Apakah Anda merasa cat kamar tidur Anda sekarang terasa monoton dan ingin menghadirkan suasana baru?

Penggunaan wallpaper dapat dijadikan salah satu solusi. Namun, pemilihan motif juga harus disesuaikan dengan fungsi ruang dan karakter sang penghuni. Beda ruang, tentu akan beda motif wallpaper. Tentu akan terasa aneh jika Anda memasang wallpaper bergambar kartun di ruang tamu, bukan?




Langkah Awal untuk Memilih Wallpaper


Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ruangan apa yang akan dipasang wallpaper. Kemudian, apakah semua dinding akan dilapisi wallpaper atau hanya sebagian saja. Selain berkaitan dengan budget, efek penggunaan wallpaper akan terasa berbeda saat Anda mengaplikasikan di satu atau empat dinding.

Jika wallpaper yang dipilih memiliki warna yang gelap atau motif yang ramai, secara otomatis ruangan Anda akan terlihat mengecil dari aslinya. Mungkin tidak akan drastis, tergantung warna dan motifnya. Maka, pilih dengan cermat.



Baca juga: 6 Tips Memilih Wallpaper dan Cat Dinding Interior Rumah


Sebelum Anda menemukan inspirasi wallpaper dinding di bawah ini, CASA Indonesia juga ada tips singkat supaya wallpaper awet. Setelah Anda menentukan ruangan yang akan dipasang wallpaper, pastikan permukaan dindingnya rata dan tidak lembap. Bahan dasar wallpaper bermacam-macam, seperti kertas, vinyl, kain, grass cloth, foil, dan plastik.

Untuk yang berbahan dasar kertas, produk ini tidak tahan air maka perlu perawatan ekstra. Jika terkena debu, gunakan lap kering atau kemonceng. Sedangkan untuk wallpaper berbahan dasar vinyl atau akrilik, hindari kontak dengan alat pembersih abrasif dan spons kasar, karena akan merusak permukaannya.


25 Motif Wallpaper Dinding Kamar dan Tips Perawatannya

Cozy Decoration


Berbagai Inspirasi Motif Wallpaper untuk Kamar Anda


Mari ke tahap berikutnya, yaitu menemukan inspirasi motif wallpaper untuk master bedroom, kamar anak, hingga guest bedroom. Temukan juga tips dari CASA Indonesia untuk setiap kategori.


Wallpaper untuk Master Bedroom yang Elegan


Kamar tidur adalah tempat pertama dan terakhir yang kita gunakan sehari-hari untuk beristirahat dan bersiap-siap mengawali aktivitas. Warna dipercayai dapat memancarkan energi yang mempengaruhi mood dan aktivitas manusia. Untuk master bedroom, aplikasikan wallpaper dengan warna-warna lembut yang memberikan kesan santai.

Pemilihan warna yang senada dengan interior rumah juga membuat wallpaper menyatu dengan desain rumah.


Wallpaper untuk Master Bedroom yang Elegan

Tapisserie Black karya Nina Farre / Devon&Devon


Wallpaper untuk Master Bedroom yang Elegan

@goodrich_global

Tips dari CASA Indonesia: Pilih nuansa biru untuk ruang tidur, karena warna biru mampu menampilkan suasana yang menenangkan sehingga tidur bisa terasa nyenyak.

Jika Anda memiliki rumah bernuansa klasik dengan aksen berupa profil dinding, warna cokelat terlihat manis di sekeliling dinding Anda. Karena cokelat termasuk earthy tone, maka pilih bed linen berwarna kontras seperti biru atau hijau terang. Pilih furnitur berwarna putih, agar memberikan nuansa segar di sudut kamar. 


Wallpaper untuk Master Bedroom yang Elegan
@goodrich_global



The Sofa and Chair Company


Baca juga: 21 Ide Wallpaper Dinding Rumah Sesuai Karakter Anda


Wallpaper untuk Kamar Tidur Anak yang Menggemaskan dan Edukatif


Hadirkan wallpaper dengan motif-motif yang edukatif untuk kamar anak. Inspirasi desain kamar anak bisa dilihat dari kehidupan anak sehari-hari. Karakter ruangan bisa didapat dari tema yang disukai oleh anaknya dan diterapkan dengan maksimal, misalnya scandinavian atau beach feel.

Selain itu, bisa juga menghadirkan grafis binatang kesukaan anak Anda, misal desain headboard berbentuk kucing. Cermati juga, adakah karakter dari film yang sedang ia sukai.

 Wallpaper untuk Kamar Tidur Anak

@gabiwork


Wallpaper untuk Kamar Tidur Anak

@gabiwork

Tips dari CASA Indonesia: Untuk ruang bermain anak, gunakan warna cerah dan motif yang lucu, karena secara psikologis mampu menambah keceriaan si buah hati. Untuk kamar tidur, disarankan aplikasikan di satu area saja atau jangan terlalu banyak, karena sewaktu-waktu mereka akan bosan atau beralih selera.

Sediakan dinding tumbuh. Dinding tumbuh maksudnya adalah sediakan satu dinding kosong yang dijadikan wall of fame si kecil, misalnya untuk menaruh gambar-gambar, poster superhero kesayangannya, atau pun foto bersama teman-teman sekolahnya.




Baca juga: Tips Merancang Kamar Tidur Anak Agar Tidur Nyenyak



Wallpaper untuk Kamar Tidur Remaja


Berbeda dengan anak-anak, wallpaper kamar tidur untuk remaja mulai menggunakan motif yang netral, seperti motif batu bata, unsur geometris, gambar bangunan, atau polkadot kecil. Karena para remaja sudah dapat memilih barang dengan seleranya masing-masing, maka libatkan mereka saat pemilihan motif dan warna wallpaper. 


Wallpaper untuk Kamar Tidur Remaja

Wallpaper Sekata Living, desainer interior oleh Iwan Sastrawiguna



Tips dari CASA Indonesia: Padukan wallpaper dengan gorden dan bed covering yang senada. Remaja punya energi yang besar dan aktif, maka disarankan memilih tone warna yang lebih lembut untu meredamnya.


Wallpaper untuk Kamar Tidur Remaja

Lokho Collection / Goodrich Global


Wallpaper untuk Kamar Tidur Remaja

Design Sponge


Wallpaper untuk Guest Bedroom Keluarga dan Kerabat


Masing-masing orang memiliki sudut pandang estetika yang berbeda, untuk itu aplikasikan wallpaper dengan motif-motif netral yang disukai banyak orang. Umumnya, warna yang cocok untuk guest bedroom adalah abu-abu, putih, atau cokelat. Ini warna netral yang paling aman dan umum digunakan orang. 


Wallpaper untuk Guest Bedroom Keluarga dan Kerabat

@zantob_pelopor

Tips dari CASA Indonesia: Untuk memberikan aksen pada kamar tidur, gunakan bunga atau pajangan berwarna terang, seperti kuning atau merah. Tambahkan juga lukisan untuk menambah kesan hidup dalam kamar tidur tamu.



Wallpaper untuk Guest Bedroom Keluarga dan Kerabat
@sekataliving

Wallpaper untuk Guest Bedroom Keluarga dan Kerabat
@zantob_pelopor

Wallpaper Bernuansa Alam yang Menyengarkan


Untuk kesan yang agak berbeda, Anda dapat menggunakan wallpaper dengan motif-motif bernuansa alam. Selain memberikan kesan segar, motif ini juga membuat suasana rumah menyatu dengan alam.


Wallpaper Bernuansa Alam yang Menyengarkan

@sunnycirclestudio


Wallpaper Bernuansa Alam yang Menyengarkan
@leclairdecor

Tips dari CASA Indonesia: Karena motif bunga, daun, ataupun pohon sudah cukup ramai, disarankan diaplikasikan pada satu dinding saja sebagai aksen. Untuk tembok lain, bisa menggunakan cat tembok berwarna netran (putih atau cream) atau wallpaper bermotif polos.


Wallpaper Bernuansa Alam yang Menyengarkan

@motiffliving


Wallpaper Bernuansa Alam yang Menyengarkan

@leclairdecor

Wallpaper Dinding Minimalis


Wallpaper minimalis adalah motif yang paling pilihan favorit untuk kamar tidur. Karakter dari wallpaper minimalis adalah menggunakan satu hingga dua palet warna saja, tidak mengandung motif yang rumit atau ramai, berunsur geometris seperti garis, kotak, atau polkadot. Selain memberikan kesan luas, wallpaper dengan motif minimalis membuat suasana ruangan lebih bersih.


Wallpaper Dinding Minimalis
Genius Loci / Fernando Gomulya / CASA Indonesia

Wallpaper Dinding Minimalis
Loji Design Studio / @lojidesignstudio


Tips dari CASA Indonesia: Untuk kamar tidur minimalis yang berukuran kecil, disarankan menggunakan wallpaper berwarna terang agar tidak terlihat sempit. Tambahkan cermin karena mampu menghadirkan ilusi yang membuat kamar Anda menjadi terlihat luas berkat refleksinya.


Wallpaper Dinding Minimalis

Etsy


Wallpaper Dinding Minimalis


Teks oleh Edwin Hartanto dan Raisa B. Ranti
Foto teaser: Shibori 
Fusion Collection dari Zantob / @zantob_pelopor