Waktu Natal akan segera tiba. Sekarang adalah saatnya Anda mulai membuka kardus-kardus isi dekorasi di gudang atau hunting ke toko.


Lalu dekorasi Natal apa yang sedang tren untuk tahun ini? Palet warna dekor Natal tidak mutlak harus paduan merah dan hijau. Untuk pilihan yang lebih modern, warna putih, abu-abu dan hitam akan bersanding menarik. Sentuhannya warna-warna metalik seperti gold, silver dan bronze.




Tren dekorasi Natal tahun 2019/2020 adalah less is more. Dalam arti, jangan terlalu banyak menggunakan ornamen dan jadikan dekorasi Anda menyatu dengan interior ruangan. Dan tren warna 2020 dari Pantone adalah Classic Blue, maka berikan sentuhan warna biru pada rumah Anda untuk nuansa yang lebih relax.


Simak 14 tips dan inspirasi dekorasi Natal yang telah dirangkum oleh CASA Indonesia.


1. Lilin putih yang simple sebagai centerpiece

Tambahan setangkai daun yang dibentuk melingkar sebagai dekorasi di atas piring. Pertahankan nuansa putih yang terang untuk table setting Natal. Pilihan tata meja makan yang lebih anggun untuk makan malam, tetap berkesan ringan dan modern dengan pilihan piring dan mangkuk putih. Jadikan kehangatan pembicaraan bersama keluarga dan kerabat sebagai pusat/inti acara.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Amy / Homey Oh My


2. Pita manis untuk furnitur

Tak hanya untuk kado, pita juga bisa dijadikan pemanis untuk stool bar Anda. Siapkan aneka ukuran dan corak untuk disesuaikan dengan seluruh penataan.

Dapat dipakai untuk menggantung bola-bola hiasan maupun diletakkan di atas meja makan untuk hiasan centre piece. 

Tambahan dedaunan atau bel untuk menghiasi ruangan Anda. 


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Tana Nelson /  Your Marketing Bff


3. Pohon Natal yang minimalis

Material kawat tebal juga bisa menjadi alternatif yang patut dicoba. Lihat ke sekeliling rumah, adakah besi atau kawat yang bisa Anda fungsikan kembali? Rangkai menjadi segitiga dan lilitkan hiasan pohon Natal dan lampu di sekitarnya. Pastikan pohon ini berdiri di atas pondasi yang kokoh agar tidak terjatuh


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Sumcoco


4. Sentuhan merah sebagai aksen

Ya, warna merah memang tidak bisa lepas dari image Natal. Karena warnanya yang sangat dominan, disarankan menggunakan aksesori berwarna merah sebagai aksen pada cushion atau pajangan di meja dan dinding. 

 

Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Decor Tutor


5. Jangan lupakan mempercantik dapur

Acara Natal selalu diramaikan dengan hidangan hangat dan dessert. Dan semua itu berawal dari dapur. Dulu, dapur berfungsi hanya sebagai tempat untuk memasak atau menyantap hidangan. Namun dewasa ini, fungsi itu pun semakin bergeser hingga kini dapur dianggap sebagai jantung rumah dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Hoom Code


6. Sentuhan biru sebagai tren tahun 2020

Biru adalah warna pantone 2020 yang wajib ada di rumah. Dalam perancangan arsitektur dan interior, warna Classic Blue memang kerap hadir sebagai elemen yang membawa ketenangan pada ruang. Perasaan tersebut seakan menggambarkan keinginan manusia untuk memiliki fondasi yang stabil terutama saat melangkah menuju fase baru di hidup ini.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Pukik Home


Baca juga, Buat Rumah Menjadi Elegan dengan Warna Pantone 2020


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020




7. As low as you can

Jangan halangi intimasi percakapan keluarga di meja makan dengan table setting yang berlebihan. Pastikan Anda menyisipkan detail-detail menarik untuk sentuhan karakter Anda. Pilih yang sesuai dengan tema acara Anda, dan biarkan para tamu menikmatinya sebagai hal yang berkesan mendalam.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Tatjana Zlatkovic / Stocky


Baca juga, Tata Meja Makan, Pahami dan Kreasikan!


8. Koper bisa jadi pohon Natal yang lucu

Barang-barang vintage juga kembali menjadi tren dekorasi. Cek gudang Anda dan lihatlah sekitar, apakah ada koper antik yang bisa dibersihkan? Susun membentuk seperti pohon. Setelah acara Natal ini, mungkin koper ini bisa Anda jadikan tempat penyimpanan baru. 


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Brian Woodcook / Country Living


9. Lebih dari sekadar ucapan

Mendapatkan banyak kartu ucapan dari kerabat, kantor, atau klien, lalu bingung harus diapakan? Jangan hanya ditumpuk di meja atau ditempel di dinding tak beraturan. Susun berdasarkan bentuk, warna, dan gambar. Rangkai dengan manis di dinding menggunakan tack-it (removable adhesive) agar tidak merusak permukaan dinding. Gunakan tali jika Anda butuh panduan membentuk segitiga seperti pohon.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Brian Woodcook / Country Living


10. Hadirkan alam di dalam rumah

Suasana rustik masih menjadi tren. Konsep raw dan sederhana menjadi ciri khas gaya dekorasi satu ini. Dengan hiasan serba berwarna netral dan permainan tekstur kayu, suasana Natal Anda akan terasa lebih natural dan kasual.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020


11. Dekorasi yang simple, namun intimate

Memang tidak semua sudut perlu Anda dekor, tapi pastikan rumah terasa hangat saat dikunjungi oleh keluarga dan kerabat. Kabinet, credenza, atau meja adalah furnitur yang perlu Anda isi, apalagi jika terletak di ruang tamu. Untuk kesan yang simple, gunakan dekorasi berwarna putih. Candle holder merupakan salah satu dekorasi yang secara instant merubah atmosfer ruang. Ruangan terasa intimate dan cozy.

 

Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Wolf and Stag


Baca juga, Cantik! 6 Tempat Lilin untuk Hiasan Natal & Tahun Baru


12. Jadikan kado sebagai ornamen yang menggemaskan

Selain meramaikan rumah dengan dekorasi lampu dan pohon Natal, bungkus kado Natal pun bisa dijadikan aksesori yang menggemaskan dan personal. Sudahkah Anda menemukan kado yang cocok untuk keluarga Anda, temukan pilihannya di sini.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Houseologie


13. Batang kayu tanpa daun pun bisa jadi cantik

Warna putih tak pernah salah untuk membangun kesan syahdu. Apalagi Natal identik pula dengan salju. Ciptakan nuansa musim dingin di sudut rumah Anda dengan sebuah pohon Natal yang didominasi warna putih. Variasi lain, bentuk pohon yang terbuat dari cabang-cabang kayu atau ranting besar. Bisa disemprot cat putih, emas, ataupun warna metalik lainnya.


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

Patterns and Prosecco


14. Menyatu dengan dinding

Ini adalah satu bentuk desain wall treatment yang membutuhkan perkakas berat, namun tidak sesulit yang Anda lihat. Gunakan multipleks yang dipotong-potong dan beri lubang sebagai akses cahaya lampu natal di dalamnya. Jadikan dekorasi Natal ini sebagai aktivitas DIY bersama pasangan Anda. 


Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020

52.home


Foto teaser: Martha Stewart Living