raksasa di tengah-tengah labirin Spectrum / CASA Indonesia


Artikel ini juga akan membahas 10 fakta unik sekaligus tips bagi Anda yang ingin datang ke instalasi seni Haluu. Simak dulu info-info menarik ini agar Anda datang dengan penuh persiapan, mulai dari pengetahuan, dress code, hingga kamera yang perlu dibawa. 


1. Haluu berarti keinginan dalam bahasa Finlandia


Pada instalasi seni ini, Haluu memvisualisasikan dunia mimpi yang kebanyakan mengutip dari mimpi dari para wanita. Seperti, wanita yang ingin berkaki jenjang dan leher yang panjang atau membayangkan kapan akan menikah. Area Moulin Rounge berisikan lima kepala jerapah berkaki flamingo serta Bed of Roses bagaikan surga berupa kolam bermandikan bunga mawar adalah salah satu contohnya. 


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Area Moulin Rouge / @awkarin


Haluu menjadi sebuah perjalanan yang menampilkan objek duniawi, benda-benda penuh khayalan, serta jawaban dari mimpi saat kecil. 

Peta Haluu di Warehouse, Plaza Indonesia Lt. 5

Peta Haluu di Warehouse, Plaza Indonesia Lt. 5


2. Terdapat 13 spot selfie yang bagai dunia mimpi


Bagi yang lahir di tahun 1980 dan 90-an, tentu Anda lebih familiar memakan indomie di mangkuk bergambar ayam yang ikonis. Pernahkah Anda membayangkan betapa menyenangkan bisa mandi mie di mangkuk raksasa? Haluu menyediakan tempat seru ini. Tenang, mie ini terbuat dari sterofoam, jadi tidak perlu khawatir kotor.



Keseruan mandi mie di area Fondest Memories / @liagracianti

Jangan lupa juga, ada kaleng kerupuk legendaris berwarna kekinian yang bisa Anda masuki.


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Area Fondest Memories; kerjasama dengan Indofood / Haluu World


3. Hanya 3 bulan! Jangan sampai kelewatan


Letak instagrammable exhibition Haluu di Warehouse, Plaza Indonesia Lt. 5. Harga tiket Haluu, Rp 90.000 (Senin-Jumat) dan Rp 110.000 (Sabtu-Minggu). Jam operasional mengikut jam mall, yaitu 10.00-22.00, namun last entry pukul 21.30. Tips dari CASA Indonesia, datang sepagi mungkin.


Instalasi seni ini diselenggarakan pada tanggal 15 Desember 2018 - 3 Maret 2019. Berita baik dari para co-founder Haluu, bahwa Haluu memiliki rencana pindah kota setelah dari Jakarta. Akan kemanakah mereka?


(1) Area Carousel of Life, (2) Spectrum, (3) Bullshit Zone, (4) Overgrowth, (5) Fish in the Ocean / @andienaisyah


Baca juga, 5 Tempat Ramah Anak di Jakarta, Desainnya Unik!


4. Dimiliki oleh enam co-founder muda dan aktris Laura Basuki


Bagi Laura Basuki, sosial media Instagam lebih dari sekadar lifestyle saja, namun menjadi peluang pekerjaan. "Jadi sosmed bukan lagi tentang pamer foto, tapi juga lebih ke bisnis," paparnya saat press conference Haluu


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Kata sambutan di area pertama di Haluu / Haluu World


Enam talenta di balik layar ini adalah Norine Wibowo, Antonius Chandra, Andrew Lmadong, Kevin Pudjiadi, Dio Santoso, dan Andre Tanuwijaya.




Path to Riches / CASA Indonesia


5. Gunakan sepatu senyaman mungkin untuk 1 jam ke depan




Menempati Warehouse seluas 550 meter persegi dan terbagi menjadi 13 area, pengunjung rata-rata menghabiskan waktu hingga 1 jam. Jadi gunakan sepatu senyaman mungkin agar tidak lelah dan wajah Anda tetap terlihat ceria di foto.


Keunikan instalasi seni di area Overgrowth / @shavieramelia


Baca juga, 8 Destinasi Akhir Pekan di Jakarta


6. Bawa kamera dan lensa wide-angle


Luasan area di Haluu cukup beragam, bahkan ada ruangan yang hanya berkapasitas maksimal 4 orang. Bagi yang membawa kamera, Anda disarankan menggunakan lensa wide-angle untuk mensiasati kondisi ini dan mendapatkan foto yang maksimal. Namun sesuai peraturan Haluu, Anda dilarang menggunakan tripod atau drones.



Bed of Roses berkolaborasi dengan Bridestory / @thebridestory / @haluuwold


7. Waktunya singkat! Sebelum datang, pelajari dulu angle menarik sesuai gaya Anda


Di beberapa area, Anda hanya punya waktu 1-2 menit untuk mengambil foto. Dalam waktu yang singkat, sebaiknya simak dulu instagram account @haluuworld atau #haluubanget #officiallyhaluu sebelum datang. Pelajari angle yang bagus untuk dijadikan inspirasi.


(1) Bed of Roses, (2) Bullshit Zone, (3) Castle in the Sky / @ayladimitri


8. Bawa barang seringkas mungkin


Walau disediakan tempat penitipan yang tidak terlalu besar, Anda disarankan membawa barang seringkas mungkin. Bagi yang membawa bayi, stroller harus ditaruh di pintu masuk. Bagi para influencer atau yang ingin foto #ootd dengan berbagai kostum, Haluu tidak menyiapkan fitting/changing room, jadi rencanakan dress code Anda sebaik mungkin.


Video mapping di area Possibilities / @thamykr / @haluuworld


9. Ada kompetisi reguler dengan hadiah menarik


Haluu bekerjasama dengan Bridestory, Indofood, the F-thing, Parentstory, Harper’s Bazaar Indonesia, Cosmopolitan Indonesia, Her World Indonesia, dan MRA Radio. Kerja sama itu diwujudkan dalam bentuk desain booth yang menarik dan kompetisi-kompetisi unik.


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Area transisi dari Overgrowth ke Bed of Roses yang disponsori oleh the F-thing / CASA Indonesia


Yang sekarang sedang berlangsung adalah kompetisi foto dengan hadiah handphone Samsung, JLB bluetooth speaker, dan Fujifilm Instax Mini. Akan ada kejutan baru bulan depan dengan hadiah yang tak kalah seru. Pantau terus instagram @haluuworld!


Sand of Possibility yang bekerja sama dengan Parentstory / @myfunfoodiary


Baca juga, 11 Hal Penting tentang Spot Instagrammable, MoJa Museum


10. Bawa para maskot sebagai souvenir


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Karakter-karakter yang menjadi maskot Haluu / CASA Indonesia


Di area terakhir yaitu Haluu Store, Anda akan menemukan berbagai merchandise bergambarkan para maskot. Para maskot ini merepresentasikan Haluu dan beberapa areanya, seperti ayam, kerupuk, dan kalengnya untuk Fondest Memories, siluet kotoran namun menggemaskan untuk Bullshit Zone, dan ikan koi untuk Fish in the Ocean.


13 Spot Selfie di Haluu World Jakarta yang Fotogenik!

Haluu Store menjual tote bag, t-shirt, kemeja, pin bergambar para maskot / CASA Indonesia


Jadikan tempat ini sebagai destinasi liburan atau akhir pekan bersama keluarga dan teman-teman. Enjoy!


Foto teaser: Behind the scenes Love and Flair clothing line di Haluu / @haluu