Tahukah Anda, Indonesia menduduki peringkat ke-14 dunia sebagai negara paling rentan pada Climate Risk Index? Indonesia memang telah menjadi rumah bagi perkembangan industri bisnis besar dunia. Namun disamping itu, Jakarta sebagai ibu kota dan jantung bisnis Indonesia, menjadi kota paling rentan terhadap lingkungan di dunia dan menempatkan Indonesia sebagai negara peringkat ke-14 yang rentan pada Climate Risk Index.


Hal ini lah yang membuat Indonesia gencar dalam pembentukan bisnis yang berpacu pada lingkungan berkelanjutan dan menjadi contoh bagi negara-negara lain di dunia. Omega Mas, produsen mebel dan eksportir asal Jawa Timur, menjadi perusahaan yang telah berkomitmen dalam pembentukan lingkungan berkelanjutan selama hampir 30 tahun.





Baca juga, Hidup Sustainable, Lantai Kayu dari Bahan Tidak Biasa




Dengan mantranya yaitu "People, Planet, Profit with Principle", Omega Mas mengutamakan lingkungan berkelanjutan sebagai pilar dasar di setiap langkahnya dalam membangun bisnis.


Perusahaan mebel ini telah bergerak sejak tahun 1995 dengan memulai produksi furnitur kayu buatan tangan untuk pasar global ekspor. Membangun bisnis mulai dari 15 karyawan, kini setelah hampir 3 dekade Omega Mas tumbuh menjadi produsen furnitur kayu halus yang paling dihormati di kawasan APAC.


Baca juga, Merancang Tiga Furnitur Dari Satu Pohon, Apakah Bisa?


Dalam perjalanannya, Omega Mas lebih berfokus pada pembentukan produksi dengan mesin yang lebih efisien meskipun dengan insentif yang cenderung sedikit. Direktur Omega Mas, Dutilleux, menyampaikan sistem kerjanya menggunakan pendekatan manajemen Bottom-Up, dimana dengan menatap dari bawah ke atas dapat mengimplementasikan praktik produksi berkelanjutan dengan lebih mudah dan alami.




Omega Mas menggunakan berbagai jenis kayu dalam produksinya, sebagian besar diantaranya adalah dari pohon ek dan pohon kenari asal Amerika. Kedua pohon tersebut memiliki pertumbuhan populasi yang berlimpah di Amerika dengan stok peningkatan pertumbuhan sekitar 10 juta m3 setiap tahun. Sehingga perusahaan ini sangat teliti dalam pemilihan sumber daya alam demi menjaga ekosistem lingkungan.




Omega Mas juga menunjukkan komitmen terhadap lingkungan berkelanjutan dari keterlibatannya dengan Varuna, merek papan selancar yang paling ramah lingkungan di dunia. Dengan slogan “From Seed to Surfboard”, Omega Mas membangun tim untuk menumbuhkan bibit kayu balsa dan diolah menjadi papan selancar. 




Tanggung jawab dan keterlibatan pada lingkungan inilah yang akhirnya membuat Omega Mas menjadi perusahaan terdepan yang berhasil merancang produk kelas dunia. 


Sumber teaser: American Hardwood Export Council (AHEC)
Teks oleh: Azzahra V. Tanaro