Apakah Anda menyaksikan debat Capres pada tanggal 17 Februari lalu? Pada debat Capres putaran kedua yang lalu, istilah "Start-up Unicorn" mencuat. Terdapat empat start up Unicorn di Indonesia, siapa sajakah yang termasuk Unicorn Indonesia? Nama-nama perusahaan tersebut adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.. Start up unicorn adalah julukan bagi perusahaan start up yang memiliki nilai perusahaan mencapai 10 milyar rupiah.  Dengan julukan tersebut, tentu perusahaan-perusahaan ini memerlukan kantor yang luas dan juga nyaman. Penasaran? Mari intip desain interior kantor dari start-up unicorn di Indonesia.


1. Go-Jek Indonesia








Go-Jek Indonesia memiliki nilai Valuasi mencapai 40 trilyun rupiah dan menduduki peringkat kedua di ranking unicorn Indonesia. Kantor Go-Jek yang terletak di kawasan Blok M dirancang oleh Domisilium Studio, biro desain interior asal Indonesia yang dimiliki oleh Santi Alaysius dan Hamphrey Tedja. Nuansa kantor ini dirancang dengan nuansa warna yang alam, mulai dari pilihan furnitur, karpet, hingga elemen dinding. Konsep open space juga diusung sebagai bentuk desain kantor yang modern dan kekinian.




2. Tokopedia


Tokopedia


Tokopedia meduduki peringkat pertama sebagai start up unicorn company di Indonesia dengan nilai mencapai 50 trilyun rupiah. Lokasi di kawasan Slipi Dirancang oleh Design Intervention, kantor ini dirancang dengan konsep open office, sehingga tidak ada batasan antar para employee. Dominasi warna hijau menyelaraskan dengan warna utama brand Tokopedia.




Tokopedia

3. Bukalapak


Bukalapak


Bukalapak merupakan start up unicorn Indonesia yang paling baru dan berada di posisi keempat dengan valuasi senilai 15 trilyun rupiah. Berlokasi di daerah Kemang Timur, kantor ini memiliki fasilitas olahraga, seperti mini gym dan game room yang membantu mengurangi penat.


Bukalapak


4. Traveloka



Traveloka berada di peringkat ketiga dengan investment valuation sebesar 26 trilyun rupiah. Sama seperti kantor Tokopedia, kantor Traveloka dirancang oleh Design Intervention. Dengan palet warna yang lebih maskulin, kantor yang berlokasi di kawasan Slipi memiliki desain yang unik. Bagian reception dibuat layaknya hidung pesawat terbang dan di bagian dalam terdapat lemen interior yang menyerupai badan pesawat terbang.




Foto teaser: dok. Domisilium Studio
Sumber foto: dok. Domisilium Studio, Traveloka, Bukalapak, Perspektif Indonesia