Mengikuti perkembangan zaman, Yogyakarta sebagai kota yang teguh memegang aspek budaya Jawa yang kental, ternyata memiliki tempat-tempat dengan sentuhan modern di beberapa sudut kotanya. CASA Indonesia menemukan beberapa kafe di Jogja berkonsep masa kini, nyaman, dan instagrammable.


1. Mezzanine Eatery and Coffee





Terletak di Utara kota Jogja, kafe ini memiliki bangunan menyerupai rumah kaca. Meskipun hadir dalam konsep terbuka, ternyata atmosfer panas hampir sama sekali tidak terasa pada bagian dalam. Interior yang dihias indoor plants mampu memberi kesan asri di lokasi yang sejuk. 


2. Roaster and Bear


Roaster and Bear di jogjakarta

Roaster and Bear


Sesuai dengan namanya, Anda akan melihat elemen-elemen interior bertemakan beruang, seperti mural serta lukisan di dalam kafe ini. Lokasinya yang strategis, dekat dengan Tugu Yogyakarta membuat tempat ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Jogja dan wisatawan.


3. Ekologi Coffee & Co-Working Space


Ekologi Coffee & Co-Working Space

Ekologi Coffee & Co-Working Space


Tempat ini merupakan kafe yang sekaligus menjadi Co-Working Space pertama di Jogja. Aksesnya yang mudah, melalui Ring Road Utara, serta dekat dengan UGM membuat kafe ini diminati oleh young adults. Dengan interior berkonsep tropis modern menambah kesan sophisticated pada bangunannya.


Baca juga: 10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta


4. Blanco Coffee & Books


Blanco Coffee & Books

Blanco Coffee & Books


Kafe di Jogja ini hadir dengan konsep library. Bagi yang gemar membaca tempat ini pasti sangat pas untuk memberi nuansa baru pada kegiatan favorit Anda. Meskipun letaknya di tengah kota, para pengunjung tetap dapat mendapatkan suasana tenang ketika menikmati kopi di sini.


5. Cafe Brick


Cafe Brick

Cafe Brick


Sesaat berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasa suasana yang berbeda dari kota Jogja biasanya. Kafe ini dibangun untuk mereka suasana bersantai di pinggiran kota London. Bangunan klasik Inggris yang didominasi batu bata merah serta bentuk jalan di sekitar yang dapat membawa Anda mengingat scene film favorit dengan latar Ibukota Inggris.


6. Awor Galeri & Kopi


Awor Galeri & Kopi

Awor Galeri & Kopi


Menyesap kopi sambil menikmati karya seni fotografi di pagi hari bisa Anda lakukan di kafe ini. Konsep galeri dan coffee shop dibalut dengan interior dominasi warna putih bergaya minimalis modern menghadirkan kesan luas dan rapi. Lokasinya sangat dekat dari UGM jadi tidak akan kesulitan jika berkunjung ke Jogja.




7. Lantai Bumi



Dinding beton ekspos mengungkap gaya minimalis modern yang diusung oleh kafe favorit di Jogja ini. Interior tersebut menghadirkan nuansa sejuk yang membuat cocok unuk menikmati kopi bersama teman-teman. Berada di kabupaten Sleman, jarak menuju ke kafe ini tidak terlalu jauh dari Stasiun Tugu Yogyakarta.


8. Nox Coffee Boutique



Di antara banyaknya bangunan kafe modern di Jogja, tempat ini hadir dalam bangunan bergaya Mid-century. Perbedaan konsep dan nuansa bangunan yang berkesan hangat tersebut membuat kafe ini memiliki daya tarik tersendiri untuk para penggemar kopi. Lokasinya yang dekat dengan Jalan Kaliurang, menjadikan tempat bersantai favorit untuk para dewasa muda.


9. Living Space Cafe




Kafe bergaya industrialis ini sangat cocok untuk merepresentasikan semangat muda yang dinamis. Letaknya yang dekat dengan salah satu kampus negeri di Jogja, seakan mengakomodir kebutuhan masyarakatnya yang membutuhkan nuansa cerah dan asupan kafein untuk temani menyelesaikan tugas dan pekerjaan.


Baca juga: Menyusuri Prawirotaman: Destinasi Masa Kini Yogyakarta


10. Epic Coffee


Epic Coffee di Jogja

Epic Coffee


Bangunan utama dari kafe ini berbentuk seperti rumah kaca, namun jika sedang cerah Anda bisa nikmati kopinya di area taman yang penuh dengan tumbuhan hijau. Suasana nyaman yang asri membuat para penikmat kopi senang berlama-lama untuk menghabiskan waktu di sini.


11. Le Travail




Bangunan modern minimalis pada tempat ini menawarkan Anda kebebasan untuk sekadar pesan kopi lalu pergi atau hang out di dalam kafe berdinding batu bata ini. Ukurannya yang tidak terlalu luas, membuat kafe modern di Jogja yang terletak di kawasan Condongcatur ini mampu hadirkan kesan hangat sesaat bercengkrama bersama kawan.


12. English Ivy Coffee



Berkunjung ke kafe ini, Anda akan menikmati pemandangan hamparan lahan hijau yang luas, Lansekap tersebut membatu untuk hadirkan kesan asri dan sejuk yang menemani sesapan kopi favorit di pagi hingga sore hari. Anda bisa temukan tempat ini di kawasan Condongcatur, Jogja.


Foto teaser: dok. Epic Coffee