Anda tentu sudah akrab dengan konsep lesehan. Bagaimana tidak, konsep ini sudah sering diterapkan pada ruang tamu bergaya Jepang, Korea, Maroko, Timur Tengah, dan Indonesia. Ruang tamu berkonsep lesehan ini dinilai lebih bisa memaksimalkan ruang yang terbatas, namun tetap terasa nyaman. 


Jika Anda tertarik menerapkan ruang tamu berkonsep lesehan, berikut ini beberapa ide yang bisa Anda sontek. 





Ruang tamu lesehan dengan sentuhan earth tone


(made.com)


Belakangan ini, warna earthy tone menjadi warna yang diminati oleh banyak orang. Warna ini dapat diaplikasikan untuk semua konsep rumah, mulai dari minimalis, modern, hingga klasik, yang bisa memberikan kesan netral dan hangat. Gunakan floor cushion berwarna forest green dan padukan dengan karpet berwarna nude dengan motif geometris. Ini akan membuat ruang tamu lesehan Anda terasa semakin nyaman. 


Ruang tamu lesehan bergaya Japandi


(@modsydesign / Instagram)


Sesuai dengan namanya, ruang tamu lesehan berkonsep japandi menggabungkan konsep interior space-saving ala Japanese dan fungsionalitas khas Scandinavian. Ruang tamu lesehan dengan konsep ini dihadirkan dengan menggabungkan warna-warna natural dengan furnitur lightwood atau rotan yang bisa membuat suasana rileks, hangat, dan clean. Gunakan modular floor sofa atau floor cushion yang bisa diatur menyesuaikan tempat, dan luas ruang tamu Anda. Tambahkan tanaman hijau di sudut ruangan yang akan membuat ruangan terasa lebih hidup, asri, menarik, dan lebih sejuk. 


Ruang tamu lesehan dengan nuansa hitam


(@modsydesign / Instagram)


Tidak ada salahnya menerapkan warna hitam untuk ruang tamu Anda. penggunaan warna hitam tidak selalu membuat ruangan terasa lebih sesak dan sempit. Semua tergantung dengan kombinasi warna yang dipilih. Anda bisa mengecat dinding ruang tamu dengan warna hitam. Untuk mengimbangi pekatnya warna hitam, gunakan furnitur dan floor couch berwarna putih atau abu-abu. Tambahkan karpet dan karpet bulu berwarna senada untuk membuat ruang tamu terasa lebih cozy. Perhatikan penerangan pada ruang tamu Anda agar tidak menimbulkan kesan dingin -- memberikan kesan hidup dan hangat. 


Ruang tamu bergaya Bohemian


(rentpatina.com)




Kepikiran untuk mengubah desain interior ruang tamu Anda? Mungkin Anda bisa mencoba menerapkan ruang tamu bergaya Bohemian. Gaya bohemian sangat identik dengan desain interior yang khas, nyentrik, dan tidak teratur -- sering mengombinasikan warna dan corak yang bertabrakan. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari gaya desain Bohemian. 


Untuk ruang tamu lesehan bergaya Bohemian, Anda bisa menambahkan floor cushion atau floor couch dengan aneka ragam corak etnik yang unik. Tidak perlu diselaraskan agar menciptakan kesan kontras yang unik, yang menjadi ciri khas gaya desain Bohemian. Tambahkan kain, selimut bermotif, atau karpet ragam motif unik di seluruh ruang tamu. Walaupun gaya bohemian terkesan tidak teratur, namun pastikan tidak menggunakan terlalu banyak kain, selimut bermotif, atau karpet, karena akan membuat ruangan terasa penuh dan pengap.


Gunakan bean bag sebagai alternatif kursi untuk ruang tamu lesehan



(ilovelinen.com.au)


(Shannon McGrath (@shannonmcgrath7) / Arsitek: Whiting Architects (@whitingarchitects))


Memilih ruang tamu lesehan bukan berarti Anda hanya bisa memakai floor cushion atau floor couch saja tempat duduk, ada beberapa opsi lain yang bisa Anda pilih untuk melengkapi ruang tamu lesehan Anda, seperti bean bag sebagai alternatif tempat duduk di ruang tamu lesehan Anda. Selain nyaman untuk dipakai duduk bersantai, tampilan bean bag yang simpel juga cocok diaplikasikan untuk rumah berkonsep minimalis modern. Untuk mempercantik dan menyeimbangkan tampilan ruang tamu lesehan, Anda bisa menambahkan tanaman hias dan karpet. 



(Teaser: Photo by Shannon McGrath (@shannonmcgrath7) / Arsitek: Whiting Architects (@whitingarchitects ) )