Suasana yang festive dan hangat identik dengan perayaan Hari Natal. Berkumpul bersama keluarga, bertukar kado dan berbagi cerita menjadi agenda yang menyenangkan dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, makan malam bersama juga menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. 


Agar makan malam bersama keluarga lebih terasa meriah, CASA Indonesia telah merangkum daftar hidangan natal dari berbagai negara yang bisa Anda kreasikan di rumah.




1. Fried Chicken, Jepang


Inilah 5 Hidangan Natal Di Dunia Yang Patut Dicoba!

dok. Fluent in 3 Months


Bagi masyarakat jepang, Hari Natal dan fried chicken dari KFC merupakan dua hal yang tidak dipisahkan. Tradisi ini berawal dari medio 1970-an, resto franchise asal Amerika tersebut memperkenalkan menu bucket-nya saat menjelang natal di Jepang. Sajian yang mudah dan pas untuk keluarga ini, langsung menjadi favorit dan berulang setiap tahunnya, sehingga menjadi makanan khas Hari Natal di negara tersebut. 


Baca juga: Santapan di Malam Natal Jadi Spesial di 7 Restoran ini


2. Beef Wellington, Inggris Raya


Inilah 5 Hidangan Natal Di Dunia Yang Patut Dicoba!

dok. Outlook India


Hidangan khas inggris ini menjadi salah satu sajian yang wajib ada saat makan bersama di malam natal. Daging steak yang dibalut dengan daging asap dan foie gras, lalu diselimuti kulit pastry, setiap irisan beef wellington melambangkan kehangatan.


3. Cola de Mono, Chile


Inilah 5 Hidangan Natal Di Dunia Yang Patut Dicoba!

dok. Taste Atlas




Menemani agenda bersantap bersama keluarga, Cola de Mono menjadi minuman yang selalu disajikan di Chile saat malam natal tiba. Pertama kali diperkenalkan di awal abad ke-19, minuman jenis cocktail ini diracik menggunakan aguardienta, susu, kopi, gula, serta rempah seperti bubuk cengkeh dan kayu manis yang membuat tubuh terasa nyaman di malam yang dingin.


Baca juga: Baru! 14+ Tren Dekorasi Natal Tahun 2019/2020


4. Buche de Noel, Prancis


Inilah 5 Hidangan Natal Di Dunia Yang Patut Dicoba!

dok. Taste Australia


Di Prancis, Buche de Noel menjadi salah satu hidangan yang tidak boleh tertinggal dalam merayakan malam natal. Terbuat dari sponge cake dan chocolate buttercream, dessert ini dibentuk menyerupai batang kayu Yule, kayu bakar yang khusus dibakar pada saat malam natal


Baca juga: 12+ Inspirasi Bungkus Kado Natal yang Gemas dan Mudah


5. Klappertaart, Indonesia



dok. travelingyuk.com


Beragamnya adat dan budaya membuat Indonesia memiliki banyak varian hidangan yang melengkapi malam natal Anda. Salah satu yang bisa Anda sajikan adalah Klappertaart. Dessert asal Manado yang menggunakan daging dan air kelapa sebagai bahan dasarnya ini biasa disajikan di Hari Natal sebagai kudapan yang digemari oleh anak-anak maupun orang dewasa.


Foto teaser: dok. CASA Indonesia