Panggung Academy Awards ke-91 yang sedang berlangsung menjadi perbincangan karena dianggap menyerupai rambut dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Namun tahukah Anda bahwa desain panggung ini ternyata memiliki konsep yang berbeda dari intepretasi orang banyak, yaitu awan. Untuk tahu lebih lanjut tentang perancangan desain panggung Oscars 2019, mari ketahui terlebih dahulu lokasi dan sejarah teater ini.


Fakta Unik di balik Panggung Piala Oscars 2019



Panggung Piala Oscars 2017


Penghargaan Oscars 2019 diselenggarakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California. Dolby Theatre pertama kali diresmikan pada tahun 2001 dengan nama Kodak Theatre lalu berganti nama 2012. Sejak berdirinya bangunan tersebut, Dolby Theatre selalu menjadi rumah untuk perhelatan malam penghargaan Academy Awards atau yang lebih dikenal sebagai Piala Oscars sejak tahun 2002 hingga saat ini.


Fakta Unik di balik Panggung Piala Oscars 2019

Fasad Dolby Theatre di Hollywood


Dirancang oleh David Rockwell dan menghabiskan dana sebesar USD 94.000.000, gedung teater ini memiliki lima buah lobby. Setiap lobby memiliki tangga spiral dan dinding yang dihias dengan ornamen untuk memeringati para pemenang Best Picture terdahulu. Area panggung utama memiliki panjang seluas 50 meter dan lebar mencapai 20 meter.



Interpretasi bentuk awan pada panggung Piala OScars 2019


Panggung gelaran ke-91 dari malam Piala Oscars kali ini didesain oleh David Korins yang bekerja sama bersama Swarovski. Kolaborasi tersebut menghadirkan konsep desain berupa awan berhias 41.000 kristal yang memantulkan cahaya untuk menghasilkan efek yang mewah dan megah. Pembuatan kristal tersebut memakan waktu hingga 2.100 jam yang dikerjakan sebanyak 15 orang.





Behind the scene pembuatan kristal untuk panggung


Konsep bertema alam tersebut diseimbangkan oleh Korins melalui kehadiran 40.000 mawar di area panggung utama. Selain itu, terdapat relaxing area untuk para talent bernama green room bertema akuarium hasil kolaborasi bersama Rolex.



Green room akuatik kolaborasi Rolex





Foto teaser: dok. David Korins
Sumber foto: dok. Dolby Theatre, David Korins, Rolex / Bart Michaels, Swarovski