Tenun adalah cerminan jati diri bangsa Indonesia dan warisan budaya Tanah Air. Selain sebagai identitas yang khas dari suatu daerah, tenun telah menjadi salah satu elemen yang penting bagi industri interior saat ini.


Dengan adanya hal tersebut, Indonesia kini sudah memiliki program dalam melestarikan sebuah tenun Nusantara. Mulai dari pemasaran, pelatihan, hingga pengembangan perajin, ketiga program yang telah berlangsung sejak tahun 2009 ini dicetuskan oleh Cita Tenun Indonesia (CTI).







Baca juga, Tenun Flight, Semangat Nusantara dari Garuda Indonesia




Bekerja sama dengan berbagai pihak seperti desainer tekstil, desainer fashion, desainer interior, dan masih banyak lagi, CTI telah melakukan pelatihan di dua belas daerah binaan di Indonesia dengan para perajin agar dapat membuat kain tenun yang lebih berkualitas nantinya.


Acara bertema ‘Colours a New View of Tenun’ yang berlokasi di showroom Bika Living ini bertujuan untuk mengenalkan keindahan kain tenun Nusantara kepada masyarakat. Cita Tenun Indonesia (CTI) mengeluarkan koleksi Helai yang merupakan produk craft yang diprakarsai oleh Rina Renville.






Baca juga, 14 Brand Ini Hadirkan Hunian Unik Berkarakter




Koleksi pertama ini menggunakan campuran material anyaman bambu yang memperlihatkan karya handmade menggunakan kain tenun tradisional dari daerah Garut dan Baduy.


Kolaborasi pertama ini memamerkan sejumlah produk interior seperti Bangu Woven Basketball, sebuah coffee table yang bagian bawahnya bisa digunakan untuk storage ini terinspirasi oleh pakaian asli Baduy yang berwarna hitam, juga produk Ukel side table yang diadaptasi dari pergerakan tarian Jaipong, Garut.


Kedua produk tersebut diproduksi oleh Amygdala Bamboo dan didesain oleh Ilhamia Nuantika, Rina Renville, dan Dara Thalia. Terdapat pula Singkap basket yang merupakan tas keranjang anyam yang dibalut oleh kain tenun. Dari sehelai kain tenun inilah tercipta sebuah karya dengan warna baru yang menampilkan keragaman budaya Indonesia yang diwakilkan dengan kain-kain tradisional khas Nusantara.


Sumber foto + teaser: dok. CASA Indonesia