Akhir tahun menjadi waktu yang tepat untuk berlibur ke berbagai tempat guna melepas penat setelah melewati satu tahun yang penuh kejutan. Agar liburan terasa lebih berkesan, mengunjungi beberapa destinasi wisata yang terkenal sebagai lokasi pembuatan film bisa menjadi pilihan.


Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, Tidak hanya merasakan nuansa magis seperti yang ada pada sinema, Anda juga bisa menambah wawasan terkait belahan dunia lainnya.




CASA Indonesia telah mempersiapkan 5 destinasi wisata dari film di berbagai belahan dunia yang patut Anda simak.


1. Petra, Yordania


Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini

dok. Film Quest


Sebagai kota kuno yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO, Petra menawarkan suasana peradaban kuno otentik di kawasan Timur Tengah.


Kota ini pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Indiana Jones and The Last Crusade. Anda akan dapat merasakan sensasi bereksplorasi layaknya seorang arkeolog sembari melihat struktur bangunan kuno dan relief-relief legendaris yang sudah berdiri sejak 2.000 tahun lalu.


Baca juga: Bermalam di Atas Situs Arkeologi di Antakya, Turki


2. Hobbiton, Selandia Baru


Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini

dok. Hobbiton


Trilogi film The Lord of The Rings memberikan dampak yang sangat besar, baik untuk pecinta film dan juga bagi para pelancong. Lanskap Selandia Baru yang sangat indah sangat apik tertangkap kamera dan membuat siapa pun ingin pergi ke sana. Bahkan, Anda bisa mengunjungi kota di mana para Hobbit tinggal.


Setelah dibangun sebagai properti latar film, kota Hobbiton dialihfungsikan sebagai destinasi wisata, sehingga para pelancong bisa menikmati bagaimana hidup sebagai bangsa Hobbit dalam satu hari. 


Baca juga: Jelajah Labuan Bajo Bersama Cordelia Phinisi


3. Hawaii, Amerika Serikat




Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini

dok. MN Studio


Mendengar kata Hawaii, kebanyakan orang pasti langsung terbayang destinasi wisata alamnya. Salah satu negara bagian di Amerika Serikat ini menawarkan keindahan pantai serta pegunungan vulkanik yang indah. Tapi, tahukah Anda jika salah satu pulau di Hawaii pernah jadi lokasi shooting untuk film Jurassic Park? Bernama Kauai, pulau ini diselimuti oleh hutan hijau, lembah serta air terjun yang menakjubkan.

Sayangnya turis tidak dapat sembarangan mendapatkan akses untuk ke pulau ini, namun Anda bisa menikmati keindahannya dengan menggunakan helikopter untuk mengelilingi pulau dan rasakan experience dari opening scene film legendaris tersebut.


4. Paris, Prancis


Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini

dok. paris.fr


Mendapat predikat sebagai salah satu kota terindah di dunia, tidak heran jika Paris selalu berada dalam daftar destinasi liburan siapa pun. Ragam landmark seperti Menara Eiffel dan L’Arc de Triomphe menjadi atraksi wisata yang ikonis dan sangat sayang untuk tidak diabadikan ke dalam foto. Champs-élysées juga menjadi surga bagi para traveler yang gemar belanja.


Seakan memiliki magisnya tersendiri, banyak dari film ternama yang menggunakan kota ini sebagai latarnya, seperti Amelie, Now You See Me, serta Midnight in Paris.


Baca juga: 5 Hotel Terbaru Singapura Hadirkan Pengalaman Tiada Dua


5. New York, Amerika Serikat


Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini

dok. nycgo


Memiliki julukan the city that never sleeps, New York seakan menggugah rasa penasaran para traveler untuk merasakan vibrant-nya suasana di kota tersebut. Terkenal akan gaya hidup yang dinamis, selain memiliki atraksi wisata seperti Times Square dan Patung Liberty, kota ini pun sering menjadi latar untuk film-film yang memorable.


Berikut daftar film yang menggunakan Big Apple sebagai latarnya; The Godfather, King Kong, Annie Hall, Ghostbusters, Spider-Man, dan masih banyak lainnya. Bahkan para pelancong dapat mengunjungi markas para pemburu hantu lengkap dengan logonya yang terpampang di fasad, terletak di Varick Street dan masih beroperasi sebagai kantor pemadam kebakaran.


Foto teaser: dok. Hobbiton