Perayaan tahun baru yang meriah merupakan salah satu daya tarik turis saat berkunjung ke Singapura. Pagelaran yang kerap berkonsentrasi di kawasan Marina Bay, turut menampilkan kembang api merah sebagai penanda pergantian tahun. 


Baca juga, 14 Panduan Lengkap Liburan Bersama Anak di Singapura




Tahun ini, perayaan tahun baru di Singapura akan semakin seru dengan kehadiran instalasi interaktif dari TeamLab. Berlokasi di Garden by The Bay, warga lokal maupun turis dapat menikmati sejumlah karya collective group dari Jepang ini secara gratis di area plaza dari destinasi wisata ikonis ini.




Telah dibuka untuk publik sejak tanggal 15 Desember 2019, tiga instalasi di area outdoor ini merupakan bagian dari pameran bertajuk Future Together oleh TeamLab yang akan dihadirkan di Garden by The Bay.


Baca juga, Floating Utopias: Terbaru dari ArtScience Museum 2019!


Karya Flowers and People dari dekat

Karya Flowers and People dari dekat


Instalasi apa sajakah yang dapat menemani perayaan tahun baru Anda saat di Singapura?


1. Autonomous Resonating Life on the Water and Resonating Trees

Rentetan ovoid berbentuk telur tersebar di permukaan Dragonfly Lake, Garden by The Bay. Saat tiap pengunjung bersentuhan dengan ovoid, warna instalasi akan berubah dan menghasilkan suara yang berbeda dari tiap warnanya. Maka dari itu, saat sejumlah orang menyentuh ovoid ini aneka ragam warna pun tercipta sembari menandakan keberadaan manusia lainnya. Ini seakan merepresentasikan konektivitas dalam hubungan antar manusia di kehidupan ini.






2. Flowers and People

Karya seni interaktif ini diterapkan pada medium setinggi 15 meter dan lebar 38 meter. Beraneka ragam bunga berkembang dan gugur seolah menandakan pergantian musim yang berlangsung dalam setahun. Putaran siklus kehidupan bunga ini berinteraksi dengan manusia melalui pergerakan sederhana. Saat pengunjung mendekati bunga dan bergerak aktif, maka bunga akan tersebar. Namun jika manusia memilih untuk berdiam diri, maka bunga akan tumbuh dan bermekaran lebih banyak dari normal.






3. Message Pillar

Berkolaborasi dengan The Singapore Bicentennial, karya seni yang dapat dinikmati dimulai dari tanggal 16 Januari 2020 ini mengajak publik untuk saling meninggalkan pesan secara virtual. Secara kasat mata, Anda hanya akan menemukan sebuah pilar setinggi empat meter. Namun, melalui aplikasi di smartphone, pengunjung akan menemukan sebuah pohon yang diisi dengan pesan-pesan dari para pengunjung sebelumnya.





Nantikan rentetan karya TeamLab lainnya yang akan dibuka untuk publik sejak 16 Januari 2020 hingga 15 Maret 2020 yang tersebar di area indoor dan outdoor Garden by The Bay.



Sumber Foto: TeamLab
Foto Teaser: Autonomous Resonating Life on the Water and Resonating Trees / TeamLab