Menjadi sebuah acara tahunan yang dinanti-nanti, pameran Ambiente akan kembali lagi digelar di Messe Frankfurt, Jerman pada tanggal 7-11 Februari 2020. Ambiente merupakan internasional trade fair terkemuka di dunia untuk industri desain interior, furnitur, dining products, bahkan gifts, jewellery, dan fashion accessories.








Melanjutkan kesuksesannya tahun lalu, Ambiente 2020 akan tetap terbagi menjadi tiga zona, yaitu Living, Dining, dan Giving (Urban Gifts dan Gift Ideas). Sebanyak 4,460 exhibitors dari 90 negara akan terlibat di acara ini, termasuk brand Mohoi, Sangs Ceramics, dan Infinia Home yang mewakili Indonesia.





Meningkat dan semakin berpengaruh, tren lifestyle dan desain interior banyak melibatkan kehadiran desain Skandinavia. Sebagai pionir langgam Skandinavia yang telah berdiri sejak tahun 1999, Normann Copenhagen asal Denmark menjadi brand yang dinantikan di zona Living.

Banyak exhibitor baru tahun ini, seperti brand furnitur anak Sigikid yang berkolaborasi dengan artisan studio asal Jerman yang meluncurkan aircraft trolley untuk pertama kalinya di tahun 2020.





Untuk zona Dining, brand dining ware ternama asal Prancis, Christofle akan menampilkan koleksi berupa instalasi yang menginterpretasikan tentang budaya makan kontemporer. Di hall yang sama, Fiskars akan menghadirkan brand asal Finlandia, Iittala dan traditional British lifestyle brand Royal Doulton yang mengundang pengunjung untuk merasakan jamuan klasik dengan cara yang benar-benar baru. 







Secara rutin, Ambiente akan membuat special presentation berjudul Focus on Design yang melibatkan satu negara yang berbeda setiap tahunnya. Tahun 2020, negara Brasil sebagai salah satu negara dengan perkembangan desain yang sangat pesat akan mendapatkan panggung.

Kelima studio desain dengan identitasnya masing-masing akan memamerkan hasil kreatif mereka di Galleria 1. Di antaranya adalah Rodrigo Almeida, Bianca Barbato, Brunno Jahara, Sergio J. Matos, dan Ricardo Inneco.





Selain menemukan ragam koleksi teranyar dari para exhibitors, para peserta bisa mendapatkan practical insights di Ambiente Academy selama 5 hari. Para pakar akan membahas tentang tren terbaru, customer journey, social media trends, cara menampilkan etalase toko yang ideal, dan mendiskusikan strategi multichannel terbaik.

Salah satu pembicara yang wajib dihadiri adalah Katrin Gugl, professional speaker, trainer, dan consultant untuk Retail Business 4.0. Menempati jadwal di hari keempat, Katrin akan membahas tentang “Change and challenge – how change is continuing to shape the retail trade.”




Sumber foto: Messe Frankfurt Exhibition GmbH / Petra Welzel, Jean-Luc Valentin, Thomas Fedra, Pietro Sutera