Tahun baru memang selalu identik dengan hiburan, pesta, dan kembang api. Namun sesungguhnya ada beragam aktivitas lain yang dapat dilakukan untuk merayakan tahun baru, seperti self-appreciation. Berikut 5 aktivitas self-appreciation yang dapat dilakukan dalam rangka merayakan tahun baru 2020 menurut CASA Indonesia:




1. Meditasi

Meditasi adalah proses berdamai dengan diri sendiri dengan melepaskan segala beban pikiran untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan agar tubuh menjadi lebih relax sehingga dapat berpikir dengan jernih. Ada beragam tips dan trik meditasi yang dapat dengan mudah Anda temukan di mesin pencari maupun kanal streaming video.


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Siluet seorang perempuan yang sedang melakukan meditasi / Dingzeyu Li via Unsplash


Tips dari CASA Indonesia: Sebagai tambahan, aromatheraphy dengan wangi bunga dapat membantu menghadirkan suasana tenang.

Baca juga: 10 Pilihan Pewangi Ruangan Musim Ini



2. Pijat & Spa


Selain meditasi, layanan pijat & spa yang tersebar di berbagai tempat juga dapat menjadi alternatif perayaan tahun baru yang anti-mainstream. Meskipun masih memiliki tujuan yang sama layaknnya meditasi, untuk menenangkan pikiran, namun berbagai teknik pijat & spa telah dipercaya dapat memberikan efek relaksasi yang bermanfaat bagi tubuh. 


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Pemijatan sebagai rangkaian layanan The Cinta Theraphy yang ditawarkan Amankila spa, Bali / Aman Hotels & Resorts


Tips dari CASA Indonesia: Anda juga dapat menggunakan layanan pijat maupun spa dengan metode home service yang dapat dipesan melalui aplikasi online ride service.

Baca juga: 7 Destinasi Spa Terbaik dari Aman Hotels & Resorts & Relaksasi Mewah di Heavenly Spa by The Westin Jakarta


3. Menata Rumah


Menata rumah dapat menjadi salah satu aktivitas untuk merayakan tahun baru. Meski terdengar melelahkan, namun Anda berhak atas suasana rumah yang lebih nyaman.




5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Meskipun kecil, namun ruangan dengan penataan yang baik akan membangkitkan rasa nyaman bagi penghuninya / Murray Fredericks


Baca juga: Rumah Kecil Terasa Besar? Bisa! Ini 12 Triknya




4. Kurasi Foto dan Moment Terbaik di 2019

Don’t let the memory sink! Abadikan momen terbaik melalui lembaran foto dan tulisan. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini dapat mempermudah Anda dalam bersyukur atas kenangan manis dan pelajaran hidup yang terjadi di tahun 2019. Selain itu, lembaran foto dan tulisan juga dapat menjadi benchmark dalam menentukan target capaian di 2020.


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Elsie + Emma / A Beautiful Mess


Tips dari CASA Indonesia: Bila memungkinkan, lakukan hal ini secara berkala baik dalam rentang waktu bulanan maupun tahunan sehingga Anda memiliki portofolio hidup yang tak lekang oleh waktu.


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Sebuah foto dan diary tua yang memiliki kisah tersendiri bagi pemiliknya / Debby Hudson via Unsplash


Baca juga: 14 Bingkai Foto Cantik yang Minimalis Namun Elegan & Cara Menyusun Bingkai di Dinding Yang Rapi dan Cantik 


5. Buat Perencanaan Tahun 2020


Terakhir, buatlah perencanaan di tahun 2020 beserta rencana liburan yang akan dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjadikannya sebagai guideline sekaligus motivasi dalam menjalani hidup di tahun 2020.


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Seseorang sedang membuat perencanaan untuk memastikan bahwa semua tanggung jawabnya dapat terlaksana dengan baik / Alvaro Reyes via Unsplash


5 Cara Rayakan Tahun Baru Anti Mainstream

Jurnal pribadi yang diisi dengan kalimat positif dapat menjadi penyemangat diri dalam menjalani hari-hari / My Life Journal via Unsplash


Baca juga: Buat Rumah Menjadi Elegan dengan Warna Pantone 2020


Teks oleh Hanif Aditya
Teaser dok. Debby Hudson via Unsplash