Dalam sebuah hunian dengan berbagai konsep yang diusung, pintu tergolong bagian kecil dari sebuah bangunan namun menjadi sangat penting karena berhubungan akses dan mobilitas semua penghuninya. Oleh karena itu, menjadi penting untuk memperhatikan dengan cermat seputar pilihan pintu rumah. Bukan hanya dari sisi desain, akan tetapi kualitas bahan yang digunakan juga menjadi bahan pertimbangan.




Jika dibandingkan dari sisi klasik, dari sisi eksterior, kualitas hingga ketahanan banyak orang yang cenderung memilih pintu dengan bahan kayu. Bahkan para spesialis dan profesional untuk pintu akan paham benar jenis kayu apa yang berkualitas.


Bagaimana dari sisi desain pintu kayu? Sebenarnya hal tersebut bisa disesuaikan mengikuti gaya arsitektur rumah dan hunian Anda. Mengutip dari berbagai sumber, redaksi CASA Indonesia memberikan ide dan inspirasi pintu kayu untuk beragam konsep hunian Anda.


1. Pintu Gerbang dengan Gaya Industrial





Gaya industrial merupakan konsep desain rumah yang menitiberatkan pada kesan alami karena banyak menggunakan material dari kayu dan logam.


Belakangan, gaya industrial yang menggunakan material kayu menjadi populer. Bahkan para arsitek kini mulai menerapkan gaya arsitektur ini untuk model pintu gerbang. Menggunakan papan kayu yang disusun secara horizontal digabung dengan balok-balok logam dalam rangkanya. Jika hunian Anda memiliki banyak ruangan privasi, model pintu kayu ini bisa dipakai.


2. Pintu Kayu Model Double Swing Sederhana





Pintu dengan model double swing dengan adanya pucuk di bagian atas yang melengkung dengan ukiran sederhana bisa jadi opsi untuk hunian Anda. Proses finishing-nya pun dibuat masih mempertahankan warna dan tekstur kayu aslinya. Jenis model pintu kayu ini, bisa digunakan untuk hunian yang cukup besar dan pengaplikasiannya sebagai pintu utama hunian sebagai akses utama sebelum menuju ruang tamu.


3. Model Double Swing Modern





Pintu kayu dengan model ini akan membuat hunian terlihat kokoh dan mewah. Masih menggunakan model double swing ditambah dengan gagang pintu vertikal dengan bahan logam. Dekorasi dengan bentuk persegi dengan tambahan warna gelap dan mengilap cocok diaplikasikan untuk rumah-rumah berkonsep modern yang megah dan mewah.


4. Pintu Kayu Gaya Tradisional


Pintu Kayu Gaya Tradisional

Pintu Kayu Gaya Tradisional/leilinorstudio


Bagi para pecinta gaya arsitektur tradisional, tentu akan mempertimbangkan untuk menggunakan model pintu kayu yang satu ini. Selain tetap menggunakan warna asli dari kayu yang digunakan, biasanya ada tambahan ukiran-ukiran yang akan menambah kesan tradisional.


5. Variasi Pola pada Pintu Utama





Selain pintu gerbang, pintu kayu ini bisa juga diperuntukkan untuk pintu depan. Namun kali ini, penyusunan kayu dilakukan secara vertikal. Papan kayu memiliki tekstur berbeda sehingga ini membuat tampilannya akan semakin bervariasi sekalipun tahapan finishing menggunakan cara yang sama. Jenis pintu kayu ini biasanya digunakan untuk hunian dengan konsep minimalis.


6. Pintu Modern Minimalis





Menciptakan kesan desain hunian tidak selalu menampilkan tekstur asli si kayu tersebut. Pintu kayu bisa diberikan sentuhan dengan menambahkan warna-warna tegas, contohnya penggunaan warna biru tapi tetap kontras dengan konsep hunian bergaya modern minimalis.


7. Pintu Bergaya Modern untuk Apartemen


Pintu Kayu Bergaya Modern untuk Apartemen

Pintu Kayu untuk Apartemen/ink-designstudio.com


Pernah melihat pintu kayu untuk apartemen yang memliki warna sama dengan warna cat dinding apartemen? Menyeragamkan warna cat pintu dengan interior akan memberikan kesan bersih dan teroganisir rapih. Selain itu, cara ini akan mewakili untuk Anda yang menyukai konsep hunian modern dan minimalis.


8. Pintu Klasik Minimalis


Pintu Klasik Minimalis



Pintu Klasik Minimalis/indrafirmansyaharchitects


Contoh untuk jenis dan model pintu kayu klasik minimalis ini bisa disamakan dengan pintu-pintu kelas sekolah negeri. Namun untuk mempertegas kesan minimalis, pintu ini didesain lebih ramping dengan tambahkan bingkai atau kusen pintu yang diberi warna lebih gelap.


9. Pintu Kayu Super Minimalis





Jika Anda memiliki konsep minimalis modern dengan luas ruang ruang tamu yang kurang luas, maka penggunaan pintu-pintu blok dari papan kayu yang berukuran lebar akan menjadi pendingin suasana. Pemilihan motif kayu pada lantai akan menambah kesan alami dalam konsep hunian tersebut.


10. Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan



Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan
Pintu Kayu sebagai Sekat Ruangan/saraeinterior.id



Desain pintu minimalis yang menggunakan kayu bisa jadi alternatif sebagai sekat untuk setiap ruangan yang ada dalam hunian Anda. Desainnya cukup simple, hanya menggunakan satu papan kayu besar tanpa motif dan engsel closed door untuk memudahkan akses setiap penghuni hunian tersebut.

Anda juga bisa menambahkan lubang di tengah pada bagian atas sekat ruangan tersebut. Selain sebagai penerangan tambahan, adanya lubang ini memberikan kesan ramah dan terbuka untuk siapa saja yang ingin masuk ke ruangan tersebut.


11. Pintu Kayu Tematik untuk Kamar Anak


Pintu Kayu Tematik untuk Kamar Anak

Pintu Kayu Kamar Anak/vikufurniture


Tidak hanya untuk pintu gerbang, akses masuk utama pintu kayu juga bisa dipilih untuk kamar anak. Umumnya pintu kayu yang digunakan akan diwarnai sesuai selera si anak. Namun jika ingin tetap memperlihatkan kesan kayu tersebut, maka sisakan ruang dalam bagian pintu tersebut untuk dibiarkan.


12. Pintu Kayu untuk Dapur Modern





Biasanya area dapur merupakan ruangan terbuka dan luas untuk memudahkan setiap penghuni beraktivitas di ruangan tersebut. Namun ada sebagian konsep hunian dengan ruang dapur yang memiliki pintu. Jika demikian, pilihan pintu dapur salah satunya menggunakan kayu jika kabinet dan meja dapur menggunakan bahan yang sama.


13. Pintu Rangka Kayu untuk Kamar Mandi





Pintu kayu sebagai akses ruang kamar mandi, ternyata cocok dan bisa. Mungkin penempatan pintu tersebut sejauh sehingga tidak terkena air agar kayu tidak mudah lapuk. Meskipun bisa ditambahkan minyak tahan air berlapis-lapis.


Untuk amannya, gunakan kayu sebagai rangka daun pintu saja. Sedangkan sebagai penutupnya, Anda bisa menggunakan kaca ataupun mika. Pastikan tidak tembus pandang ya!


14. Pintu Full Kayu untuk Kamar Mandi





Jika Anda tidak ingin dibuat sebagai rangka dan ingin menggunakan kayu full menjadi pintu kamar mandi. Pilih kayu dengan motif yang sama dengan dinding kamar mandi dan berwarna cerah. Pastikan lakukan proses finishing terbaik agar pintu kayu tahan lama.


15. Pintu Kayu Cerah





Model pintu kayu bisa digunakan untuk pintu-pintu setiap ruangan di dalam ruang tamu. Untuk modelnya bisa sama dengan model pintu nomor nomor 5 yang menggunakan papa kayu dengan motif horizontal. Untuk pintu ini bisa menggunakan papan kayu berwarna cerah dengan tujuan mengimbangi nuasana redup di ruang keluarga. Selain itu ruangan keluarga akan mengubah kesan monoton menjadi lebih atraktif.


Itulah 15 ide dan inspirasi penggunaan pintu kayu untuk berbagai konsep hunian. Mulai dari rumah dengan konsep tradisional hingga konsep modern minimalis pun bisa menggunakan pintu dengan bahan kayu.


Foto teaser: @ashariarchitect