Menghadapi liburan Natal dan akhir tahun yang sebentar lagi akan bergulir, Anda tentu telah menyiapkan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi.


Jika belum, CASA Indonesia memiliki beberapa rekomendasi destinasi wisata yang menarik.




Baca juga: 5 Hotel Jakarta di Bawah 1 Juta untuk Tahun Baru


Namun sebelum berangkat, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, CASA Indonesia mengumpulkan 7 hal yang harus Anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah.


1. Jangan Sisakan Makanan di Kulkas



Smarfridge Samsung, The Family Hub menyediakan aplikasi Food Reminders untuk mengingatkan pengguna tentang makanan mereka yang akan kedaluwarsa / Foto dok. Time


Sebelum Anda pergi berlibur, pastikan Anda menyortir makanan yang Anda simpan di kulkas. Bahan-bahan makanan yang rentan kedaluwarsa seperti daging dan buah sebaiknya disingkirkan, begitu juga produk-produk kemasan yang telah mendekatai batas kedaluwarsanya.


2. Urus Tanaman Anda



Click and Grow Smart Garden menyediakan fitur Grow Light dan penyiraman otomatis / Amazon


Tanaman bukan hal remeh yang bisa Anda kesampingkan ketika ingin pergi berlibur. Seringkali karena tidak diperhatikan, Anda akan mendapatkan tanaman Anda rusak, kering, atau layu ketika pulang dari liburan panjang.


Baca juga: 7 Hotel Bandung di Bawah 1 Juta untuk Akhir Tahun


Untuk menghindari hal tersebut, siramlah tanaman Anda dengan air yang cukup banyak, lalu pangkaslah daun-daun atau batang yang telah kering sebelum Anda berangkat.


Untuk tanaman-tanaman yang tidak kuat terlalu lama dengan paparan sinar matahari, sebaiknya pindahkan tanaman tersebut ke tempat yang lebih terlindung.

 

3. Pastikan semua piring dan pakaian telah dicuci



Kohler Prolific Stainless Steel Kitchen Sink / Kohler


Hal yang harus Anda perhatikan sebelum meninggalkan rumah selanjutnya adalah memastikan semua pakaian dan piring kotor telah dicuci dan dikembalikan ke tempatnya.


Jika lama didiamkan, pakaian dan piring kotor akan menjadi sarang penyakit, barang-barang tersebut juga akan menjadi sumber bau tak sedap yang akan menanti Anda ketika pulang liburan nanti.


4. Buang Semua Sampah





Ilustrasi / Family Handyman


Sama seperti kulkas, sisa makanan yang mengendap di tempat sampah bisa menjadi sumber masalah. Maka itu sebelum pergi berlibur, sempatkan diri Anda untuk mengosongkan tempat-tempat sampah di rumah Anda.


Selain lebih menyehatkan, Anda tidak perlu repot-repot untuk membersihkan rumah setelah pulang liburan dan bisa langsung beristirahat.


5. Pikirkan Peliharaan Anda





Hewan peliharaan adalah bagian dari keluarga Anda. Jika Anda ingin pergi berlibur untuk waktu yang lama, cara paling baik adalah dengan membawa serta peliharaan Anda ketika pergi.


Namun ketika destinasi wisata Anda terasa tidak memungkinkan untuk membawa peliharaan, Anda bisa menitipkan hewan peliharaan Anda ke tempat penitipan.


6. Pastikan Rumah Aman



Ilustrasi / Visio Force


Poin ini merupakan poin paling krusial yang harus Anda pahami sebelum meninggalkan rumah. Double-check kunci pintu dan semua jendela, tutup semua gorden atau vitrase, dan simpan semua barang-barang berharga Anda di tempat yang aman.


Anda juga bisa menggunakan aplikasi smarthome yang kini sudah banyak tersedia. Aplikasi tersebut akan menghubungkan Anda dengan kamera-kamera pengawas di rumah sehingga Anda bisa memantau keamanan rumah via smartphone.


7. Gunakan Smartlamp System



Ilustrasi / The Smart Homer


Ini adalah cara selanjutnya untuk membuat rumah Anda lebih aman. Mengatur lampu rumah Anda menggunakan timer memberikan kesan jika seseorang berada di rumah.


Menggunakan lampu rumah dengan timer juga membuat rumah Anda terkesan tidak menyeramkan sehingga membuat tetangga-tetangga Anda bisa lebih tenang.


Foto teaser dok. YotelAir