Membangun rumah di lahan terbatas perkotaan atau tinggal di apartemen, membuat Anda harus memikirkan matang-matang bagaimana cara memaksimalkan sudut di setiap rumah, terutama ruang aktivitas keluarga.

Meskipun setiap ruangan telah dioptimalisasi, kemungkinan memiliki kamar tidur yang luas dan megah tampaknya hanya akan jadi angan-angan dan Anda harus bersedia untuk memiliki kamar tidur sederhana. 




10 Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Tenyaman

Erika Winters


Kamar tidur sederhana yang tidak terlalu luas memudahkan Anda untuk mendekorasinya sesuai kebutuhan dan tambahan sentuhan personal. CASA Indonesia telah mempersiapkan beberapa inspirasi dan tips dekorasi kamar tidur sederhana agar menjadi lebih hidup dan berwarna.


Dekor seminimalis mungkin


10 Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Tenyaman

Finnterior


Dengan menata kamar tidur minimalis dan sederhana dengan jumlah aksesori interior dan furnitur yang secukupnya, Anda dapat memaksimalkan area kamar tidur untuk relaksasi tanpa rasa sesak. Anda bisa aplikasikan desain bedhead memanjang hingga menyentuh area endtable sehingga hadirkan kesan ranjang yang seamless.


Dekor seminimalis mungkin

Kirsten Diane


Tips dari CASA Indonesia: Saat merancang atau mendekor kamar tidur, bayangkan apa saja aktivitas Anda atau pasangan, jika sudah menikah. Kurasi furnitur sesuai kebutuhan. Misalnya, apakah tetap perlu meja kerja di kamar, sedangkan Anda punya study room khusus? Furnitur di kamar tidur umumnya hanya butuh tempat tidur, bedside table / nakas, lemari baju, rak TV. Rak TV pun juga tergantung kebiasaan Anda.


Hadirkan rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding


rak penyimpanan yang menyatu dengan dinding

Jo Chrobak


Rak penyimpanan yang menempel pada dinding dan ceiling kamar tidur sederhana adalah solusi ruang yang efisien untuk penambahan elemen interior esensial lainnya. Kekurangannya adalah lemari atas sulut dibersihkan, namun keuntungannya bisa sekaligus menjadi pondasi lampu tidur atau lampu baca.


Tips dari CASA Indonesia: tambah lukisan untuk menghadirkan warna berbeda pada kamar tidur dengan dominasi warna putih yang dapat menambah kehangatan suasana.


Baca juga, 10 Desain Kamar Tidur Mungil dan Minimalis


Ganti fungsi lemari baju dengan standing clothes rack

Ganti fungsi lemari baju dengan standing clothes rack

Ikea


Mengganti lemari baju dengan standing clothes rack di dalam kamar tidur sederhana tidak hanya berfungsi sebagai space saver, pakaian pun mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga meminimalisasi melekatnya jamur pada outfit favorit Anda.


Tips dari CASA Indonesia: tambah curtain untuk ganti fungsi pintu agar bebas dari debu


Pisahkan ruang ganti pakaian dengan kamar tidur


Pisahkan ruang ganti pakaian dengan kamar tidur

DAP Atelier


Anda dapat menaruh lemari pakaian di selasar menuju kamar tidur yang juga mengarah ke kamar mandi atau disebuat dengan walk-in-closet. Selain memberi ruang pada kamar tidur, hal tersebut juga memudahkan di saat bersih-bersih rumah.




Tips dari CASA Indonesia: rancang walk-in-closet dengan desain interior serupa sekaligus tempat rias


Meja yang simple dan compact


Meja yang simple dan compact

@scandinavianhomes


Jika kehadiran meja kerja dirasa terlalu membuat kamar tidur sederhana Anda sempit, hadirkan papan rak gantung yang tidak terlalu tinggi di salah satu sudut kamar. Instalasi bisa digunakan sebagai meja kerja, sekaligus tempat hiasan seperti figura. Alternatif lainnya, Anda bisa rancang bedhead anda secara custom, sehingga dapat difungsikan menjadi meja kerja.




Meja yang simple dan compact

Miel Arquitectos


Tips dari CASA Indonesia: Ukuran ideal untuk rak sekaligus meja kerja adalah 1x3 sentimeter dan pastikan materialnya kuat


Aplikasikan warna-warna cerah pada kamar tidur sederhana


Aplikasikan warna-warna cerah pada kamar tidur sederhana

Gina Everett


Menurut penelitian, warna cerah yang diaplikasikan pada kamar tidur, terutama pada dinding mampu menambah dimensi ruang yang seakan terlihat lebih luas. Namun, warna cerah pada furnitur pun mampu berikan hasil yang sama, meskipun tidak begtu sempurna.


Tips dari CASA Indonesia: sesuaikan warna dengan selera dan personality. Umumnya, warna biru cocok untuk relaksasi di kamar tidur


15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


Bangun suasana berbeda dengan paduan dua warna cat dinding


Bangun suasana berbeda dengan paduan dua warna cat dinding

Manser Greenwich


Menghias dinding kamar tidur sederhana dengan sentuhan personal membutuhkan dedikasi lebih, terutama soal waktu. Jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak untuk menghias kamar tidur, dekorasi dengan menghadirkan warna two-tone mampu hadirkan suasana baru dan semangat baru.


Wallpaper dan karpet sebagai sentuhan personal yang vocal


Wallpaper dan karpet sebagai sentuhan personal yang vocal

Lauren Gilberthorpe


Kamar tidur sederhana dengan dinding polos akan hadirkan kejenuhan seiringnya waktu bergulir. Menghias dinding dengan cara digambar (mural) atau memasang wallpaper dinding bermotif dapat hadirkan suasana yang baik serta mampu berselaras dengan kepribadian Anda. Agar terkesan ruang yang lebih dinamis, hadirkan karpet dengan ragam motif dan aksen warna pada bantal dan bed runner untuk kamar tidur sederhana.




Tips: aplikasikan wallpaper hanya pada satu dinding saja sebagai aksen


Ubah fungsi loteng sebagai kamar tidur 


Ubah fungsi loteng sebagai kamar tidur

Eva Sonaike


Memang jarang orang Indonesia memiliki attic atau loteng, namun bukan berarti tidak ada. Bagi Anda yang memiliki area di lantai paling atas ini, attic bisa difungsikan sebagai guest bedroom atau kamar tidur anak. 


Tips dari CASA Indonesia: pemandangan luar yang asri mampu berkontribusi untuk kenyamanan tidur dan pastikan sirkulasi udaranya baik karena dekat sama matahari, pakai AC yang bisa mengisi semua ruangan dengan baik. 



Pintu geser untuk efisiensi ruang


Pintu geser untuk efisiensi ruang


Conformable Minimax House karya Ebenhaezer Lontoh / CASA Indonesia

Selain dapat memaksimalkan ruang di kamar tidur, aplikasi pintu geser dapat memberi kesan layaknya ruang rahasia untuk salah satu bedroom di dalam rumah.


Tips dari CASA Indonesia: desain pintu geser bisa disamakan dengan pintu lemari untuk kamuflase


Foto teaser: livingpursuit,com