Jika berbicara tentang destinasi pantai di Indonesia, rasa-rasanya Malang sangat jarang terbesit di kepala. Namun siapa sangka bahwa Malang memiliki banyak pantai indah yang patut untuk dikunjungi. CASA Indonesia telah merangkum beberapa lokasi pantai di Malang yang bisa jadi destinasi wisata Anda untuk liburan berikutnya.


1. Pantai Sipelot




Berlokasi di selatan kota Malang, nama Pantai Sipelot masih belum sering terdengar. Meskipun begitu, sarana dan prasarana seperti toilet dan lahan parkir sudah tersedia di kawasan pantai ini.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@robi.vs


Ombaknya yang cukup besar membuat pantai ini tidak aman untuk berenang, namun Anda bisa nikmati matahari terbenam, serta mengunjungi coban (air terjun) yang ada di sebelah barat pantai ini.


2. Pantai Licin


Dari keunikan namanya saja, Pantai Licin sudah mengundang penasaran. Kata “licin” diambil tidak hanya letaknya yang ada di Desa Licin, namun karena banyaknya vegetasi lumut di sekitar pantai yang membuatnya licin.





Selain itu, pasir pantai di sini berwarna hitam berkat residu dari semburan gunung Semeru yang membuatnya makin eksotis.


3. Pantai Balekambang


Pantai Balekambang yang berjarak 60 kilometer dari kota Malang ini sudah sangat terkenal. Bahkan, pantai ini disebut sebagai Tanah Lot-nya Malang.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@rbrtriwantono


Sebutan itu hadir karena ada Pura Amerta Jadi di Pulau Ismoyo yang jaraknya tidak jauh dari bibir pantai. Pengunjung pun dapat memasuki kawasan pura berkat jembatan yang dibangun oleh warga setempat.


4. Pantai Ngliyep


Di Desa Kedungsalam atau tepatnya 63 kilometer dari pusat kota Malang, terdapat pantai dengan pasir putih, air laut biru kehijauan dengan ombak tinggi, serta karang-karang besar. Pantai tersebut dikenal dengan nama Ngliyep.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@didin_emelu


Untuk masuk kawasan pantai ini, pengunjung diwajibkan untuk bayar retribusi sebesar 15.000 rupiah. Di dekat pantai terdapat Gunung Kombong yang konon katanya merupakan tempat persembahan untuk Ratu Laut Selatan.


Baca juga: 9 Destinasi Wisata di Malang yang Wajib Anda Kunjungi!


5. Pantai Batu Bengkung


Pantai Batu Bengkung tidak kalah unik dengan pantai-pantai lainnya di kawasan Malang. salah satu pantai di kawasan Malang ini terlihat eperti diapit oleh dua karang raksasa dan jika saatnya air laut pasang.



Karang tersebut berubah menjadi telaga dan bisa dijadikan tempat bermain air yang aman. Dengan menghadap ke barat, pantai ini cocok untuk nikmati sunset dengan membayar 5.000 rupiah sebagai tiket masuk.


6. Pantai Watu Leter


Jika berkunjung ke Pantai Leter, Anda dapat menemukan penangkaran penyu abu-abu di sana. Ombaknya yang tenang serta pasir yang lembut memungkinkan untuk penyu berkembang biak di pantai ini.



Berlokasi di Dusun Rowotrate, pantai ini masih sepi akan pengunjung. Jika Anda berkunjung, jangan lupa jaga kelestarian pantai untuk penyu-penyu di sana.


7. Pantai Goa Cina




Pantai ini menawarkan pemandangan laut lepas yang menarik. Tidak jauh dari bibir pantai terdapat tiga pulau karang yang selalu diterjang ombak besar, memberikan pengalaman indah sesaat menikmati kelestarian alam di pantai ini.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@irwans_25


Sebab itu, Pantai Goa Cina menjadi salah satu destinasi pantai favorit di kawasan Malang.


8. Pantai Jonggring Saloka


Di pantai ini, Anda akan dapat menemukan fenomena alam yang menakjubkan. Di Pantai Jonggring Saloka pengunjung bisa menyaksikan semburan air yang keluar dari sela-sela karang.




Masyarakat sekitar menyebutnya dengan watu ngebros. Hal ini terjadi karena tekanan dari pertemuan antara ombak Laut Selatan dan Laut Utara.


9. Pantai Mbehi


Letaknya yang berada di dalam hutan lindung, membuat Pantai Mbehi masih belum dikenal banyak orang. Namun dengan begitu, keindahan alami dari pantai ini masih tetap terjaga.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@chisania


Namun bagi yang penasaran, Anda bisa kunjungi Desa Sumberbening yang berjarak 66 kilometer dari pusat kota Malang.


10. Pantai Modangan


Pantai Modangan merupakan destinasi wisata pantai favorit di Malang. Sarana dan prasarana yang memadai memudahkan para pengunjung saat datang bermain di pantai ini.



Selain itu, di sisi timur pantai ada bukit kecil yang memiliki spot foto dengan pemandangan laut lepas. Lokasi pantai ini berada di perbatasan Malang dan Blitar, tepatnya di Dusun Kalitekuk.


Baca juga: 10 Hotel Baru di Ubud yang Tawarkan Pengalaman Menarik


11. Pantai Kondang Buntung


Mengelilingi hutan bakau dengan mengendarai perahu kecil menjadi daya tarik dari Pantai Kondang Buntung.



Perahu tersebut akan mengitari sungai jernih yang berada di tengah-tengah kawasan hutan yang dengan harga 25.000 rupiah. Namun, jika Anda lebih memilih mengitarinya dengan berjalan kaki, tersedia jalan setapak yang layak.



12. Pantai Tiga Warna 


Sesuai dengan namanya, pantai ini memancarkan gradasi warna dari air lautnya. Warna yang bisa anda lihat adalah biru, hijau, hingga warna kemerahan pada pasirnya.


12 Pantai di Malang yang Wajib Dikunjungi

@arnikmlsr


Pantai di kawasan Malang ini juga memiliki konservasi hutan mangrove. Oleh karena itu, jika ingin mengunjunginya, Anda perlu melakukan reservasi kepada pihak terkait untuk menjaga kelestarian hutan mangrove-nya. 


Foto teaser: dok. @rbrtriwantono