Sebentar lagi, libur akhir tahun tiba. Sudah siapkan liburan Anda bersama buah hati tercinta?

Yogyakarta, salah satu kota destinasi wisata favorit di Indonesia memiliki beragam hal menarik yang dapat kita temui. Mulai dari wisata alam. kuliner, adat dan budaya, dan hiburan lainnya.




1. Museum Dirgantara Yogyakarta


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Koleksi pesawat di Museum Dirgantara / Vacationpassage.com


Di Museum ini anak-anak dapat mengenal sejarah perkembangan penerbangan di Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi lengkap dari dunia aviasi militer dan dirgantara. Pengunjung juga dapat mencoba menerbangi pesawat dengan simulator yang tersedia di sana

.

2. Kraton Yogyakarta


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Pagelaran seni di Keraton Yogyakarta / Maritaningtyas.com

Kraton Yogyakarta merupakan istana yang dihuni oleh Keluarga Kesultanan Yogyakarta. Di dalam Kraton ini, pengunjung dapat melihat bagaimana aktivitas sehari-hari di Kraton Yogyakarta, dan mengenal barang-barang bersejarah seperti kereta kencana, koleksi lukisan, keris, dan lain-lain. Setiap hari, pengunjung juga dapat menikmati pageleran seni di dalamnya.


3. Sindu Kusuma Edu Park


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Salah satu wahana di Sindu Kusuma Edu Park / Sindu Kusuma Edu Park


Merupakan taman rekreasi yang edukatif, Sindu Kusuma Edu Park cocok dikunjungi segala kalangan umur. Di dalamnya terdapat berbagai wahana permainan atraktif. Berkunjung ke sini, semakin melengkapi cerita keseruan Anda dan keluarga selama di Yogyakarta.


4. Taman Sari


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Taman Sari Water Park / Indonesia.travel


Taman Sari dulunya dipercaya sebagai tempat permandian pemaisuri dan putri Sultan, selain itu Taman Sari juga difungsikan sebagai benteng pertahanan. Berkat arsitekturnya yang unik, serta sejarah yang dimiliki, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.


Baca juga: 10 Pantai Terindah di Bali yang Cocok untuk Liburan


5. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Slide tower di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark / Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark


Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark, salah satu waterpark terbesar di Indonesia ini memiliki 19 wahana permainan air seru yang memacu adrenalin namun tetap aman untuk anak-anak. Salah satu yang terkenal adalah wahana South Beach, di dalamnya pengunjung diajak memahami bagaimana tetap bertahan dalam kondisi tsunami dan gempa bumi.




6. Museum Gunung Merapi


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Wahana edukasi di Museum Gunungapi Merapi / @dimas_agy


Satu lagi wahana rekreasi edukatif di Yogyakarta, Museum Gunungapi Merapi. Di dalamnya pengunjung dapat melihat replika semburan awan panas, benda-benda sisa letusan Gunung Merapi, mempelajari fenomena-fenomena geologi, mengenal lebih dekat Gunung Merapi dan gunung-gunung api lainnya, hingga peraga simulasi gempa.


Baca juga: 10+ Kafe Jogja yang Nyaman dan Instagrammable


7. Upside Down World


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Rumah terbalik di Upside Down World / Ksmtour.com


Sesuai dengan namanya, Upside Down World Jogja membiarkan pengunjung untuk menikmati keadaan sekitar secara terbalik. Melalui benda-benda yang dipasang secara terbalik, menjadikan spot foto unik bagi setiap pengunjung yang datang.


8. Wildlife Rescue Centre Jogja


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Orangutan di Wildlife Rescue Centre Jogja / @wrcjogja


Wildlife Rescue Centre Jogja merupakansebuah Lembaga non-profit yang bergerak di bidang konservasi satwa liar yang terancam punah atau dilindungi. Di tempat ini, Anda dapat mengajak buah hati Anda meilhat orangutan, monyet, beruk, beruang, dan hewan langka lainnya.


9. Cokelat Monggo


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Belajar membuat cokelat / Chocolate Monggo


Ingat film Charlie and the Chocolate Factory? Berkunjung ke tempat ini, membuat Anda dan keluarga serasa berada dalam film Charlie and the Chocolate Factory. Di Pabrik Cokelat Monggo ini, pengunjung diajak untuk memahami proses pembuatan cokelat dan mencicipi hasilnya langsung.


Baca juga:  Menyusuri Prawirotaman: Destinasi Masa Kini Yogyakarta


10. Museum De Mata-De Arca


10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta

Foto bersama patung lilin Presiden Joko Widodo / @de_mata_de_arca@sinyoritaesperanza


Di tempat ini, Anda dapat mengajak anak Anda ke trick eye museum di De Mata. Selain itu, terdapat patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di De Arca. Terdapat juga wahana rumah terbalik yang asyik untuk berfoto ria.



Teks oleh: Edwin Hartanto

Foto teaser: Wahana South Beach di Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark / Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark