Kamar tidur adalah salah satu ruangan di dalam rumah yang sebaiknya dibuat senyaman mungkin agar pemiliknya dapat beristirahat dengan tenang dan melakukan kegiatan pribadi lainnya dengan leluasa. Namun sayangnya, tidak sedikit pemilik rumah yang memiliki ruangan kamar yang tidak terlalu luas alias mungil. Nah, berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa cara menata kamar tidur yang sempit agar terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Ini dia tipsnya!


Gunakan Furnitur Multifungsi


(Cara menata kamar sempit. Foto: José Hevia Arsitek: Kahane Architects (@kahane.architects) dan Maria Alarcón (@mariaalarcon) )




Agar penggunaan ruangan kamar dapat dimaksimalkan, sebaiknya gunakan furnitur multifungsi. Anda dapat mengunakan rangka tempat tidur sekaligus ruangan penyimpanan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi menggunakan kabinet untuk menyimpan beberapa barang Anda. 


Jika Anda masih membutuhkan ruang penyimpanan, rak di dalam dinding bisa menjadi alternatif. Posisinya yang menjorok ke dalam ini memungkinkan Anda untuk menyimpan lebih banyak barang tanpa harus mengorbankan ruang utama di dalam kamar tidur. 


Atur Pencahayaan yang Baik

Cara Menata Kamar Sempit

                            (Cara menata kamar sempit. Foto: Sarah Ellliot Desain: Eye Swoon/Pinterest)


Mengatur pencahayaan ruangan yang baik mungkin terdengar sepele, namun ternyata penataan cahaya yang baik bisa membuat kamar yang berukuran mungil terlihat lebih luas. Yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan tidak menghalangi cahaya matahari yang masuk. Hal ini akan membuat kamar tidur Anda terasa lebih luas dan segar pada siang hari. Yang Kedua Anda bisa memanfaatkan pencahayaan dari lampu. Agar langit-langit kamar tidur terlihat lebih tinggi, buatlah pencahayaan dari bawah ke atas. Selain itu, pilihlah lampu dengan warna cahaya putih. Selain itu, menentukan watt lampu yang tepat juga bisa berpengaruh pada nuansa kamar tidur.


Penggunaan Ruang Lebih Efisien Dengan Tambahan Mezzanine

Cara menata kamar sempit

                (Cara menata kamar sempit. Foto: Aditkok (@aditkok) Arsitek & Desainer Interior: Biroe (@biroearchitecture) )


Memiliki ukuran kamar tidur yang mungil bukan berarti Anda tidak bisa membuat area kerja di dalam kamar tidur. Anda bisa mencoba menambahkan mezzanine pada interior kamar tidur. Mezzanine adalah lantai tambahan di dalam satu ruangan. Anda bisa menjadikan mezzanine ini sebagai area beristirahat dengan meletakkan spring bed, dan ruang kerja di bagian bawah mezzanine. Pilih juga meja kerja yang berukuran tidak terlalu besar agar masih ada ruang gerak di dalam kamar tidur. 




Buat Kesan Kamar yang Lebih Luas Dengan Cermin

Cara menata kamar sempit

                                                        (Cara menata kamar tidur. Foto: Dok. Amazon/Pinterest)


Menggunakan cermin adalah salah satu trik yang dapat digunakan untuk menciptakan kesan kamar yang lebih luas. Pasalnya, cermin memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi optikal pada ruangan. Anda dapat menggantung satu atau beberapa cermin pada dinding kamar yang polos, memilih lemari pakaian yang dilengkapi dengan cermin, atau meletakkan cermin full-body. Untuk menambah estetika ruangan, sesuaikan cermin dengan desain keseluruhan kamar tidur Anda.


Pemilihan Warna Cat Dinding yang Tepat

Cara menata kamar sempit

   (Cara menata kamar sempit. Foto: Christopher Frederick Jones (@christopherfrederickjones) Arsitek: SP Estudio (@spestudio) )


Cara menata kamar tidur yang mungil berikutnya adalah dengan memilih warna cat dinding yang tepat. Pilihlah warna-warna cat dinding yang terang seperti warna putih atau pastel. Sudah menjadi rahasia umum kalau warna terang dapat membuat ruang kecil tampak lebih luas. 


Selain menerapkan warna cat dinding yang terang, Anda juga bisa menerapkan warna senada pada furnitur, dan sprei. Agar tidak monoton, Anda dapat menambahkan beberapa warna lain sebagai aksen. Misalnya meletakkan tanaman hijau berukuran kecil di atas meja belajar atau meja kerja. 


Hindari Penggunaan Headboard

Cara menata kamar sempit

       (Cara menata kamar sempit. Foto: Chris Warnes (@chriswarnes) Desainer Interior : Jackie Brown (@jackie_brown_stylist))


Penggunaan headboard akan membuat kamar tidur yang mungil terlihat penuh. Alih-alih menggunakan headboard, Anda bisa menggantung wall art, wall mural atau menggantung rak gantung sebagai tambahan ruang penyimpanan. Selain membuat langit-langit terlihat lebih tinggi, cara menata kamar tidur seperti ini akan membuat kamar tidur menjadi jauh lebih menarik. Namun pastikan tidak terlalu berlebihan dalam penataan wall art, wall mural atau penyimpanan barang di rak gantung, ya. Hal ini justru akan membuat ruangan kamar terlihat penuh. 


(Teaser: Foto: Matthew Millman (@matthewmillmanphotoArsitek: Edmonds + Lee Architects (@edmondsleearchitects) )