Jendela adalah bagian yang tak bisa terpisahkan dari sebuah bangunan atau rumah. Fungsi utama jendela yaitu sebagai tempat masuknya cahaya dan sirkulasi udara, serta dapat berfungsi untuk menambah nilai estetika. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencurahkan perhatian ekstra untuk menentukan model jendela rumah yang tepat dan sesuai dengan konsep rumah Anda. 


Jika Anda bosan dengan model jendela rumah yang biasa saja, Anda bisa berekspresi dengan mendesain jendela rumah dengan model yang berbeda. Berikut ini beberapa ide desain jendela unik yang bisa Anda tiru. 





Desain jendela bentuk bulat


(Monstera on Pexels)


Tak harus selalu berbentuk persegi, Anda dapat mengaplikasikan jendela dengan bentuk yang berbeda, bulat misalnya. Jendela bulat seperti ini memang jarang diaplikasikan pada sebuah bangunan atau rumah. Inilah yang membuatnya menjadi terkesan unik. Anda bisa mengaplikasikan jendela berbentuk bulat di ruang keluarga, kamar tidur, kamar bayi, atau ruang bermain anak. Dengan begitu akan ada banyak udara dan cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan membuatnya terasa lebih segar. 


Desain jendela tinggi


(Toa Heftiba on Unsplash)


Ini mungkin menjadi salah satu desain jendela yang cukup populer. Bagaimana tidak, desain jendela seperti ini akan memberikan pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup ke dalam ruangan. Apalagi jika jendela seperti ini menghadap langsung ke taman rumah, tentu akan memberikan pemandangan yang indah. 


Desain jendela bifold


(windowsgeelong.com.au)


Jika Anda perhatikan, desain jendela bifold sudah cukup sering digunakan pada rumah atau bangunan di Indonesia. Pada dasarnya, desain jendela bifold terdiri dari sejumlah panel jendela memungkinkan jendela dibuka dan ditutup dengan cara melipat bagian-bagiannya. 


Desain jendela pivot


(portapivot.com)



(Photo & Desainer Interior: Renato Souza Arquitetura ( @renatosouzaarquitetura ) / Arsitek: Rodrigo Latorre)


Jendela pivot dikenal juga sebagai jendela berputar. Desain jendela ini memiliki engsel yang dipasang di tengah bingkai jendela, sehingga saat ingin dibuka Anda tinggal mendorong salah satu sisi jendela. Meskipun memiliki nilai estetika yang tinggi dan dapat diaplikasikan pada berbagai konsep rumah, desain jendela pivot memakan ruang yang banyak sehingga memerlukan perencanaan ruang yang tepat. 


Desain jendela yang dipasang di atap


(Ron Lach on Pexels)




Memasang jendela di atap rumah? Tentu saja bisa! Jika biasanya jendela dipasang di dinding rumah, untuk menghadirkan kesan yang unik dan berbeda, Anda juga bisa memasang jendela di atap. Tak usah khawatir, jendela yang dipasang di atap tetap memungkingkan cahaya untuk masuk secara maksimal. Selain itu, desain jendela seperti ini juga memungkinkan Anda menikmati pemandangan langit yang indah pada pagi atau malam hari di dalam rumah. 


Desain jendela bentuk segitiga


(ROMAN ODINTSOV on Pexels)


Desain jendela unik berikutnya yang bisa menjadi inspirasi yaitu desain jendela dengan bentuk segitiga, termasuk segitiga siku-siku dan sama kaki. Desain jendela seperti ini akan memberikan pencahayaan yang baik ke dalam ruangan dan tentu saja menambah nilai unik dan estetika. 


Desain jendela asimetris


(pretavivre.com)


Kesan unik akan semakin terasa dengan mengaplikasikan desain jendela asimetris. Dengan desain yang tampak tidak beraturan akan memberikan akses dekoratif dan unik pada rumah Anda, di luar aspek fungsional jendela itu sendiri. 


Desain jendela lengkung


(Photo: Tash McCamon / Arsitek: Sans-Arc Studio (@sansarc.studio))


Model jendela lengkung, atau disebut juga dengan arched windows, banyak ditemukan pada arsitektur bergaya Eropa klasik dan Maroko. Meskipun begitu, model jendela ini masih banyak diaplikasikan pada rumah-rumah modern. Model jendela lengkung terbilang unik, menggabungkan antara bentuk persegi pada bagian bawahnya dengan bentuk lengkungan setengah lingkaran pada bagian atasnya. Ini akan membuat rumah Anda terlihat menawan dengan pesonanya sendiri.





(Teaser: Photo: Tash McCamon / Arsitek: Sans-Arc Studio (@sansarc.studio))