Liburan akhir tahun 2019 kian dekat, biasanya akan ada waktu untuk menikmati liburan akhir tahun bersama anak dan keluarga. Sudah punya destinasi wisata yang akan dikunjungi nanti? Dirangkum dari berbagai situs, redaksi CASA Indonesia mencoba untuk merekomendasikan 20 tempat wisata anak yang bisa jadi pilihan untuk menikmati waktu liburan akhir tahun nanti.


1. The Wave Pondok Indah Waterpark

 



Ingin bermain air sekaligus mengajari anak surfing? Anda bisa mengajaknya ke The Wave Pondok Indah Water Park. Anak-anak bisa merasakan serunya surfing layaknya di tengah laut sungguhan! Wahana favorit di tempat wisata untuk anak di Jakarta Selatan ini adalah Flowrider. Usut punya usut, wahana ini merupakan wahana surfing pertama yang ada di Indonesia, khususnya di Jakarta. Untuk yang berminat datang ke The Wave Pondok Indah Waterpark, Anda harus menyiapkan budget minimal kurang Rp 100.000 - Rp 250.000 per orang. 


The Wave Pondok Indah Waterpark

The Wave Pondok Indah Waterpark. (Foto. Dok: Instagram/@piwaterpark)

 

Baca Juga : 12 Tips Weekend Mudah & Seru


2. Skyworld, Taman Mini Indonesia Indah

 

Rekomendasi tempat wisata anak yang ke-2 adalah Skyworld di Taman Mini Indonesia Indah. Anda bisa mengajak anak untuk mengenal lebih dekat tentang dunia angkasa dan di sini anak Anda juga bisa merasakan menjadi seorang astronot. Skyworld ini merupakan salah tempat wisata anak di Jakarta Timur sekaligus museum populer yang memiliki planetarium, cinema 5D, pameran antariksa, taman air hingga permainan laser.



Skyworld, Taman Mini Indonesia Indah/ SkyWorld

 

Skyworld TMII juga menyediakan wahana playground. Di sini anak-anak akan bebas bermain di trampolin, wall climbing, hingga bermain ayunan atau berseluncur. Bukan hanya itu, salah satu wahana di Taman Mini Indonesia ini menyediakan area mini waterpark untuk anak-anak bisa bermain air. Harga masuk ke Skyworld ini terbilang cukup terjangkau, cukup Rp70.000 /orang. 

 

Baca Juga : Panduan Lengkap Liburan Bersama Anak

 

3. Bianglala Raksasa, J-SKY Ferris Wheel

 

Ingin menikmati liburan pergantian tahun baru yang berbeda tapi simpel? Mungkin menyaksikan view indahnya kota dari J-SKY Ferris Wheel di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur bisa jadi pilihan. Apalagi menikmati view kota ketika malam pergantian tahun nanti, ini bisa menjadi kenangan yang tidak terlupakan. Perihal keamanan, jangan ragu karena bianglala ini dibangun menggunakan bahan dan material yang dibawa langsung dari Jepang. Bahkan bianglala ini diklaim tahan gempa. Untuk bisa merasakan sensasi berada di atas awan dengan bianglala ini, Anda cukup menyiapkan budget sekitar Rp50,000 - Rp300,000. 


J-SKY Ferris Wheel

J-SKY Ferris Wheel/ @ferriswheel.jsky

 

Baca Juga : Tempat Liburan Outdoor yang Anak Akan Suka

 

4. Museum Layang-Layang


Seperti kita tahu, bahwa bermain layang-layang merupakan permainan masa kecil yang kenangannya tidak dapat dilupakan. Namun, anak-anak generasi milenial saat ini sudah tidak lagi banyak yang memainkannya. Nah, mengajak anak ke museum ini bisa jadi salah satu pilihan tempat wisata anak untuk mengisi waktu liburan akhir tahun nanti.


Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang/ Museum Layang-Layang Indonesia


Koleksinya yang terus bertambah, Anda bisa bernostalgia masa kecil sekaligus mengajarkan anak untuk menikmati keseruan bermain layang-layang, bahkan bisa juga diajarkan belajar membuat layang-layang. Arsitektur vernakular pada bangunan museum layang-layang ini memberikan kesan budaya dan etnik jawa yang kental. Untuk tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu Rp 15.000 per orang.

 

5. Miniapolis

 

Pernah mengajak anak dan keluarga ke Kidzania sebelumnya? Jika sudah, tempat wisata anak ini memiliki konsep yang kurang lebih sama, yaitu taman bermain atau digital playground keluarga untuk anak usia 0-12 tahun. Permainan yang ada di taman bermain Miniapolis ini didesain khusus sesuai imajinasi dunia anak-anak dengan berbagai pilihan permainan yang unik.


Miniapolis

Miniapolis Lippo Mall Puri/ myminiapolis.com

 

Saat ini taman bermain Miniapolis ada 2 mal di Indonesia, seperti Jakarta (Plaza Indonesia dan Lippo Mall Puri), Bandung (PVJ Mall), dan 1 lagi berada di Mall AEON BSD. Harga tiket masuk mulai dari Rp 250,000 untuk non member dan Rp 200,000 untuk member untuk semua wahana permainan.


Baca Juga : Pasti Seru! 16 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Asyik

 

6. Laser Game Indonesia, TMII

 

Jika bosan dengan tempat wisata edukasi untuk anak, Anda bisa mencoba untuk datang ke Laser Game Indonesia yang merupakan wahana baru di Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan arena bermain perang-perangan menggunakan senjata laser. Mirip seperti film Star Wars bukan? Serunya rasa bermain perang-perangan ditambah konsep ruangannya yang glow in the dark dan juga ber-AC. Untuk harga masuk, siapkan dana kurang dari Rp100.000 per orang.


Laser Game Indonesia

Laser Game Indonesia, TMII/ TripAdvisor

 

7. Cibubur Garden Diary


Untuk mengenalkan buah dan hewan ternak, Cibubur Garden Diary bisa juga jadi pilihan tempat wisata edukasi anak. Tidak hanya mengenalkan, si anak bisa langsung berinteraksi dengan hewan. Untuk bisa mengajak anak dan keluarga berwisata ke sini, harga tiket masuknya adalah Rp25.000 – Rp40.000 untuk setiap rombongan.


Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary/ jakarta.tourism.go.id

 

8. Kitchen Magic

 

Tempat wisata anak yang seru juga adalah Kitchen Magic. Tempat wisata anak ini merupakan kelas belajar memasak. Biasanya masa anak-anak pasti ingin bermain masak-masakan. Jangan khawatir soal jadwal, Kitchen Magic Mall Artha Gading dan Kota Kasablanka Anda langsung bisa datang tanpa harus booking jauh-jauh hari dulu. Di sini ada beragam kelas memasak berdasarkan usia bahkan ada kelas menghias kue kering. 


Kitchen Magic

Kitchen Magic/ TripAdvisor

 

Selain kelas memasak, Anda bisa meningkatkan kekompakkan bersama si kecil ketika bekerja sama dalam memasak kue ataupun makanan. Saat ini Kitchen Magic juga sudah membuka cabang di Surabaya. untuk informasi harga mengikuti kursus, bisa langsung mengunjungi situs resmi di kitchenmagicindonesia.com.


Baca Juga : 5 Tempat Ramah Anak di Jakarta, Desainnya Unik!


9. Museum Satria Mandala


Museum Satria Mandala bisa jadi alternatif untuk mengajak anak untuk menghabiskan waktu liburan akhir tahun nanti. Di museum ini, Anda dapat mengenalkan kepada anak tentang sejarah Tentara Nasional Indonesia seperti senjata perang yang digunakan hingga koleksi pesawat tempur. Lokasinya yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan cocok untuk Anda yang menikmati liburan akhir tahun di Jakarta. 


Museum Satria Mandala

Museum Satria Mandala/ TripAdvisor


10. Buumi Playscape


Beberapa tahun belakangan, tempat bermain sekaligus wisata untuk anak banyak bermunculan di Jakarta. Salah satu playground anak, Buumi Playscape pernah menjadi trend di tahun 2018 lalu. Konsep tempat bermain anak untuk usia 6 bulan hingga 12 tahun ini bukan sekedar hanya tempat bermain, ada banyak aktivitas tambahan untuk mendukung tumbuh kembang anak.  Alamat taman bermain ini masih berada di kawasan Jakarta, tepatnya di Pacific Place Mall, Jakarta Selatan.


Buumi Playscape

Buumi Playscape/ Traveloka


11. Taman Legenda Keong Mas, Taman Mini Indonesia


Taman Legenda Keong Mas

Taman Legenda Keong Mas/ tamanmini.com




Datang ke Taman Mini Indonesia, jangan lupa untuk menikmati wahana Taman Legenda Keong Mas. Di sini ada wahana khusus yaitu Zona Dinosaurus yang di dalamnya terdapat patung berbagai spesies hewan purba ini. Uniknya, semua patung yang ada bisa bergerak bahkan mengeluarkan suara hingga ada salah satu patung yang menyemburkan air. Selain zona Dinosaurus, ada zona karnaval, budaya, edukasi hingga zona museum yang bisa dikunjungi.


12. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara


Mengajarkan anak berlalu lintas yang baik menjadi hal penting ketika dewasa nanti. Selain sebagai wisata edukasi untuk anak, Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara yang berada di Jakarta Timur bisa jadi alternatif untuk mengajak anak untuk bermain di liburan akhir tahun nanti. Tempat bermain sekaligus belajar ini dikelola langsung oleh Polda Metro Jaya dengan fasilitas yang menyerupai jalan raya, lengkap dengan rambu-rambu lalu lintas. 


Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara/ Kompas.com


Tidak hanya untuk anak, ada juga permainan mobil mini untuk orang dewasa dimana mobil ini berbahan bakar solar lengkap dengan pedal gas dan rem. Untuk mencoba permainan ini, Anda cukup membayar dengan Rp5.000 untuk 10 menit. Lelah dan ingin istirahat sejenak? Ada taman yang ditanami pepohonan rimbun sehingga udara menjadi sejuk dan nyaman. 


Baca Juga : 9 Taman Baru yang Keren di Jakarta


13. Wowzania


Layaknya tempat bermain anak, Laser Game Indonesia di TMII, ada tempat wisata dan bermain untuk anak yang memiliki tempat serupa tapi tak sama yaitu Wowzania. Tempat bermain anak yang berada di Lippo Mall Kemang ini merupakan taman hiburan indoor yang bekerja sama dengan franchise dari Singapura.

Wahana bermain yang disediakan cukup bervariatif mulai ruangan bajak laut 3D, mini golf dinosaurus, gym jungle play dengan 6 lantai (perosotan, trampolin, ruang balon, jembatan gantung, lorong). Selain itu ada ruang Space Ball, yang akan menambah keseruan anak bermain. Untuk penerangan, wahana ini menggunakan cahaya yang dibuat menarik dan juga ber-AC


Wowzania

Wowzania. (Foto. Dok: jakarta-tourism.go.id)


Untuk Anda yang ingin mengajak anak bermain di Wowzania, pastikan membaca dan menaati semua peraturannta. Anda dan si Kecil tidak boleh mengenakan sepatu, selalu menjaga kebersihan, bahkan para petugas juga akan melakukan pemeriksaan suhu badan semua orang yang masuk ke wahana ini. Harganya cukup terjangkau yaitu Rp150.000 (tidak termasuk game 3D). Sedangkan untuk orang dewasa dikenakan charge Rp50.000 per orang. Untuk lebih lengkap, silahkan cek website-nya di wowzonia.com


14. Magic Art 3D Museum Jakarta


Selain museum Fatahilah, Kota Tua juga memiliki museum kekinian yakni Magic Art 3D Museum. Museum 3 dimension yang dibuka tahun 2018 kemarin menjadi magnet untuk pencari tempat foto instagrammable. Area museum ini cukup luas dengan berbagai ruangan yang berisi lukisan seni 3 dimensi yang unik. Sebanyak 100 lukisan yang ada di museum ini ternyata dibuat langsung oleh 6 pelukis dari Korea dan 3 dari Indonesia.  


Magic Art 3D Museum

Magic Art 3D Museum/ Kumparan


Untuk jam operasionalnya, Magic Art 3D Museum ini dibuka dari pukul 10.00-22.00 WIB. Sedangkan tiketnya berkisar dari Rp40.000 (pelajar) - Rp60.000 (dewasa) dan untuk anak usia 4 tahun kebawah, gratis.


15. Lollipop’s Playland


Menyenangkan buah hati dengan mengajak mereka di area bermain, Anda bisa memilih Lollipop’s Playland. Tempat bermain Anak ini merupakan salah satu playland terbesar di Jakarta dengan wahana bermain untuk semua umur.


Lollipop’s Playland

Lollipop’s Playland Supermall Karawaci/  Lollipop’s Playland


Anda bisa mencoba permainan seperti flying fox, trampolin, seluncuran tinggi yang terbuat dari plastik dan balon, sepeda roda tiga dengan jalur kecilnya, hingga permainan jaring-jaring dan rumah balon besar. Lollipop’s Playland juga dilengkapi dengan cafe untuk para orang tua menunggu anak bermain.


16. Planetarium


Jika planning Anda untuk menikmati liburan akhir tahun hanya di Jakarta, Planetarium Bisa jadi opsi dari tempat wisata di Jakarta yang bisa didatangi. Planetarium Jakarta merupakan bagian dari 3 wahana simulasi yang ada di Indonesia, selain dari Kutai, Kalimantan Timur dan Surabaya, Jawa Timur.


Planetarium

Planetarium/ Tribunnews


Di sini ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati khususnya untuk, seperti pertunjukkan Teater Bintang, Observatorium, dan Ruang Pameran. Untuk datang ke sini, tiket Masuk berkisar Rp7.000 (2 Tahun Sampai usia SD) hingga Rp12.000 (SMP hingga dewasa). 

Tertarik datang dan menikmati semua fasilitas di Planetarium? 


17. Museum Wayang


Jika Anda berwisata ke Kota Tua, selain museum Bank Indonesia cobalah untuk mengunjungi museum wayang. Museum yang dulunya adalah gereja Nieuw Hollandsche Kerk ini diresmikan pada Tahun 1975. Cerita lain dari museum ini, ternyata dulunya juga digunakan sebagai tempat makam gubernur jenderal Hindia Belanda yang cukup terkenal di era kolonial, Jan Pieterszoon Coen.


Museum Wayang

Museum Wayang/ Mel's Dorm Website

Museum ini menampilkan beragam koleksi wayang dari Indonesia hingga wayang dari berbagai negara di Dunia seperti China dan Kamboja. Diperkirakan sekitar 4.000 koleksi wayang yang ada di museum ini, mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janus dan wayang beber.


Baca Juga : Program Tahun 2019 di Museum MACAN


18. Monumen Nasional


Biasanya ketika liburan tahun baru tiba, banyak wisatawan domestik akan mengunjungi Jakarta untuk merasakan suasana malam pergantian tahun baru dan juga mengunjungi tempat wisata termasuk Monas. Berwisata ke salah satu icon kota Jakarta ini, Anda bisa melihat dan menikmati 48 diorama tentang sejarah Indonesia dari berbagai masa. Selain diorama, Anda bisa melihat view kota Jakarta dari puncak Monas.


Monumen Nasional

Monumen Nasional/ Flickr @untung sihombing


19. Taman Rekreasi Wiladatika 


Taman yang berada di Jakarta Timur ini bisa jadi alternatif tempat wisata untuk liburan akhir tahun yang bisa Anda kunjungi. Suasananya yang sejuk akan membuat Anda dan keluarga menjadi nyaman ketika berada di sana. Meskipun hanya berupa taman, namun fasilitasnya cukup lengkap. Ada arena bermain untuk anak, kolam air mancur, becak mini, air terjun buatan hingga kolam renang yang akan membuat aktivitas di taman ini semakin seru. Harga tiket masuknya relatif terjangkau, hanya Rp8.000. Jika Anda ingin menikmati area kolam renang ada biaya tambahannya yaitu Rp12.000 (weekdays) dan Rp18.000 (weekend).


Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika/ Wikipedia 


20. Taman Lapangan Banteng


Salah satu taman di Jakarta yang bisa dikunjungi ketika liburan akhir tahun nanti adalah Taman Lapangan Banteng. Jangan khawatir, taman ini kini menjadi salah satu tempat nongkrong di Jakarta yang sering dikunjungi warga sekitar dan wisatawan setelah direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta. 


Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng/ Hipwee


Jika Anda ingin ke sana, disarankan untuk datang pada malam hari karena akan ada lampu berwarna-warni di sekitar kolam, layaknya patung Merlion di Singapura. Namun jika ingin menikmati dan mengambil foto-foto untuk social media, ada spot foto instagrammable yang disiapkan di sana.


Dari 20 rekomendasi tempat wisata anak di Jakarta dan sekitarnya dari redaksi CASA Indonesia di atas, mana yang Anda pilih? 


(Referensi : gotravelly.com,indonesia.tripcanvas.co, myminiapolis.com, jejakpiknik, finansialku, nyero.id, moneysmart, myfave, tamanlegenda.id, travel.detik, anekawisata.com, wisatawan.id, destinasiku.com)