Apartemen menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati kaum milenial pada saat ini. Mengapa apartemen? Karena apartemen dapat menjadi alternatif lain selain kos bagi para milenial yang merantau.

Banyak orang tua yang menganggap apartemen sebagai tempat investasi sekaligus tempat tinggal untuk anak mereka yang sedang bersekolah/bekerja. Kelebihan apartemen adalah harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, keamanan yang baik memiliki fasilitas yang lengkap dan tipe yang ditawarkan juga beragam.





Apartemen tipe studio kini banyak diminati karena memberi banyak keuntungan yaitu harga terjangkau, perawatan yang mudah, dan tidak memerlukan banyak perabotan. Walaupun banyak keuntungan, tetapi ukuran ruang tipe studio relatif kecil dan kebutuhan pengguna dalam sebuah ruang tidak hanya satu aktivitas. Apartemen tipe studio dapat dijadikan tempat yang fleksibel. Apakah bisa? Yuk simak tips di bawah ini!


1. Terapkan Konsep Ruang Terbuka

Apartemen tipe studio biasanya terdiri dari beberapa ruang seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang tidur. Perlu untuk meminimalisir penggunaan partisi atau pembatas pada ruangan. Maka, alur yang jelas dan penataan perabot harus benar-benar diperhatikan. Konsep dibutuhkan dalam membuat desain sebuah ruang. Pastikan konsep tersebut tetap memperhatikan aspek kesehatan, ergonomis, kenyamanan pengguna dan ramah lingkungan. Peletakkan perabot sejajar secara horizontal atau vertikal juga berpengaruh dalam penciptaan suasana ruang yang luas. Contoh peletakkan secara horizontal adalah lemari baju yang diletakkan sederet dengan meja belajar dengan lebar yang sama.

Sedangkan peletakkan secara vertikal adalah meja belajar yang disertai dengan laci dan kursi yang bisa dimasukkan ke dalam bawah meja untuk memaksimalkan fungsi ruang tetapi tetap memperhatikan estetika ruangan. Lukisan berukuran agak besar dapat membantu memancarkan kesan luas pada keseluruhan kamar. Lukisan digunakan sebagai estetika / elemen pendukung dalam ruang sehingga ruang lebih hidup dan tidak monoton.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

idesignarch.com


Selain itu, padukan tiga jenis pencahayaan ini untuk memberi efek berbeda dalam ruang. Pencahayaan terpusat, pencahayaan fokus, dan pencahayaan tambahan. Untuk jenis pencahayaan terpusat, gunakanlah lampu gantung. Untuk pencahayaan fokus, gunakanlah lampu meja atau lampu lantai untuk memberi cahaya lebih banyak pada area tertentu dengan gaya yang menyesuaikan konsep ruangan. Lalu, untuk pencahayaan tambahan manfaatkanlah lampu dinding.

Dalam menciptakan mood yang baik, ketiga jenis pencahayaan ini tidak dapat dipisahkan untuk menghasilkan cahaya optimal. Gunakanlah warna cahaya yang cerah dan tidak berwarna-warni untuk menonjolkan kesan yang semakin luas di berbagai sudut ruangan.


2. Furnitur Built-In dan Multifungsi

Untuk apartemen tipe studio, lebih baik jika kita tidak menempatkan banyak perabotan ke dalam apartemen karena dapat membuat ruangan semakin sempit dan mengurangi sirkulasi gerak. Agar ruang lebih terkesan luas dapat disiasati dengan pemilihan furnitur multifungsi.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

contemporist.com


Misalnya, kombinasi meja dan lemari yang dapat disatukan jika tidak digunakan. Selain itu, sofa juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif tempat tidur. Maksimalkan juga ruang apartemen anda dengan rak buku, pajangan, dan televisi yang menempel di dinding. Divan bed dengan kombinasi tempat penyimpanan dapat menjadi alternatif penyimpanan pakaian, sepatu, sprei, sandal, buku, dan lainnya.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

contemporist.com


Trik lain yaitu dengan menggunakan cermin sebagai aksen sekaligus memberi ilusi lapang dan terang dalam ruang sempit. Semakin besar ukuran cermin, maka ilusi lapang akan semakin besar. Selain itu, cermin dapat membuat kesan lebih besar dan ruangan terlihat lebih terang.

Sesuaikan juga ukuran perabot dengan ruangan agar tidak terlihat bulky atau terlalu mendominasi dalam ruang. Padukan dua jenis penyimpanan, yaitu penyimpanan terbuka dan tertutup agar ruang terstruktur dengan baik. Simpanlah barang berukuran besar di penyimpanan tertutup. Dan barang berukuran kecil seperti koleksi buku atau pajangan dalam penyimpanan terbuka.


Baca juga, Mengenal Perbedaan Built-in Furniture & Loose Furniture


3. Gunakan Warna Netral

Kesan alami dalam apartemen tentunya bisa dicapai jika unsur desain di dalamnya selaras. Ketepatan dalam pemilihan palet warna sangat berpengaruh dalam memberi efek ruang. Penciptaan atmosfer penting agar penghuni merasa betah berada dalam ruang, maka gunakanlah dominan warna netral dengan kombinasi sedikit warna cerah untuk memberi kesan luas, lebar, dan menciptakan ruang yang lebih hidup.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

centsationalstyle.com


Misalnya, gunakan warna putih/krem untuk dinding dan coklat/abu untuk perabot. Tetapi jika anda menginginkan ruang yang berwarna, tetap kombinasikan dengan warna cerah untuk kesan luas dan kurangi penggunaan perabot. Perlu diingat, jika Anda memilih warna terang, beri ruang pada beberapa bagian untuk membuat apartemen terkesan luas, misalnya dengan perabot multifungsi dengan jumlah lebih sedikit dan pemilihan warna furnitur yang lebih cerah.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

behance.net


Baca juga, Buat Apartemenmu Terlihat Lebih Luas dengan Cara Ini


4. Pilih Material Modern untuk Kesan Cerah dan Luas


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

studio.thedesignchaser.com


Pemilihan material harus tepat dan sesuai dengan fungsi, memiliki daya tahan yang baik, perawatan yang mudah, keamanan penggunaan dan tentunya memperhatikan estetika.

Penggunaan material yang sederhana, ringan, memantulkan cahaya, atau tembus pandang sangat penting untuk efek luas, terang dan nyaman. Contohnya, material HPL (high pressure laminate), kaca, atau alumunium.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

studio.thedesignchaser.com


5. Hindari Dekorasi Berlebihan

Dekorasi memang diperlukan untuk membuat tampilan apartemen menarik. Tetapi, karena Apartemen Studio tidak luas dan dekorasi yang berlebihan atau terlalu banyak dapat membuat apartemen anda terlihat penuh. Maka anda harus menghindari dekorasi yang berlebihan.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia

theprettyco.ca


Gunakan dekorasi sesuai tema dan gaya desain. Contohnya tambahkan dekorasi tanaman hias sebagai aksen untuk menyegarkan ruangan dan membuat ruang tetap terlihat menarik. Contoh spot yang pas untuk meletakkan tanaman adalah di nakas samping tempat tidur dekat dengan jendela. Selain tanaman hias, Anda juga bisa menaruh throw pada sofa yang menciptakan kesan ruangan yang hangat dan nyaman.


6. Biasakan Hidup Rapi dan Tertata

Ketika anda memilih untuk tinggal di tempat hunian vertikal dengan ruang terbatas tetapi tetap ingin terasa luas dan lapang, Anda harus membiasakan hidup rapi setiap hari karena apartemen tidak seperti rumah yang memilih gudang atau ruangan untuk penyimpanan barang yang sudah tidak digunakan.


Tips Memaksimalkan Fungsi Ruang Apartemen Studio CASA Indonesia



rumah_yuriko (@rumah_yuriko)


Hidup rapi dalam artian selalu membersihkan tempat tidur setelah bangun tidur, langsung membersihkan dapur setelah digunakan untuk memasak, jangan meletakkan barang sembarangan dan letakkan kembali barang-barang setelah digunakan ke tempat semula dan buatlah jadwal rutin untuk memilah barang-barang yang masih sering digunakan dan yang sudah tidak digunakan setidaknya setahun dua kali agar ruangan tetap tertata dan keinginan untuk memaksimalkan fungsi ruang dapat tercapai.

Anda harus lebih selektif ketika akan membeli barang atau perabot baru. Gunakanlah tempat penyimpanan yang tertutup untuk menyimpan barang yang sudah tidak digunakan agar terlihat rapi dan selalu membersihkan ruangan dengan menyapu dan mengepel setiap hari agar tetap bersih.


Nah, itu beberapa tips yang bisa anda coba untuk memaksimalkan fungsi ruang apartemen anda. Jadi, apakah apartemen anda sudah ideal dan sesuai dengan tips diatas? Jika belum yuk ikuti tips diatas untuk memaksimalkan fungsi ruang apartemen anda.


Sumber teaser: renonation.sg
Teks oleh: Isabela Devina Gotama (Mahasiswi Desain Interior, Universitas Kristen Petra Surabaya)