Orchard Road, Singapura lebih dikenal sebagai surga bagi penggemar belanja. Kini semakin meramaikan kompleks perbelanjaan ini adalah Design Orchard, rumah bagi sekitar enam puluh brand lokal asal Singapura. 

Bangunan ini merupakan program dari pemerintah Singapura, yaitu Enterprise Singapore, Jurong Town Corporation (JTC), dan Singapore Tourism Board (STB) sebagai upaya untuk memberikan ruang komunitas bagi brand lokal.




Aerial View Design Orchard / onedash22 / WOHA Architects

Aerial View Design Orchard / onedash22 / WOHA Architects


Design Orchard menyediakan retail space di lantai satu, incubation space bagi para enterpreneur yang tengah merintis brand atau startup di lantai dua, dan terakhir rooftop garden yang berfungsi sebagai ruang publik.


Urban Amphitheater Design Orchard / Shop Design Orchard

Urban Amphitheater Design Orchard / Shop Design Orchard


Incubation space diberi nama The Cocoon Space yang dioperasikan oleh The Textile and Fashion Federation Singapore (Taff) yang akan mengayomi desainer independen dan pemilik bisnis lini mode dengan menyediakan coworking space.


Tampak Samping Design Orchard / WOHA Architects

Tampak Samping Design Orchard / WOHA Architects


Dengan luas sekitar delapan ribu meter persegi, retail space di lantai satu akan diisi oleh 60% lini fashion lokal bersama dengan produk perhiasan, home furnishing, dan produk makanan yang tentunya produk lokal juga. 







Mengusung desain berkonsep modern, WOHA Architects yang berkerjasama dengan Sunray Woodcraft Construction memadukan material concrete, kaca, timber, dan desain lansekap dalam perancangan Design Orchard.




Resmi dibuka pada 25 Januari 2019, kehadiran Design Orchard ini diharapkan dapat memberikan platform serta exposure yang lebih baik bagi para pengusaha lokal terutama di industri lini mode.


Foto Teaser: Tampak dari pintu masuk Design Orchard / JTC
Dok. onedash22, WOHA Architects, Shop Design Orchard