Apakah Anda sedang mencari desain kamar tidur anak perempuan? Namun, di waktu yang bersamaan, Anda berpikir apakah perlu anak memiliki kamar tidur sendiri padahal baru saja menyapih?

Menurut psikolog anak dan remaja, Samanta Ananta saat talkshow “Tumbuh Kembang Anak di Hunian Vertikal”, usia 2 tahun adalah waktu yang tepat untuk anak tidur sendiri atau terpisah dengan orang tuanya; maksimal umur 5 tahun. Mengapa? Ini adalah cara mendidik anak untuk mandiri, sekaligus mengembalikan waktu untuk orang tua saling mendekatkan diri lagi.  

Umumnya, orang tua sudah menyiapkan kamar tidur anak menjelang buah hati lahir. Namun tidak sedikit juga, orang tua baru fokus dengan desain kamar tidur anak saat mendekati usia 2 tahun.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Gabriela Marques / @gabiwork


Beda gender, beda desain. Kesukaan anak perempuan dengan anak laki-laki tentu berbeda. Lalu desain kamar tidur anak perempuan seperti apa yang cocok untuk buah hati Anda? Pada artikel ini, CASA Indonesia juga mewawancarai Lincoln Bong, selaku principal dari Kids Republik Design, sebuah biro desain interior yang fokus terhadap desain ruang anak. Tips di bawah ini merupakan kompilasi dari pendapat Lincoln dan tim CASA Indonesia. Merancang kamar tidur anak itu tidak bisa asal. Banyak unsur-unsur yang perlu diperhatikan.


Tema atau karakter ruang yang menyenangkan

Menciptakan nuansa tertentu seperti desain tematik dapat menjadi langkah awal ketika mendesain kamar yang nyaman bagi anak. Ketahui dulu minat dan selera anak sehingga kamarnya dapat menjadi zona nyaman saat ia beristirahat maupun belajar dan bermain.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Desain tempat tidur ganda karya Kids Republik / @kidsrepublik


Wooden Kids bunk bed Castello Slide / Zalf / Archiproduts


Inspirasi desain kamar anak bisa dilihat dari kehidupan anak sehari-hari. Karakter ruangan bisa didapat dari tema yang disukai oleh anaknya dan diterapkan dengan maksimal, misalnya scandinavian atau beach feel. Selain itu, bisa juga menghadirkan grafis binatang kesukaan anak Anda, misal desain headboard berbentuk kucing. Cermati juga, adakah karakter dari film yang sedang ia sukai? Disarankan aplikasikan di satu area saja atau jangan terlalu banyak, karena sewaktu-waktu mereka akan bosan atau beralih selera.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Keunikan bedhead berbentuk kucing / Kids Republik



Warna yang mengantarkan anak tidur

Memang betul, di bawah alam sadarnya, anak-anak-akan lebih tertarik dengan warna-warna yang cerah dan kontras, seperti biru, merah, dan kuning. Namun warna cerah yang mampu menstimulasi rasa aktif ini lebih cocok digunakan di kamar bermain. Warna pastel mampu membantu anak merasa tenang dan santai untuk "mengantarkan" mereka tidur. Untuk warna-warna pop atau cerah bisa diimplementasikan di furnitur, bedding, atau dekorasi.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Kamar anak Ira Tenripada / CASA Indonesia


Warna yang diterapkan sangat menunjang masing-masing tema dan bisa Anda ambil dari karakter yang sudah diterapkan. Misalkan, anak perempuan Anda menyukai pelangi atau unicorn, maka dinding bisa menggunakan beberapa warna cat. Namun, jika anak perempuan Anda sudah kelas 5 SD, kemungkinan mereka akan memilih warna yang lebih netral, seperti biru, putih, atau cream. 



Wallpaper adalah salah satu aplikasi dinding yang totalitas dan mengemaskas. Jika warna atau motif dinding sudah cukup ramai, sebaiknya warna furnitur menggunakan warna yang netral.


Baca juga, Tips Merancang Kamar Tidur Anak Agar Tidur Nyenyak


Desain tempat tidur ganda untuk jangka panjang

Selain sebagai tempat beristirahat, rancang tempat tidur dengan additional extra bed yang dapat digunakan untuk nanny atau teman anak saat menginap di sana. Desain tempat tidur bagi kakak beradik bisa disiasati dengan sistem bertingkat atau loft. Pastikan rancang railing yang kuat, agar anak tidak terjatuh. Pilih warna tempat tidur yang sesuai dengan selera kakak dan adik.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Desain tempat tidur bertingkat / Kids Republik


Loft Bed / Nidi / Archiproduts


Ruangan berpakaian yang cantik untuk melatih memilih baju sendiri

Kamar juga bisa bersifat multi role dengan adanya meja belajar dan lemari penyimpanan yang umumnya dimaksimalkan untuk semua keperluan anak perempuan sampai anaknya setidaknya lulus sekolah. Jika Anda memiliki ruangan yang cukup luas, sediakan dressing room khusus untuk anak perempuan Anda. Cermin adalah elemen interior yang penting untuk ia berkaca dan memilih baju kesukaannya.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Etsy


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Holly Marder


Mengutip dari Mother & Baby, saat Si Kecil menginjak usia 2 tahun, ia mulai gemar melakukan apa pun sendiri dan tidak ingin dibantu, karena kemampuan motorik dan kognitifnya sudah mulai berkembang. Kemampuan memakai baju sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemandirian, dan kebanggaan pada balita. Latihan ini akan membuatnya terbiasa melakukan kegiatan untuk menolong diri sendiri dan tidak tergantung pada orang lain.


Loop System dari Nidi / Archiproducts

Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Ide desain dressing room untuk dua anak Ersa Mayori karya Janice Tjioe / CASA Indonesia




Solusi kamar tidur yang kecil

Cara memanfaatkan meja tulis dan tempat tidur dalam ruangan memanjang yang sempit agar maksimal. Jawabannya adalah: “dinding yang terintegrasi”. Tempat tidurnya dinamis: sementara tempat tidurnya rendah, meja tulisnya lebih tinggi, tanpa harus memindahkan buku-buku dan objek-objek pelengkap. Furnitur yang bisa dilipat atau disembunyikan merupakan solusi terbaik untuk ruang kecil. Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, sisi bawah pada tempat tidur bertingkat bisa dimanfaatkan sebagai meja belajar atau lemari baju.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Desain tempat tidur dan meja belajar / Alessandra Laudeati & Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Desain tempat tidur bertingkat menyatu dengan lemari baju / Alessandra Laudeati & Adriani Brussaferri / Bravacasa RCS


Tangga untuk akses ke atas bisa dirancang beragam, mulai dari tangga dengan railing biasa atau multifungsi menjadi rak. Kids Republik juga kerap merancang meja rias dan meja belajar yang menyatu agar tidak memakan tempat di kamar anak. 


Baca juga, Penting! Tips Memanfaatkan Ruang Kecil untuk Kamar Anak


Dinding Tumbuh

Dinding tumbuh maksudnya adalah sediakan satu dinding kosong yang dijadikan wall of fame si kecil, misalnya untuk menaruh gambar-gambar, poster superhero kesayangannya, atau pun foto bersama teman-teman sekolahnya. “Empty wall space umumnya selalu kami siapkan agar kamar terlihat tidak terlalu penuh dan kamar dapat berubah seiring dengan umur anak dan kesukaan anak,” papar Lincoln.



Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Kamat tidur 2 anak perempuan dengan tema princess and frog / Kids Republik


Pencahayaan yang baik dan sehat

Apapun ruangannya, pencahayaan yang baik dengan lampu atau sinar matahari itu penting, apalagi untuk kamar tidur anak. Untuk kamar tidur anak sebagainya memilih jenis lampu yang menyinari semua sudut ruangan. Selain itu, hadirkan lampu tidur dengan warna yang lebih redup untuk menemani buah hati tidur. Lampu tidur penting untuk mata dan saraf anak agar dapat beristirahat dengan baik selama ia tidur. Pilih lampu tidur dengan bentuk yang menggemaskan, seperti awan, bunga, bintang, atau hati.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan


Selain sebagai penerangan, cahaya matahari yang menyehatkan mampu membantu membunuh kuman-kuman dan bakteri dalam kamar. Disarankan untuk tidak meletakkan tempat tidur terlalu dekat dengan jendela, karena area itu akan memiliki suhu yang lebih panas. Dikhawatirkan akan membuat anak merasa gerah dan tidak nyaman tidur. 


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Ikea


Ruang penyimpanan mainan yang rapi

Ajarkan si kecil untuk merapikan barang-barangnya sejak dini. Belajar disiplin bisa dimulai dari hal sederhana, seperti merapikan mainan setelah bermain, membuang sampah pada tempatnya, bahkan merapikan tempat tidur setelah bangun.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Purewow


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Ursula Wesselingh / Luna


Furnitur yang imajinatif namun aman

Dandani ruang tidur si kecil dengan ragam furnitur anak dengan desain yang terinspirasi dari berbagai kisah dongeng. Tak hanya hadir memenuhi fungsi interior saja rangkaian furnitur ini juga interaktif, seperti puppet lamp yang dapat dimainkan, lalu sebuah stool yang dapat berayun, dan kursi yang menyerupai hewan domba. Warna-warna cerah masih menjadi kunci utama daya pikat desain furnitur anak yang atraktif.  


Konsep Desain Ruang Belajar dan Bermain Anak / Lejournaldelamaison.fr


Untuk furnitur anak, material yang paling aman adalah solid wood yang telah dioven dengan finishing waterbased paint atau non-toxic. Bagi Yamatoya yang telah bergerak di industri ini sejak 93 tahun yang lalu, material kayu memberi banyak pengaruh positif, seperti sensasi nyaman saat disentuh hingga menghadirkan visual yang unik seiring bertambahnya usia kayu, seperti warna yang semakin menguning atau corak yang semakin terlihat jelas.



Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Kompilasi 100 furnitur terbaru 2016 untuk furnitur anak

Baca juga, Tips Ahli: 6 Cara Memilih Furnitur yang Aman Untuk Anak


Dekorasi kamar tidur yang edukatif

Menghias kamar tidur atau ruang main anak memang terbilang susah-susah gampang. Yang seringkali terjadi adalah dilema antara menghias kamar si kecil ini dengan selera mereka yang lekas berubah seiring bertambahnya usia. 



Storage bed single bed Merkurio / Flou / Archiproduts


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Playmat dari Noox / Chic Mart


Salah satu tips mendekorasi kamar anak adalah dengan mengisinya dengan hal-hal edukatif. Mengapa? Karena dekorasi kamar anak yang sekadar cantik dan lucu biasanya tak bertahan lama. Sementara itu, dengan pernak-pernik yang bersifat edukatif keberadaannya akan lebih timeless.


Gemas! 20 Ide Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

Mirror - Pear dari Linoluna

Foto teaser: Gabriela Marques / @gabiwork