Halo kepada pencinta buku yang sedang bingung menyusun koleksi buku miliknya!


Bagi penggemarnya, buku tak hanya sekadar objek untuk memberikan informasi namun sebuah koleksi penting dan perlu disimpan dengan baik.



Terdapat beberapa trik dasar yang patut Anda ketahui agar dapat menjaga kualitas buku yang dimiliki. Salah satunya adalah menyusun buku berukuran kecil dan sedang dalam posisi tegak guna menjaga kondisi punggung buku. Sedangkan untuk buku berukuran besar dapat disusun dengan ditidurkan secara horizontal. 





Selain itu, temperatur ruang beserta posisi dari rak buku turut menjadi pertimbangan untuk memberikan ruang penyimpanan terbaik bagi koleksi buku Anda. Jadi, desain rak buku seperti apa sajakah yang dapat Anda terapkan di hunian bergaya modern maupun minimalis?


Baca juga, Manjakan Mata Pencinta Buku dengan 3 Instalasi Unik Ini


Simak inspirasi lengkap untuk desain rak buku dalam ulasan berikut ini.


1. Rak buku di bawah bay window

Kehadiran bay window pada rumah merupakan sebuah siasat untuk menciptakan ruang tambahan pada lantai dua di rumah. Selain berfungsi sebagai tempat duduk dan bersantai, Anda dapat membuat rak terbuka di bagian bawah tempat duduk. Dengan demikian, mempermudah akses sesaat ingin membaca buku sembari menikmati pemandangan taman dari jendela.


AT 3/56 House oleh eRe Studio / Yudi D. Hertanto

AT 3/56 House oleh eRe Studio / Yudi D. Hertanto



2. Berbentuk partisi floor-to-ceiling

Rangkaian rak tanpa pintu dapat Anda terapkan di antara dua ruang di rumah. Selain digunakan untuk meletakkan buku, rak ini sekaligus berperan sebagai partisi bagi interior rumah. Dengan tinggi rak yang menjulang dari lantai hingga ke ceiling, sebaiknya rak ini tidak diberi pintu agar tetap memberi celah visual di antara kedua ruang.

 


D House oleh Paz Gersh Architects / Oded Smadar

D House oleh Paz Gersh Architects / Oded Smadar


3. Rak dengan bentuk grid yang rapi

Lemari buku tanpa pintu berbentuk persegi yang tersusun dalam grid yang rapi dapat menjadi pilihan bagi yang menginginkan tampilan simetri pada rak buku miliknya. Saat menyusun koleksi buku Anda, jangan terlalu padat agar memberikan sedikit rongga dan memudahkan saat ingin mengambil buku tersebut.



Rumah rancangan Mike ( @thehangglider ) / Hilton Carter

Rumah rancangan Mike ( @thehangglider ) / Hilton Carter


Baca juga, Cerdas! 9 Desain Lemari Bawah Tangga Ini Sangat Efisien


4. Susun rak dalam arah diagonal

Bagi kolektor buku yang tinggal di apartemen, memiliki buku dalam jumlah banyak dapat menjadi tantangan tersendiri. Solusinya adalah terapkan rak yang didesain khusus pada salah satu sisi dinding apartemen. Umpama saja untku bentangan 1 meter, biasanya Anda dapat membagi rak menjadi tiga kotak dengan lebar 30 sentimeter. Namun saat Anda mengubah jarak antara pembatas menjadi sekitar 25 sentimeter dan disusun secara diagonal, maka terdapat satu kotak ekstra yang dapat digunakan untuk menyimpan buku.


Publisher’s Loft oleh Büro Koray Duman / K Studio

Publisher’s Loft oleh Büro Koray Duman / K Studio





5. Menyatu dengan kabinet built-in di kamar tidur

Kerap kali waktu sebelum tidur menjadi momen yang dimiliki untuk membaca buku. Dengan membuat rak dekat dengan tempat tidur, maka akan mempermudah Anda saat meraih buku. Namun, penyimpanan buku ini sebaiknya disatukan dengan lemari pakaian berupa kabinet built-in. Sehingga tetap memberikan kesan luas pada kamar tidur sembari mengoptimalkan ruang penyimpanan di kamar.




Kahane Architects dan Maria Alarcón / José Hevia

Kahane Architects dan Maria Alarcón / José Hevia 


 

6. Rak gantung di ruang keluarga

Memiliki ruang keluarga yang rapi merupakan impian penghuni rumah terutama dengan beragam aktivitas yang dapat dilakukan di area ini, seperti kumpul keluarga, menonton bersama, duduk santai, dan lain-lain. Letakkan kumpulan buku Anda di salah satu sudut ruang agar terkonsentrasi di satu area dan gunakan rak gantung guna menghindari kesan terlalu penuh.


Mcmahon and Nerlich / Shannon McGrath

Mcmahon and Nerlich / Shannon McGrath

Baca juga, 17 Inspirasi Rak Dinding Minimalis di 2019


7. Kamuflase menyatu dengan kabinet alat makan dan dapur

Menyatukan ruang penyimpanan dalam satu set kabinet built-in merupakan solusi dalam mengoptimalkan ruang di apartemen. Selain menyimpan alat makan dan dapur, terapkan pula rak tanpa pintu pada kabinet tersebut untuk menjadi ruang meletakkan buku.


Sabo Project / Matthieau Salvaing

Sabo Project / Matthieau Salvaing




8. Rak gantung di sudut interior rumah

Sulap sudut ruang di antara dua jendela yang memiliki bentangan panjang terbatas menjadi ruang ekstra untuk menaruh buku Anda. Cukup terapkan rak gantung sebanyak tiga hingga empat tingkat pada area ini untuk menyimpan buku berukuran sedang atau tidak terlalu tebal. 


Ravi Raj Architect / Paul Barbera

Ravi Raj Architect / Paul Barbera




9. Kabinet rendah setinggi 1 meter

Saat memiliki jendela yang terletak sekitar 1 meter di atas tinggi lantai, maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai kabinet untuk meletakkan buku. Bagi kabinet menjadi dua tingkat agar mengakomodasi tinggi buku dari yang berukuran kecil hingga besar. Selain itu, dengan posisi rak yang berada di bawah jendela, ini membantu dalam menjaga kondisi buku karena tidak berkontak langsung dengan cahaya dari luar rumah.


Taalman Architecture /  Lisa Romerein

Taalman Architecture /  Lisa Romerein



11. Rak di bawah televisi

Peletakkan televisi pada dinding dipengaruhi dengan tinggi tempat duduk di ruang tersebut karena perlu menyesuaikannya dengan jarak sofa dan televisi. Karena hal ini, maka terciptalah ruang tambahan di bawah televisi yang dapat dimanfaatkan sebagai rak buku. Agar tidak menggunakan banyak ruang, Anda dapat menerapkan rak buku yang menempel ke dinding dengan lebar kedalaman rak sekitar 25 sampai 27 sentimeter jika tidak menginginkan area penyimpanan yang terlalu tebal. 


Brooke Kinast Hoff dan Kyle Hoff / Benjamin Rasmussen

Brooke Kinast Hoff dan Kyle Hoff / Benjamin Rasmussen


Baca juga, 10 Inspirasi Rak TV Minimalis Modern Terbaru!


12. Pintu kabinet buku terbuat dari opaque glass

Permukaan kaca buram mampu menutupi koleksi buku yang disimpan tanpa menciptakan kesan tertutup pada kabinet built-in. Dengan menutup kabinet untuk buku ini, Anda dapat meminimalisir penumpukan debu pada ruang penyimpanan buku.


ciguë architecture / Maris Mezulis??

ciguë architecture / Maris Mezulis




Foto teaser: Smart Zendo oleh Sim-Plex Design Studio / Patrick Lam