Apakah Anda salah satu orang yang menyukai keindahan ruangan gaya vintage? Nah, apalagi jika Anda memiliki banyak barang antik di rumah, entah dalam bentuk perabotan atau dekorasi antik, jangan dibiarkan menumpuk atau dibuang dulu! Lebih baik jika barang-barang antik tersebut Anda manfaatkan sebagai unsur desain vintage pada kamar tidur. Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa trik mendesain kamar tidur dengan desain vintage. Yuk, disimak!


Memanfaatkan Furnitur Antik

Ide desain vintage

                                                                        (Foto: Dok. Anthropologie/Pinterest)




Desain kamar tidur vintage kurang lengkap tanpa penggunaan furnitur antik. Anda bisa memanfaatkan furnitur antik yang sudah ada di rumah untuk menciptakan nuansa vintage pada kamar tidur. Jadi, Anda tidak perlu harus membeli furnitur antik dengan harga yang super mahal untuk menciptakan nuansa vintage pada kamar, manfaatkan saja barang antik yang sudah ada di rumah.  


Pemilihan Warna Cat Dinding yang Tepat

Ide desain vintage

                                                            (Foto: Dok. Sfgirlbybay (Victoria Smith)/Pinterest)


Untuk menciptakan desain kamar tidur bernuansa vintage, pemilihan warna cat dinding sangat menentukan! Pada desain vintage, warna-warna lembut seperti warna hijau telur asin, biru muda, kuning, warna terang, dan pink pastel adalah warna-warna yang sering digunakan. Warna-warna ini akan memberikan kesan vintage pada kamar tidur, bahkan tanpa adanya furnitur antik. Selain mengaplikasikan pada dinding ruangan, Anda juga bisa mengaplikasikan warna-warna ini pada furnitur besar seperti tempat tidur, side table atau lemari. 


Jangan Takut Mengaplikasikan Motif

Ide desain vintage

                                           (Foto & Desain Interior: Dok. Aude Jolijour (@aude.jolijour) )


Kesan vintage juga bisa ditunjukan dengan penggunaan motif pada ruangan. Motif floral, dedaunan, dan abstrak adalah motif yang cukup sering ditemui pada barang-barang bergaya vintage. Anda bisa mengaplikasikan motif ini pada dinding kamar tidur, kap lampu atau sarung bantal untuk menghadirkan kesan vintage pada ruangan. 


Pilih Dekorasi Bergaya Vintage

Ide desain vintage

                                                                         (Foto: Dok. Kalyn & Co)




Dekorasi yang wajib ada pada desain vintage adalah bingkai foto yang memiliki ukiran atau bergaya shabby chic. Agar lebih menarik, Anda bisa menyusunnya tanpa pola simetris dan menggunakan beberapa bingkai foto dengan ukiran dan ukuran berbeda sekaligus. Atau, Anda juga bisa menyulap bingkai atau frame foto ini menjadi dekorasi vintage yang fungsional, misalnya menjadi tempat perhiasan. 


Anda bisa menambahkan cermin dengan ukiran antik untuk dijadikan sebagai dekorasi kamar tidur. Kalau Anda memiliki kamar tidur yang tidak terlalu luas, pilihlah cermin dengan ukiran antik berukuran besar, sehingga tetap menciptakan kesan vintage dan kesan kamar luas. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menggunakan barang elektronik retro seperti radio atau kamera kuno sebagai dekorasi untuk menciptakan kesan vintage pada ruangan. 


Tambahkan Kelambu Tempat Tidur

Ide desain vintage

                                                           (Foto: Dok. Klamboe Mosquito Net Collection)


Trik menciptakan kamar tidur bergaya vintage berikutnya adalah dengan menambahkan kelambu pada tempat tidur. Tempat tidur yang menjadi ciri khas desain vintage adalah tempat tidur dengan model sederhana yang dilengkapi dengan kain kelambu. Penggunaan kain kelambu ini juga bisa memberikan kesan nyaman sehingga akan membuat tidur Anda lebih lelap.


(Teaser: Foto & Desain Interior: Dok. Aude Jolijour (@aude.jolijour) / Instagram )