Memiliki desain ruang tamu minimalis atau modern yang terlihat luas, nyaman, serta mencerminkan kepribadian tentu menjadi impian oleh banyak orang. Ruang tamu adalah ruang pertama yang menjamu penghuni atau tamu saat membuka pintu utama.


Dengan lahan rumah yang semakin compact, banyak keluarga muda yang kini memilih untuk menyatukan ruang tamu dengan ruang keluarga. Terlebih lagi dengan semakin berkurangnya mengundang tamu (yang kurang dekat) ke dalam rumah; orang lebih memilih untuk meeting atau bertemu orang di cafe, restoran, atau mall. Pada akhirnya, orang yang datang ke rumah semakin "terseleksi", yaitu keluarga atau teman terdekat.




10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

LUWIST / Ferrian Rinaldi


Ruang tamu adalah jantung rumah yang digunakan untuk berkumpul sekeluarga. Ada beberapa keluarga yang memutuskan hanya meletakkan TV di ruang tamu atau ruang keluarga (bukan di kamar tidur) agar seluruh keluarga bisa berkumpul di satu tempat. 


Keharmonisan keluarga bisa terus dijaga jika Anda merancang ruang tamu atau ruang keluarga dengan baik. Berikut ini 10 desain ruang tamu impian yang bisa Anda aplikasikan di rumah.


1. Mendesain ruang keluarga tanpa sofa!

Sofa di ruang keluarga seringkali hanya memenuhi tempat dan membuat ruangan terkesan serius. Untuk membuat ruang keluarga lebih playful, sematkan karpet permadani dengan warna natural sebagai ganti sofa. Jangan lupa berikan juga bean bag sebagai tempat bersantai.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Whiting Architects / Shannon McGrath


2. Taman vertikal di belakang ruang tamu yang asri

Sebuah bangunan tentu memiliki pintu sebagai akses keluar masuk. Beragam model pintu yang bisa menjadikan pertimbangan pemilik hunian yang bisa disesuaikan mulai dari material, motif, desain, dan warna.


Ruang tamu dengan pintu geser yang berfungsi sebagai jendela besar memberikan kualitas cahaya dan udara. Ditambah dengan adanya taman vertikal disamping rumah yang membawa suasana terasa lebih segar.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Looklen Architects / Varp Studio


Taman vertikal bisa diaplikasikan dengan tiga cara, yaitu menggunakan pot gantung dengan tali, menjajarkan pot di dinding, dan menanam tanaman rambat. Trik untuk menjajarkan pot di dinding bisa dengan meletakkan pot yang menggantung secara zigzag.


3. Taman dan kolam ikan pribadi di apartemen. Kenapa tidak?

Setiap pemilik rumah pasti mempunyai spot favoritnya. Untuk penthouse ini, ruang baca mendapatkan keistimewaan tersendiri dengan pemandangan eksklusif ke arah kolam serta suara gemericik air yang menenangkan. Kelebihan lain dari penthouse di Jakarta Utara ini adalah kekayaan akan area hijau dengan pemandangan kota besar di teras atas dan bawah.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Magi Design Studio / Mario Wibowo

Area hijau ini bersandingan langsung dengan ruang keluarga. Untuk ruangan yang sering dipakai bersama keluarga, seperti living room dan ruang makan, kedua area ini bisa terletak pada satu ruangan memanjang. Selain kesan yang luas, keluarga dapat berinteraksi tanpa terhalang. 


Baca juga, 5 Tips Menata Ruangan agar Terlihat Luas dari Ahlinya


4. Karpet adalah aksesori interior yang sangat penting untuk desain

Mengisi waktu luang di rumah bisa dilakukan dengan make over tampilan dalam rumah bersama keluarga. Salah satu barang yang dapat ditambahkan sebagai dekorasi rumah adalah karpet lantai. Dengan penambahan karpet ini niscaya suasana nyaman dan hangat dalam rumah akan semakin terbangun.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

ES Arquitetura


Macam-macam karpet lantai pun disesuaikan dengan kegunaannya masing-masing. Gunakan karpet dengan material yang tepat dan bisa ditemui di pasaran, seperti karpet dari wol, katun, polypropylene, nilon, serat alam (tanaman), dan sutra.


5. Pintu kaca geser yang bisa menyulap ruangan jadi terasa luas

Optimalkan tampilan tropis pada hunian Anda dengan merancang ruang tamu pada ruang semi terbuka. Pintu geser dengan kaca lebar merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan pendingin ruang tetap efektif namun cahaya alami tetap leluasa masuk atau melindungi serangga pada malam hari.

Tidak lupa, tatanan tanaman khas tropis kekinian harus menjadi salah satu daya tarik pada interior ruang tamu pada hunian.

 



10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Akin AtelierMurray Fredericks


6. Jadikan pemandangan alam sebagai bagian dari rumah; sedekat mata memandang

Tempatkan furnitur di tepi jendela sehingga Anda bisa menikmati pemandangan dengan nyaman. Untuk memaksimalkan space sebaiknya buat sofa built in. Pengaplikasian furnitur custom built bisa menjadi siasat untuk ruang terbatas, seperti ruang keluarga misalnya.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Neil Architecture / Hillary Bradford


Dengan mengaplikasikan sofa memanjang yang sesuai dengan ukuran ruang, Anda bisa memaksimalkan sudut-sudut yang sebelumnya tidak terpakai. Anda juga bisa mengaplikasikan kabinet yang melekat di dalam dinding agar kesan rapi dan sleek tercipta.


Meski dapat menciptakan nuansa luas pada ruangan, furnitur custom built memiliki kekurangan yakni tidak fleksibel ketika ditukar atau dipindahkan. Desain dan perakitannya pun juga membutuhkan biaya relatif besar dibandingkan furnitur siap pakai.


Baca juga, Tips Ahli: Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar


7. Tanaman hias apa yang cocok untuk menyegarkan ruang tamu?

Tanaman seperti Saddle Leaf Philodendron (atau serupa dengan Monstera) dan Rubber Tree bisa menjadi salah satu contoh tanaman hias yang cocok untuk ruang keluarga. Hijaunya tanaman bisa menjadi aksen segar, bahkan membuat ruangan terasa sejuk sebagai pengganti AC.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Hilton Carter


Bagi Anda yang hidup di area perkotaan, polusi udara seakan sudah menjadi hal lazim untuk dialami. Salah satu solusinya adalah menerapkan tanaman di hunian Anda yang membantu menyerap racun-racun di udara sekaligus memproduksi oksigen sehingga menghasilkan udara bersih di hunian.


8. Void tinggi agar sirkulasi udara mengalir dengan baik

Void setinggi 7-8 meter adalah ukuran yang tepat untuk double height ceiling. Gunakan lampu gantung yang cantik sebagai penerangan utama di ruang tamu. Maksimalkan area bawah tangga sebagai TV cabinet dan rak yang dirancang dalam nuansa atau finishing yang sama dengan anak tangga


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

Ere Studio Architects / Yudi D. Hertanto


Baca juga, Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


9. Inspirasi ruang tamu di teras atau outdoor

Tak hanya area indoor, permainan motif keramik lantai pun bisa diperluas hingga area teras. Merepresentasikan warna langit yang cerah, keramik warna biru dan putih dapat memancarkan nuansa yang tenang, melepaskan rasa cemas, sekaligus meningkatkan konsentasi.



Dengan efek psikologis yang begitu positif, teras dengan nuansa ini dapat dijadikan tempat untuk segala aktifitas, baik itu bersantai, melepas rasa jenuh, mencari inspirasi, atau bekerja.


10. Ruang tamu dan ruang makan yang berintegrasi

Efisiensi penggunaan ruang dapat dimaksimalkan dengan membagi satu ruang menjadi dua area, yaitu area untuk makan serta ruang televisi untuk bersantai. Tidak masalah jika ruang makan atau ruang tamu Anda kecil, karena yang terpenting adalah meletakkan posisi furnitur dengan tepat.


10 Desain Ruang Tamu Modern Impian & Paling Favorit

CO-AP / Murray Fredericks


Begitu pula dengan pencahayaan alami dapat dioptimalkan dengan bukaan jendela luas menghadap taman. Sedangkan artificial lighting juga akan lebih efisien dengan menerapkan lampu spotlight dengan track line. Fitur ini membantu Anda untuk mengatur posisi lampu sesuai kebutuhan di antara kedua area tersebut. 




Foto teaser: Looklen Architects / Varp Studio