Industri fashion Tanah Air terus berkembang, bahkan dari fashion designer muda. Bagi para bibit muda ini, dunia profesional terasa begitu luas dan sulit untuk dijamah. Perlu sebuah medium yang mampu membimbing dan membukakan jalan mereka. Berangkat dari konsep inilah majalah Harper’s Bazaar mencetuskan sebuah visi misi untuk membuat sebuah kompetisi fashion.







Sejak tahun 2013, Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) menjadi ajang kompetisi desainer muda yang digelar secara rutin di kawasan Asia. Tak hanya Harper’s Bazaar Indonesia, namun tiga negara lainnya ikut terlibat yaitu Malaysia, Thailand, dan Singapura. 




Setiap negara akan mengadakan kompetisi dan kurasi tersendiri yang melibatkan beberapa juri berpotensi. Juri untuk Indonesia adalah Ria Lirungan selaku Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia dan Sebastian Gunawan selaku Fashion Designer, Michael Pondaag (Head of Stylist Harper’s Bazaar Indonesia), Didi Budiardjo (Creative Concultant Harper’s Bazaar Indonesia dan Fashion Designer), Joy Citradewi dari PT Sri Rezeki Isman, Tbk (Sritex), dan Ria Juwita (Event and Promotions Senior Manager PT Plaza Indonesia). 




Dari sekian ratus peserta, diumumkan dua pemenang nasional yang akan dibawa ke ajang internasional. Pada ANFA 2019, Indonesia membawa Kelly Vallerie dan Dea Yuliana. Kedua desainer muda ini telah menampilkan karyanya masing-masing di Singapura pada bulan Oktober lalu. Dengan bangga, Kelly Vallerie mewakili Indonesia memenangkan ANFA 2019 lewat desainnya yang bertajuk Freak.


Baca juga, Lalla Jakarta, Restoran Instagrammable Bernuansa Tropis





Sebagai bagian dari MRA Media, Harper’s Bazaar Indonesia mengadakan press conference sekaligus selebrasi akan kemenangan ini di restoran Lalla Jakarta pada pertengahan Desember ini. Hadir pula Andandika Surasetja (Runner-up Grand Final ANFA 2018) yang berbagi kisah tentang perjalanannya setelah penghargaan tersebut. 




Baca juga, Furnitur Karya Sang Maestro Fashion, Giorgio Armani


“Perjalanan mengikuti kompetisi ANFA 2019 ini merupakan perjalanan panjang yang sangat berharga, penuh tantangan, dan tak terlupakan bagi saya. Berkat banyak tuntunan dan kesempatan berharga yang diberikan oleh Harper’s Bazaar Indonesia, saya dapat mengeksplorasi desain dan memperluas hubungan di industri fashion yang menghantarkan brand saya kepanggung fashion Asia,”ujar Kelly Vallerie, pemenang Grand Final ANFA 2019.




Tahun 2020, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk ANFA 2020. Mulai dari awal tahun hingga inti acara berlangsung, Harper’s Bazaar Indonesia akan membuat serangkaian jadwal. MRA Media akan mengadakan Fashion Rocks di MRT pada 31 Januari 2020 bersama para pemenang dan alumni ANFA dari ragam tahun. Fashion Rocks adalah fashion show pertama yang diadakan di MRT Jakarta. 


Sumber foto: Harper’s Bazaar Indonesia, MRA Media