Dalam sebuah hunian dengan berbagai konsep yang diusung, pintu tergolong bagian kecil dari sebuah bangunan namun menjadi sangat penting karena berhubungan akses dan mobilitas penghuninya. Oleh karena itu, menjadi penting untuk memperhatikan dengan cermat seputar pilihan pintu rumah. Bukan hanya dari sisi desain, akan tetapi kualitas bahan yang digunakan juga menjadi bahan pertimbangan.

Jika dibandingkan dari sisi klasik, sisi eksterior, dan kualitas hingga ketahanan, banyak orang yang cenderung memilih pintu dengan bahan kayu. Bahkan para spesialis dan profesional untuk pintu akan merekomendasikan pintu kayu dengan jenis kayu yang berkualitas.

Bagaimana dari sisi desain pintu kayu? Sebenarnya hal tersebut bisa disesuaikan mengikuti gaya arsitektur rumah dan hunian Anda. Mengutip dari berbagai sumber, AlaCASA punya ide dan inspirasi pintu kayu untuk beragam konsep hunian Anda.


1. Pintu Gerbang dengan Gaya Industrial

Gaya industrial merupakan konsep desain rumah yang menitiberatkan pada kesan alami karena banyak menggunakan material dari kayu dan logam.

Belakangan, gaya industrial yang menggunakan material kayu menjadi populer. Bahkan para arsitek kini mulai menerapkan gaya arsitektur ini untuk model pintu gerbang. Menggunakan papan kayu yang disusun secara horizontal digabung dengan balok-balok logam dalam rangkanya. Jika hunian Anda memiliki banyak ruangan privasi, model pintu kayu ini bisa dipakai.


Gerbang dengan Gaya Industrial


2. Pintu Kayu Model Double Swing Sederhana

Pintu dengan model double swing dengan adanya pucuk di bagian atas yang melengkung dengan ukiran sederhana bisa jadi opsi untuk hunian Anda. Proses finishing-nya pun dibuat masih mempertahankan warna dan tekstur kayu aslinya. Jenis model pintu kayu ini, bisa digunakan untuk hunian yang cukup besar dan pengaplikasiannya sebagai pintu utama hunian sebagai akses utama sebelum menuju ruang tamu.


Model Double Swing Sederhana


3. Model Double Swing Modern

Pintu kayu dengan model ini akan membuat hunian terlihat kokoh dan mewah. Masih menggunakan model double swing ditambah dengan gagang pintu vertikal dengan bahan logam. Dekorasi dengan bentuk persegi dengan tambahan warna gelap dan mengilap cocok diaplikasikan untuk rumah-rumah berkonsep modern yang megah dan mewah.


Double Swing Modern
@pintu_jati_asli


4. Pintu Kayu Gaya Tradisional

Bagi para pecinta gaya arsitektur tradisional, tentu akan mempertimbangkan untuk menggunakan model pintu kayu yang satu ini. Selain tetap menggunakan warna asli dari kayu yang digunakan, biasanya ada tambahan ukiran-ukiran yang akan menambah kesan tradisional.


Pintu Kayu Gaya Tradisional

Pintu Kayu Gaya Tradisional/leilinorstudio


5. Variasi Pola pada Pintu Utama

Selain pintu gerbang, pintu kayu ini bisa juga diperuntukkan untuk pintu depan. Namun kali ini, penyusunan kayu dilakukan secara vertikal. Papan kayu memiliki tekstur berbeda sehingga ini membuat tampilannya akan semakin bervariasi sekalipun tahapan finishing menggunakan cara yang sama. Jenis pintu kayu ini biasanya digunakan untuk hunian dengan konsep minimalis.


Variasi Pola pada Pintu Utama
AlaCASA


6. Pintu Modern Minimalis

Menciptakan kesan desain hunian tidak selalu menampilkan tekstur asli si kayu tersebut. Pintu kayu bisa diberikan sentuhan dengan menambahkan warna-warna tegas, contohnya penggunaan warna biru tapi tetap kontras dengan konsep hunian bergaya modern minimalis.



AlaCASA


7. Pintu Bergaya Modern untuk Apartemen

Pernah melihat pintu kayu untuk apartemen yang memliki warna sama dengan warna cat dinding apartemen? Menyeragamkan warna cat pintu dengan interior akan memberikan kesan bersih dan teroganisir rapih. Selain itu, cara ini akan mewakili untuk Anda yang menyukai konsep hunian modern dan minimalis.


Pintu Kayu Bergaya Modern untuk Apartemen



Pintu Kayu untuk Apartemen/ink-designstudio.com


8. Pintu Klasik Minimalis

Contoh untuk jenis dan model pintu kayu klasik minimalis ini bisa disamakan dengan pintu-pintu kelas sekolah negeri. Namun untuk mempertegas kesan minimalis, pintu ini didesain lebih ramping dengan tambahkan bingkai atau kusen pintu yang diberi warna lebih gelap.


Pintu Klasik Minimalis

Pintu Klasik Minimalis/indrafirmansyaharchitects


9. Pintu Kayu Super Minimalis

Jika Anda memiliki konsep minimalis modern dengan luas ruang ruang tamu yang kurang luas, maka penggunaan pintu-pintu blok dari papan kayu yang berukuran lebar akan menjadi pendingin suasana. Pemilihan motif kayu pada lantai akan menambah kesan alami dalam konsep hunian tersebut.


Pintu Kayu Super Minimalis
AlaCASA


10. Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan

Desain pintu minimalis yang menggunakan kayu bisa jadi alternatif sebagai sekat untuk setiap ruangan yang ada dalam hunian Anda. Desainnya cukup simple, hanya menggunakan satu papan kayu besar tanpa motif dan engsel closed door untuk memudahkan akses setiap penghuni hunian tersebut.

Anda juga bisa menambahkan lubang di tengah pada bagian atas sekat ruangan tersebut. Selain sebagai penerangan tambahan, adanya lubang ini memberikan kesan ramah dan terbuka untuk siapa saja yang ingin masuk ke ruangan tersebut.


Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan
Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan/saraeinterior.id


11. Pintu Kayu Tematik untuk Kamar Anak

Tidak hanya untuk pintu gerbang, akses masuk utama pintu kayu juga bisa dipilih untuk kamar anak. Umumnya pintu kayu yang digunakan akan diwarnai sesuai selera si anak. Namun jika ingin tetap memperlihatkan kesan kayu tersebut, maka sisakan ruang dalam bagian pintu tersebut untuk dibiarkan.


Pintu Kayu Tematik untuk Kamar Anak

Pintu Kayu Kamar Anak/vikufurniture


12. Pintu Kayu untuk Dapur Modern

Biasanya area dapur merupakan ruangan terbuka dan luas untuk memudahkan setiap penghuni beraktivitas di ruangan tersebut. Namun ada sebagian konsep hunian dengan ruang dapur yang memiliki pintu. Jika demikian, pilihan pintu dapur salah satunya menggunakan kayu jika kabinet dan meja dapur menggunakan bahan yang sama.


Pintu Kayu untuk Dapur Modern
AlaCASA


13. Pintu Rangka Kayu untuk Kamar Mandi

Pintu kayu sebagai akses ruang kamar mandi, ternyata cocok dan bisa. Mungkin penempatan pintu tersebut sejauh sehingga tidak terkena air agar kayu tidak mudah lapuk. Meskipun bisa ditambahkan minyak tahan air berlapis-lapis. Untuk amannya, gunakan kayu sebagai rangka daun pintu saja. Sedangkan sebagai penutupnya, Anda bisa menggunakan kaca ataupun mika. Pastikan tidak tembus pandang ya!


Pintu Rangka Kayu
AlaCASA


14. Pintu Full Kayu untuk Kamar Mandi

Jika Anda tidak ingin dibuat sebagai rangka dan ingin menggunakan kayu full menjadi pintu kamar mandi. Pilih kayu dengan motif yang sama dengan dinding kamar mandi dan berwarna cerah. Pastikan lakukan proses finishing terbaik agar pintu kayu tahan lama.


Pintu Full Kayu untuk Kamar Mandi
AlaCASA

15. Pintu Kayu Cerah

Model pintu kayu bisa digunakan untuk pintu-pintu setiap ruangan di dalam ruang tamu. Untuk modelnya bisa sama dengan model pintu nomor nomor 5 yang menggunakan papa kayu dengan motif horizontal. Untuk pintu ini bisa menggunakan papan kayu berwarna cerah dengan tujuan mengimbangi nuasana redup di ruang keluarga. Selain itu ruangan keluarga akan mengubah kesan monoton menjadi lebih atraktif.


Pintu Kayu Cerah
@Kalyterastudio


Itulah 15 ide dan inspirasi penggunaan pintu kayu untuk berbagai konsep hunian. Mulai dari rumah dengan konsep tradisional hingga konsep modern minimalis pun bisa menggunakan pintu dengan bahan kayu.



Foto teaser: @ashariarchitect