Pertama kali hadir di tahun 2017, Mirage, instalasi seni berbentuk rumah bergaya California Ranch House yang dilapisi cladding cermin karya Doug Aitken dibangun di atas pegunungan San Jacinto, California. Setelah sukses dengan percobaan pertamanya, instalasi tersebut dipindah ke dalam bekas bangunan bank daerah Detroit pada awal oktober 2018 dan berakhir di awal Februari 2019.


Mirage, Rumah Cermin yang Dibangun di atas Gunung Salju




Dengan berakhirnya masa tersebut, kali ini Mirage dibangun di atas gunung bersalju, tepatnya di Gstaad, Swiss. Cladding cermin yang digunakan Aitken pada instalasi ini bermaksud untuk membuat Mirage menyatu dengan lansekap sekitar dengan cara memantulkan gambar yang tercipta alami dari lingkungannya.


Baca juga: Rumah Kaca yang Refleksikan Kedamaian di Tengah Hutan


Mirage, Rumah Cermin yang Dibangun di atas Gunung Salju




Baca juga: Inspirasi Rumah Tropis di Pantai dari Beton Ekspos


Tidak hanya bagian luar, di dalam bangunannya pun dipenuhi dengan cermin-cermin yang menjadikan Mirage layaknya rumah cermin yang biasa ditemukan di theme park. Dilansir dari Dezeen, ide bangunan ini hadir berkat pemikiran Frank Lloyd Wright tentang bagaimana bangunan arsitektur harus menyatu dan menjadi bagian dari lingkungannya. Selain itu, rencananya bangunan Mirage akan terus berada di pegunungan Gstaad selama dua tahun.


Mirage, Rumah Cermin yang Dibangun di atas Gunung Salju


Sumber foto & foto teaser: Stefan Altenburger / dok. Doug Aitken