Jogja merupakan daerah yang menjadi destinasi wisata populer bagi berbagai kalangan. Pusat kota yang menawarkan atraksi wisata tentang budaya Jawa yang masih dianut hingga saat ini. Selain itu, terdapat peninggalan candi-candi sebagai bukti kejayaan kerajaan di masa lampau, serta pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta.


CASA Indonesia telah menyiapkan daftar pantai-pantai terbaik di Jogja untuk dikunjungi. Namun, sebagai catatan, pantai di kawasan selatan Yogyakarta terkenal dengan ombaknya yang besar, maka sangat dianjurkan untuk tidak berenang meskipun di beberapa kawasan juga memiliki gelombang yang tenang.




1. Pantai Wediombo


Jika Anda gemar berselancar, Pantai Wediombo bisa jadi pilihan yang baik kala berkunjung ke Jogja. Pantai di daerah selatan ini memiliki ombak yang besar dan stabil. Namun hati-hati, karena pantai ini terbentuk dari gugusan karang, maka banyak karang-karang kecil. Selain itu, hembusan angin di sini cukup kencang namun membawa hawa sejuk, sehingga membuat betah untuk menikmati matahari terbenam.


Pantai Wediombo


2. Pantai Drini


Pantai di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki keunikan di antara pantai lainnya di kawasan tersebut. Orang-orang sekitar dan wisatawan menamai Pantai Drini dengan sebutan pantai dua wajah. Hal tersebut bisa dibuktikan ketika Anda berada di barat pantai, terdapat banyak kapal nelayan yang berlabuh. Di timur, pantai ini memiliki laguna kecil yang asri, dengan rumput laut yang subur.


Pantai Drini

Pantai Drini / @tiaraaff


Baca Juga: 10+ Kafe Jogja yang Nyaman dan Instagrammable


3. Pantai Timang


Pantai Timang menawarkan cara menikmati keindahan alam yang berbeda dari pantai-pantai Jogja lainnya. Berlokasi di Gunungkidul, Anda akan menemukan gondola tradisional dan jembatan gantung yang bisa digunakan untuk menyebrang ke pulau karang kecil di seberang. Namun, untuk menuju ke sini, pengunjung perlu melewati medan yang terjal dan menantang.


Pantai Timang

Pantai Timang / @_aaaallll


4. Pantai Krakal


Pantai di selatan Jogja ini memiliki garis bentang paling panjang di antara pantai tetangganya. Dengan ketinggian ombak yang dinilai pas untuk surfing. Pantai Krakal seakan menjadi surga untuk para peselancar. Akses menuju ke bibir pantai juga sangatlah mudah, lantas membuatnya menjadi pantai favorit di Jogja untuk para traveler dalam beberapa tahun ke belakang.


Pantai Krakal


5. Pantai Ngobaran


Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam melalui pemandangan Laut Jawa Selatan yang biru, tetapi tebing-tebing di sekitarnya menambah kesan eksotis dan secluded. Berada di kawasan Gunungkidul, pantai Ngobaran juga terkenal karena bangunan pura di sekitar yang memang digunakan untuk ritual agama. Bagi para pengunjung tentu seakan merasa datang ke suatu pantai di Bali.


Pantai Ngobaran


6. Pantai Greweng


Untuk sampai ke Pantai Greweng, para wisatawan diharuskan menuruni bukit yang melewati rumah warga, sawah, serta perkebunan. Selain itu, jalan setapak yang ada menambah ketegangan dan kesan adventure untuk mencapai tujuannya. Namun, sesampainya di sana, Anda akan merasa puas dengan pemandangan yang didapat. Pasir putih bersih dan luas seakan memberi isyarat untuk lama-lama bersantai di sana, bahkan terkadang ada pelancong yang mendirikan tenda di sekitar sini.




Pantai Greweng

Pantai Greweng / @mldyasa


7. Pantai Baron



Pantai Baron menjadi salah satu destinasi pantai favorit para turis domestik maupun mancanegara. Keindahan pantai ini hadir berkat kondisi geografisnya diapit oleh dua bukit karang yang menghadirkan suasana sejuk, serta terhamparnya pasir putih menambah keindahan pantai. Anda juga bisa melihat barisan perahu nelayan yang parkir di sini, tentu bisa jadi momen baik untuk diabadikan


Pantai Baron
Pantai Baron / @husnaindika


8. Pantai Glagah


Beralih ke kawasan Kulonprogo, ternyata ada pantai yang tidak kalah terkenal dari pantai-pantai di Gunungkidul. Pantai Glagah ini terkenal karena dihiasi tetrapod sampai ujung jalan sebagai pemecah ombak Laut Jawa Selatan yang besar. Selain itu terdapat laguna yang terbentuk dari cekungan karang berkat hempasan ombak untuk anak-anak bermain air.


Pantai Glagah


Baca juga: 10 Tempat Wisata Bersama Anak di Yogyakarta


9. Pantai Pok Tunggal


Nama pantai ini diambil dari satu pohon atau pokok dalam bahasa Jawa yang tumbuh di pinggir pantai. Jumlahnya yang hanya satu menjadikan pantai ini bernama Pok Tunggal. Menurut warga sekitar keunikan pohon ini ternyata membawa berkah baik, oleh karena itu masyarakatnya sangat menjaga pohon ini dengan baik. 


Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal / @mrkb_id


10. Pantai Parangtritis


Mendengar nama Pantai Parangtritis tentu tidaklah asing. Terletak di kawasan Bantul, usut punya usut pantai ini memiliki hubungan erat dengan Gunung Merapi di utara dan Keraton Yogyakarta yang berada di pusat kota. Jika melihat pada peta, pantai ini menarik garis lurus menyentuh keraton dan Merapi dari selatan ke utara.


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis / @fadilamichelia


11. Pantai Jogan


Jika Anda ingin melihat air terjun yang berada di bibir pantai, tentu Pantai Jogan merupakan destinasi yang harus dituju. Air terjun setinggi 10 meter ini berasal dari perbukitan yang berada di sebelah utara pantai. Hawa panas pantai akan terbayarkan dengan kesejukan dari cipratan air terjun tersebut.


Pantai Jogan

Pantai Jogan / @ignoranteye


12. Pantai Wohkudu


Pantai Wohkudu yang ada di kawasan Gunungkidul ini masih bisa dibilang sebagai best kept secret. Lokasinya yang tersembunyi di antara bukit karang dan memiliki kontur tanah yang datar dan keras membuat pantai ini jadi spot favorit untuk berkemah berkat pemandangan laut biru yang luas.



Pantai Wohkudu


Foto teaser: dok. @mldyasa