Genap sudah 25 tahun kerja sama yang terjalin antara Jakarta dan Berlin sebagai sister city yang mendorong lahirnya budaya serta inovasi baru untuk kedua Ibukota. Merayakan momen tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan German Embassy of Jakarta bersama MRA Media menghadirkan Jakarta Berlin Festival pada 30 November 2019 di kawasan Sudirman, tepatnya Terowongan Kendal.


Selebrasi Sinergi Dua Budaya di Jakarta Berlin Festival



Antusias warga Jakarta terhadap Jakarta Berlin Festival


Di salah satu sisi terowongan pedestrian yang menggabungkan akses transportasi massal di Jakarta termasuk MRT ini terdapat sebuah graffiti hasil kolaborasi seniman Tanah Air, Darbotz dan Snyder asal Jerman. Dengan tema “Friends Mural”, dua seniman tersebut menggambar tentang persahabatan, teknologi, serta budaya yang menghiasi kehidupan sehari-hari mereka.


Baca juga: Perkuat Kultur Sneakers, Atmos Hadir di Indonesia


Selebrasi Sinergi Dua Budaya di Jakarta Berlin Festival

Sebagian mural karya kolaborasi Darbotz dan Snyder


Festival yang didukung penuh oleh MRT Jakarta, Lazada Indonesia, dan JakJazz ini juga menawarkan beragam hidangan khas ala Jakarta seperti kerak telor, nasi uduk, dan bir pletok. Selain itu, tersedia juga hidangan otentik dari Berlin seperti currywurst, beef goulash, serta apfelschorle.




Selebrasi Sinergi Dua Budaya di Jakarta Berlin Festival

Proses pembuatan kerak telor


Jakarta Berlin Festival juga dimeriahkan penampilan tari tradisional dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Hadir juga pertunjukan musik dari Barry Likumahuwa, Aletta Stars, 2 Lampu Neon, dan Andezzz.


Baca juga: Jelajah Labuan Bajo Bersama Cordelia Phinisi


Selebrasi Sinergi Dua Budaya di Jakarta Berlin Festival

Andezzz menutup malam dengan meriah


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membuka festival ini dengan harapan agar kolaborasi yang telah terjalin sejak tahun 1994 terus berlanjut untuk senantiasa melahirkan inovasi baru terhadap perkembangan kedua kota tersebut. Selain itu, Anies pun ingin masyarakat Jakarta untuk selalu dapat beraktivitas serta berkreativitas di ruang publik yang tersebar di berbagai sudut kota Jakarta, salah satunya di venue Jakarta Berlin Festival diadakan.


Foto: dok. CASA Indonesia