Di tahun 2021 ini, memiliki hunian vertikal modern sudah menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Kenyamanan serta kemudahan akses yang diberikan selama tinggal di apartemen menjadi salah satu nilai positif yang dapat dirasakan para penghuninya.


Terutama jika hunian diberikan tata ruangan yang menarik secara visual dan efektif secara penggunaan, pasti akan membuat anda semakin nyaman berlama-lama di sana. Ditambah lagi dengan memasukkan gaya desain Modern Scandinavian di dalamnya, tentu akan membuat hunian semakin nyaman dipandang mata.





Gaya desain Modern Scandinavian sangat cocok digunakan sebagai konsep desain interior semua jenis hunian apartemen, mulai dari tipe yang paling kecil seperti studio, hingga tipe paling besar yakni presidential suite.


Gaya ini mencerminkan konsep modern yang sederhana, tetapi bisa membuat orang nyaman. Hunian yang dirancang juga semakin terlihat elegan dengan penggunaan konsep desain ini. Modern Scandinavian merupakan gaya desain yang muncul karena dilatarbelakangi oleh ciri khas kondisi lingkungan dan masyarakat dari wilayah skandinavia.




Masyarakat disana harus memutar otak untuk bisa menggunakan sumber daya alam yang ada sebaik dan sebijak mungkin, hal ini dikarenakan jumlah kayu di sana tidak begitu melimpah seperti di Indonesia. Hunian dengan nuansa alam ini menggunakan perabot dan dekorasi yang minim.


Terdapat cukup banyak ventilasi udara dan jendela pada hunian skandinavia, hal ini bertujuan agar cahaya alami bisa masuk ke dalam ruangan dengan optimal. Terutama pada musim panas, rata-rata hunian skandinavia menggunakan penerangan alami di siang hari. Jika dilihat berdasarkan kondisi tersebut, gaya ini memang cocok untuk diterapkan pada apartemen anda.


Penataan ruang yang luas dan pencahayaan yang cukup cerah menjadi ciri khas dari desain apartemen Modern Scandinavian. Jadi saat anda beristirahat di apartemen, pasti akan lebih betah berlama-lama di sana.


Untuk anda yang tertarik mengubah dan ingin menggunakan desain apartemen ala Modern Scandinavian, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu gaya Modern Scandinavian dan apa karakteristiknya, kan? Yuk, disimak penjelasannya berikut, tips dan trik bagaimana membuat ruang terlihat Modern Scandinavian.


1. Dominasi warna putih




 Warna utama yang wajib ada pada desain apartemen Modern Scandinavian adalah warna putih. Ciri khas utama pada gaya ini adalah warna putih. Anda bisa memesan perabot dan pernak-pernik dengan warna putih yang senada. Jika anda ingin mengkombinasikannya dengan warna lain, maka carilah warna yang tidak terlalu mencolok.


Efek dari penggunaan warna putih dapat memberikan cahaya alami dan menciptakan kesan luas serta lega pada ruangan. Ruangan yang dipenuhi warna putih akan terasa lebih terang daripada ruangan dengan warna lain, keadaan ruang yang seperti ini dapat membantu anda untuk menghilangkan stress selama beraktivitas di apartemen.


2. Penggunaan aksen kayu






Selain pemilihan warna, unsur lain yang dapat mempercantik ruangan anda ialah penggunaan unsur kayu pada desain apartemen Modern Scandinavian. Unsur ini dapat diaplikasikan pada perabotan yang terbuat dari rotan maupun hiasan-hiasan kayu lainnya. Adanya unsur kayu dalam desain apartemen Modern Scandinavian memberikan kesan natural pada ruangan anda, bahkan kehangatan juga menjadi efek dari penggunaan unsur kayu.


3. Pencahayaan alami yang maksimal


Pencahayaan yang indah untuk hunian anda bisa didapatkan melalui desain apartemen Modern Scandinavian. Anda bisa menggunakan lampu yang terang untuk ruangan yang agak luas. Hal tersebut tentu bisa menambah kesan natural dan membuat ruangan terlihat lebih tertata.


Sebaliknya, anda bisa menggunakan lampu warmlight untuk ruangan yang tidak begitu luas seperti kamar tidur,. Dengan pencahayaan tersebut, akan timbul kesan hangat, tenang dan nyaman pada desain apartemen Modern Scandinavian di kamar anda.  




Anda bisa menggunakan 2 jenis lampu berbeda pada satu ruangan untuk variasi cahaya, lampu tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan anda. Jika sedang bekerja atau beraktifitas, gunakanlah lampu yang terang, tetapi jika minim aktivitas atau hanya istirahat, gunakanlah lampu yang agak redup.


Ingatlah juga untuk tidak melupakan cahaya alami yang berasal dari sinar matahari. Anda membutuhkan apartemen yang memiliki ventilasi untuk masuknya cahaya agar ruangan terjaga tetap sehat. 


4. Pemilihan atribut yang tepat pada hunian


Anda dapat menambahkan atribut ruangan yang sesuai dengan desain apartemen Modern Scandinavian untuk membuat hunian semakin indah. Meski ruangan didominasi putih, anda bisa menambahkan aksesoris dengan warna cerah lainnya pada hunian. Bantal yang berwarna cerah, karpet dan lukisan cantik yang dipajang di dinding hunian biasanya menjadi pilihan aksesoris dari gaya Modern Scandinavian.




Tetapi, untuk penggunaan warna ada baiknya jangan memilih yang terlalu mencolok. Jika anda ingin memilih warna yang mencolok, pastikan hanya ada satu warna yang seperti itu. Hal yang harus diingat agar tidak menghilangkan estetika dari gaya Modern Scandinavian ini adalah anda tidak bisa menambahkan perpaduan warna lebih dari 3 macam. 


Itulah beberapa informasi mengenai tips mendesain interior apartemen dengan gaya Modern Scandinavian yang dapat diaplikasikan. Semoga berbagai informasi di atas dapat membantu anda mendapatkan inspirasi dan trik-trik untuk mulai menggunakan desain ini sebagai dekorasi interior apartemen. Semoga bermanfaat!


Teks oleh: Michelle M. Hidayat (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)